Mazda 6 dan CX-3 Stop Produksi di AS, Apa Kata Mazda Indonesia?

JAKARTA, Carvaganza – Berita mengejutkan datang dari pabrikan Mazda yang mengumumkan pengehentian produksi Mazda 6 dan Mazda CX- 3 di Amerika. Mazda Amerika secara resmi mengumumkan melalui rilis di website MazdaAmerica.com dan secara gamblang menyebutkan dua model jagoannya tersebut akan berhenti diproduksi pada tahun ini.

“Selama lebih dari 100 tahun, Mazda telah berhasil memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah dan industri yang selalu berubah dengan kendaraan yang dirancang dengan indah dan menyenangkan untuk dikendarai. Karena minat konsumen terus berkembang, Mazda akan menghentikan CX-3 dan Mazda 6 untuk model tahun 2022 untuk pasar AS. Meskipun kedua kendaraan ini akan meninggalkan jajaran kami di AS, kami bangga dengan kinerja, desain, kualitas, dan keamanan yang mereka berikan pada merek kami,” dikutip dari website resmi Mazda AS.

Dalam siaran pers tersebut pabrikan mengatakan akan berhenti memproduksi Mazda6 dan Mazda CX-3 mulai tahun 2022. Sontak keputusan Mazda ini sangat disayangkan oleh beberapa konsumennya dan tentu saja dikhawatirkan akan berpengaruh pada negara-negara lain salah satunya Indonesia. Diketahui pasar Indonesia sendiri merupakan target penjualan Mazda 6 dan CX-3 di bawah distributor resmi PT Eurokars Motor Indonesia.

Mazda6 Elite 2021

Agen pemegang merk Mazda di Indonesia langsung merespon tentang kabar tersebut dan meyakinkan konsumen di Indonesia akan tetap dapat menikmati kehadiran New Mazda 6 dan New Mazda CX-3 hingga tahun depan. Dalam siaran persnya PT EMI menyatakan bahwa kedua model unggulan tersebut akan tetap dijual dipasar Indonesia.

“Penghentian penjualan dua model tersebut hanya berlaku untuk pasar Amerika, sementara untuk pasar Indonesia, dua model tersebut akan terus kami pasarkan, mengingat bahwa pasar Indonesia memiliki karakter pelanggan yang berbeda dengan karakter pelanggan di Amerika Serikat,” ungkap Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia, selaku Agen Pemegang Merk Mazda di Indonesia.

New Mazda CX-3 Sport 1.5L diluncurkan pada awal 2021 untuk konsumen di Indonesia, sementara New Mazda 6 sudah mengaspal di Indonesia sejak 2012 dan mengisi segmen sedan premium. Eurokars Motor Indonesia mengklaim bahwa kedua model tersebut diakui sudah memiliki penggemar sendiri di tanah Air, New Mazda CX-3 SPORT 1.5 L yang merupakan model terakhir yang diluncurkan. Berkat dukungan teknologi Skyactiv, kedua model tersebut memiliki nilai lebih lewat desain menarik, fitur unggulan hingga pada performa berkendara yang menyenangkan.

New Mazda CX-3 sendiri merupakan crossover kompak dengan konfigurasi 4 pintu dan dapat menampung lima penumpang dewasa. New Mazda CX-3 dibekali dengan mesin 4-silinder 1,5-liter Skyactiv dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Tenaga yang dihasilkan mencapai 110 hp, sedangkan torsi maksimalnya mencapai 140 Nm kemudian tenaga dan torsinya dialirkan secara linear ke roda depan. PT EMI membanderol New Mazda CX-3 mulai dari Rp. 339 – 464,4 Jutaan tergantung varian dan tipe yang dipilih.

Sedangkan New Mazda6 sendiri tersedia dalam dua varian yakni elite yang merupakan sedan berukuran sedang dan Mazda 6 Estate dengan tampilan wagon dengan bekal mesin dan spesifikasi yang sama. Mazda 6 dibanderol mulai dari Rp 698,8 Juta khusus untuk Wilayah DKI Jakarta dan tergantung pada tipe dan varian yang tersedia.
ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda