Lane Keeping Assist System

JAKARTA, 13 Juli 2016 - Pada masa kini, setiap mobil mobil baru di kelas menengah atas sudah dibekali dengan berbagai fitur yang memberikan keamanan untuk setiap pembelinya. Fitur-fitur tersebut ada banyak dan umumnya merupakan fitur standar.

Salah satu fitur tersebut adalah Lane Keeping Assist System (LKAS). Sistem ini tetap menjaga mobil berada di lajur yang benar. Cara kerja sistem ini dengan mendeteksi marka jalan melalui sensor Monocular Camera. Contoh mobil yang sudah menggunakan ini adalah New Honda Accord.

Jika sistem ini diaktifkan pada kecepatan tertentu, sensor Monocular Camera akan mendeteksi marka jalan. Jika mobil berpindah jalur layaknya pengemudi sedang mengantuk, maka sistem ini akan memberikan peringatan berupa beep atau stir bergetar seperti pada Mazda CX5 dan Mazda 6). Kemudian sistem ini akan menambah torsi. Tujuannya untuk mengembalikan mobil ke lajur semula.

Sistem dapat digunakan ketika dalam kondisi jalur yang dilalui memiliki penanda jalur yang terdeteksi pada kedua sisi, mobil berada di tengah jalur, kecepatan mobil lebih dari 72 km/jam, serta mobil berada pada jalur yang lurus atau sedikit berbelok.

Untuk mengaktifkan sistem ini pada New Honda Accord dengan menekan tombol MAIN, lalu tombol LKAS pada roda kemudi. Pastikan bahwa mobil berada di bagian dalam jalur.

TITO LISTYADI

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya