Mazda CX-30 Dapat Mesin Turbo, Tenaga Sampai 250 Hp

HIROSHIMA, Carvaganza.com – Belum lama ini Mazda3 mendapat upgrade dengan diberikan mesin turbo. Seperti diketahui, Mazda3 merupakan basis yang dipakai untuk menjadi CX-30. Menyusul upgrade yang diberikan ke Mazda3, CX-30 juga akan mendapatkan varian mesin berturbo.

Model crossover termuda dari Mazda tersebut akan hadir dalam varian mesin 2,5 liter turbo, selain varian dasar yaitu mesin 2,0 liter SkyActiv. CX-30 Turbo akan sanggup menghasilkan tenaga 250hp dan torsi 433 Nm. Output yang sangat besar bila melihat dimensinya.

Mesin baru tadi akan dipadukan tentunya dengan transmisi otomatis SkyActiv-Drive 6-speed. Bahkan Mazda memastikan CX-30 Turbo akan hadir dalam opsi sistem penggerak all-wheel drive (AWD). Artinya, spesifikasi teknis CX-30 Turbo akan bisa menyamai CX-5, atau bahkan CX-9 yang sudah menggunakan unit mesin tersebut lebih dulu.

Beda CX-30 reguler dengan CX-30 Turbo akan ditunjukkan oleh beberapa detail di eksterior. Contohnya spion luar yang berwarna hitam gloss, berbeda dengan warna body. Lalu ada juga velg alloy 18 inci, dengan warna senada, hitam untuk ciptakan aura sporty dan tegas. Sementara di belakang, ujung knalpot lebih besar, diikuti emblem Turbo di pintu bagasi.

Selain itu, konsumen kabarnya juga akan bisa mendapatkan interior yang lebih elegan, dengan sejumlah aksen chrome. Begitu juga dengan spion tengah frameless dengan fitur auto-dimming, lalu layar 8,8 inci untuk sistem infotainment. Kenyamanan di kabin akan didukung oleh sistem audio dengan 12 unit speaker dari Bose. Dashboard akan ditampilkan dengan nuansa warna hitam.

Sebagai standar, CX-30 Turbo akan memiliki rangkaian teknologi keselamatan dari i-Activsense. Sebut saja lampu utama adaptif, teknologi pembaca rambu lalu lintas, dan monitor dengan tampilan 360o.

Fitur andalan Mazda lainnya seperti Smart City Brake Support (SCBS), Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan Traffic Jam Asisst akan tersedia pula. Bahkan seperti Mazda3, fitur Adaptive Cruise Control dengan Lane Keep Assist tidak absen.

Rencananya, CX-30 Turbo akan mulai dijual di pasar Amerika Serikat lebih dulu, pada akhir tahun ini. Detail lebih lanjut akan dirilis saat peluncurannya nanti. Begitu juga soal harga yang belum diumumkan. Yang jelas, banderol CX-30 Turbo akan di atas Mazda3.

Sebagai acuan, di Indonesia Mazda3 dipasarkan dengan harga Rp508,8 juta, sementara CX-30 mulai Rp 479,9 juta. Konfigurasi harga tentu berbeda karena di Indonesia, model SUV memiliki pajak lebih rendah dibandingkan sedan atau hatchback. CX-30 resmi mengaspal ke pasar Indonesia pada awal tahun ini, tepatnya di Januari 2020.

Sumber: Carscoops



WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda