McLaren MCL35M Meluncur, Andalan Ricciardo dan Norris Bermesin Mercedes

WOKING, CARVAGANZA – McLaren telah menjadi tim Formula 1 pertama musim ini yang meluncurkan mobil barunya untuk musim 2021. Mobil bernama McLaren MCL35M diluncurkan di McLaren Technology Center (MTC), Woking, Inggris, pada hari Senin (15/2/2021) kemarin. Inilah mobil yang akan dipacu oleh duet Daniel Ricciardo dan Lando Norris.

Norris menjadi pembalap yang bertahan di tim McLaren, sementara Ricciardo datang dari Renault yang menggantikan posisi Carlos Sainz Jr. Selain kedatangan pembalap baru, MCL35M yang merupakan pengembangan dari mobil tahun lalu juga mendapat unit mesin baru, yang tahun ini berganti ke Mercedes. Inilah reuni antara McLaren dan Mercedes, sejak terakhir kali berkolaborasi tahun 2014.

MCL35M_launch_Website_Gallery_Image_1600x620_72_1
Sumber Foto: McLaren
Secara visual, tidak banyak perbedaan antara mobil baru dengan edisi tahun lalu. Tampilan dan desain livery McLaren masih identik dengan gaya 2020. Warna oranye yang merupakan ‘seragam’ korporat McLaren menjadi warna dasar, yang dihiasi pulas biru sebagai perwakilan sponsor. Komponen utama dari paket aerodinamika juga tampak tidak berubah dibandingkan edisi 2020.

Basis MCL35 dipertahankan mengingat regulasi tidak membolehkan membuat mobil benar-benar baru sebelum 2022. Adanya tambahan ‘M’ pada nama MCL35M sendiri menunjukkan mobil hasil modifikasi alias ‘Modified’. Bentuk hidung alias nose cone mengikuti versi pengembangan yang McLaren ubah pada tengah musim lalu, yaitu dengan ujung membulat ala Mercedes dan Racing Point.

MCL35M_launch_Website_Gallery_Image_1600x620_72_1
Sumber Foto: McLaren
Lebih detail, perbedaan dari mobil tahun lalu terjadi pada komponen sayap depan, Halo pelindung kokpit, serta rangkaian sirip pada bargeboard. Pada sayap belakang juga terlihat sedikit modifikasi pada endplate. Ubahan paling besar adalah pada bagian dasar alias lantai mobil di belakang, yang dipangkas luas areanya sesuai regulasi demi mengurangi downforce.

Dalam mempersiapkan MCL35M, tim tersukses ketiga di F1 ini telah memanfaatkan dua token pengembangan untuk memodifikasi bagian belakang chassis. Bahkan dengan mobil baru ini, McLaren cukup percaya diri untuk bisa bertarung menembus tiga besar di klasemen konstruktor musim 2021. Apalagi dengan duet pembalap muda dan berpengalaman pada Norris dan Ricciardo.

MCL35M_launch_Website_Gallery_Image_1600x620_72_1
Sumber Foto: McLaren
“Kami semua di McLaren sudah siap dan bertekad untuk musim balap baru Formula 1 yang sangat kompetitif,” ujar Andreas Siedl, bos tim McLaren.

“Seluruh tim telah bekerja keras selama musim dingin yang singkat, bersama-sama dengan kolega kami dari Mercedes-AMG, untuk menghasilkan MCL35M dan menyediakan mobil yang kuat untuk para pembalap kami tahun ini.”

Musim 2020 lalu menjadi prestasi terbaik McLaren sejak 2012, untuk bisa kembali merasakan meraih posisi tiga besar di klasemen konstruktor. Dengan berganti pemasok mesin dari Renault ke Mercedes, diharapkan paket lebih kompetitif bisa mengantarkan McLaren lebih kuat dengan mesin terbaik di F1.

Mobil Baru Paling ‘Beda’

MCL35M_launch_Website_Gallery_Image_1600x620_72_1
Sumber Foto: McLaren
Dengan peluncuran MCL35M, praktis McLaren menjadi tim di F1 musim 2021 dengan mobil yang paling berbeda dibandingkan musim sebelumnya. Hal itu karena datangnya Mercedes sebagai pemasok mesin baru, menggantikan Renault. Sementara tim lain, tidak ada yang berganti pemasok mesin seperti McLaren.

Dengan beralih ke mesin beda pabrikan, tentunya McLaren harus melakukan penyesuaian pada chassis MCL35M. Penuyesuaian tidak lain dilakukan pada area mesin, dengan mengubah engine mounting untuk mesin Mercedes. Peletakan komponen Energy Recovery System (ERS) tentu harus disesuaikan juga pada chassis.

Jadi, jika mobil-mobil tim lain hanya mengalami pengembangan chassis pada sisi aerodinamika sesuai regulasi, MCL35M mendapat perubahan pada bagian mesin. Mungkin selain McLaren, tim lain yang akan mengalami perubahan besar tahun ini terjadi pada livery, terutama Aston Martin dan Alpine. WAHYU HARIANTONO / RS

Sumber: Motorsport

Artikel yang direkomendasikan untuk anda