Beranda Modification Manhart Performance Sulap Toyota Supra Jadi Monster

Manhart Performance Sulap Toyota Supra Jadi Monster

MUENCHEN, Carvaganza.com – Tak kenal maka tak sayang. Perusahaan modifikasi asal Jerman, Manhart Performance, selama 2 tahun terakhir dikenal sebagai spesialis tuning untuk model-model BMW. Z4 Roadster menjadi model paling dinamis dan popular yang ditangani. Kini BMW punya kembaran asal Asia. Toyota melansir GR Supra. Lantaran satu platform, Manhart juga mencoba menggarap model ini. Besutan ulang dilakukan untuk meningkatkan ketampanan dan tenaga yang lebih dahsyat.

Hasilnya luar biasa. Diberi nama GR 450. Coupé sport dari Jepang ini membuncahkan daya 450 PS yang kemudian dijadikan Namanya. Bandingkan dengan model produksi Toyota GR Supra yang hanya memiliki power 345 PS pada 5.000-6.500 rpm. Lalu besaran torsi maksimal 500 Nm di rentang 1.600-4.500 rpm.

Rahasinya memang terletak pada kemampuan para mekanik Manhart. Mereka meracik ulang bagian pacu pakai powerbox Mhtronik. Atau dilakukan remap ECU dan membenami valve control stainless steel. Sehingga enjin B58 enam silinder segaris plus turbocharger twin-scroll, kini memberikan kekuatan luar biasa. Sebesar 450 HP beserta momen puntir 650 Nm.

Emulator Control Modul Manhart juga tertanam di sini. Ada dua varian tersedia di GR 450: Delete-R dan Control Valve untuk knalpot Anda. ECM Deleter bergina untuk penghilangan atau pengurangan jumlah katalisator di knalpot. Sementara ECM flap control menonaktifkan fungsi start stop otomatis dan desain suara otomatis (ASD alias suara knalpot palsu di bagian dalam). Paket ini juga memungkinkan tersedianya kontrol katup buang. Caranya diatur melalui tombol multifungsi di lingkar kemudi mobil.

Baca juga: Paket Modifikasi Sporty Toyota Corolla Altis a la Drive 68

Visual

Tampilan jua tak luput dibikin gahar. Trim knalpot knalpot dilapis cat hitam dan imbuhan serat karbon. Selain itu, ada juga downpipe Manhart opsional dengan 300 catalytic converter. Sementara untuk penggunaan motorsport tanpa itu, tapi diganti pakai filter partikel bensin atau OPF.

Selain mengoptimalkan mesin, adaptasi suspensi juga dilakukan guna mendukung karakteristik berkendara Supra kian dinamis. Di Toyota GR 450 ketinggian pegas dipangkas dan pakai suspensi H&R atau KW Variant 3-coilover dengan in-house tuning khusus. Formulasi ini dibilang sangup menurunkan pusat gravitasi supaya mobil lebih lengket saat melesat di jalanan.

Baca juga: Modifikasi Lexus LC500, Transformasi Total Jerald Yutadco

Itu bukan satu-satunya penyempurnaan visual. Ada juga set vinil dekoratif Manhart yang khas. Ini turut memberi sentuhan motorsport di mobil dengan berbagai garis dekoratif dan tarikan aksen berkelir merah. Agar kian manis, pelek diganti menggunakan Manhart Concave One. Ring enam palang ini jujur saja memiliki sentuhan sporty nan elegan. Adapun dimensi depan 9 x 20 inci dan 10,5 x 20 inci di belakang bergaya diamond polished.

Ada pilihan lain yang disediakan mereka berupa pelek cekung berukuran ZR20 265/30 dan ZR20 285/30. Pelanggan tentu bisa melakukan kustomisasi sesuai dengan selera. Unit yang mereka pamerkan ialah sebuah role model tapi bisa dibikin lebih personal. Baik performa, inetrior maupun profil eksterior seluruh tubuh. Mereka siap mengerjakan itu.

Nah, bagaimana pendapat Anda?

Sumber dan Foto: Manhart-performance.de

Baca juga: Manhart Performance Tukangi Toyota Supra Jadi Bertenaga 456 PS

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto