Larangan Mudik Hari Ketiga, 70 Ribu Kendaraan Dipaksa Putar Balik

JAKARTA, Carvaganza – Korps Lalu Lintas Polri mengumumkan penurunan volume kendaraan yang mengarah ke berbagai daerah di Jawa dan Sumatera menjelang Hari Raya Idul Fitri 2021. Hal tersebut berkat penyekatan yang dilakukan oleh tim gabungan dan operasi kemanusiaan Ketupat 2021 di beberapa titik baik di jalan tol maupun alternatif. Bahkan pada hari ketiga, Sabtu (8/4) lalu, Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono kembali mengecek titik penyekatan di KM 31 Gerbang Tol Cikarang Barat. Pada kesempatan tersebut pula Istiono menyampaikan penurunan arus kendaraan yang menuju ke luar daerah di Jabodetabek. 

“Saya sampaikan bahwa sampai saat ini volume arus kendaraan yang menuju Jawa ini mengalami penurunan sebanyak 73 persen. Kemudian yang menuju Bandung, Jawa Barat turun sampai 78,3 persen. Kemudian yang menuju Sumatera turun sampai 43,3 persen,” kata  Irjen Pol Istiono, Kakorlantas.

Sejauh ini, volume kendaraan yang mendominasi di jalan raya adalah mobil logistik dan angkutan barang dengan surat izin dan surat jalan. Sedangkan bagi pengendara mobil pribadi dan kendaraan umum yang tidak dilengkapi dengan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) akan diarahkan untuk berputar balik dan tidak diizinkan melanjutkan perjalanan. Pada hari ketiga, kendaraan yang berhasil diputar balik mencapai 10.869 kendaraan dan selama penyelenggaraan operasi ini total sudah terdapat lebih dari 70.000 kendaraan yang diputar balik karena tidak memenuhi persyaratan.

Mudik lebaran 2021

Secara bersamaan, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, bersama jajarannya juga turut melakukan pemantauan di Posko Penyekatan Larangan Mudik di Cikarang Barat.  Dalam kesempatan tersebut Kapolda juga menyampaikan pesan untuk tidak melakukan mudik di Hari Raya Lebaran demi memutus penyebaran virus COVID-19 ini. Dalam kegiatan tersebut hadir pula Kabagops Korlantas Kombes Pol Rudi Antartiksawan, Dirlantas Polda Metro Kombes Pol Sambodo, Kabid Humas Polda Metro Kombes Pol Yusri Yunus.

“Kita semua harus berpartisipasi bersama-sama untuk menahan diri agar pandemi COVID-19 ini bisa cepat selesai.” ucap Irjen Pol Fadil Imran, Kapolda Metro. 

Kebijakan peniadaan mudik lebaran 2021 digelar mulai 6 Mei sampai 17 Mei 2021 mendatang di 381 titik penyekatan yang disebar dari Sumatera hingga Bali. Bagi kendaraan yang tidak dilengkapi dengan SIKM dan surat keterangan lainnya, jangan berharap untuk bisa melanjutkan perjalanan dan dipastikan akan segera diputar balik oleh petugas yang berjaga.
ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Korlantas

Artikel yang direkomendasikan untuk anda