Krisis Masih Terjadi, Pemerintah Indonesia Ingin Lokalkan Produksi Chip Semikonduktor

bmw x7

JAKARTA, Carvaganza - Kelangkaan chip semikonduktor telah menjadi isu yang cukup menghambat operasional industri otomotif dalam sekitar dua tahun terakhir. Pasokan langka karena belum terbuka bebasnya kembali akses ekspor/impor dari beberapa negara tertentu. Karenanya, Kementerian Perindustrian merencanakan otonomi komponen ini di dalam negeri.

KEY TAKEAWAYS

  • Pemerintah Indonesia ingin atasi masalah krisis chip semikonduktor di industri otomotif

    Kemenperin berencana melakukan produksi lokal chip semikonduktor, yang penting untuk kebutuhan sistem kelistrikan di mobil
  • Kemenperin menyebut bahwa keberadaan industri semikonduktor sejalan dengan kebijakan substitusi impor, khususnya untuk produk component of diodes, transistors and similiar semi conductor equipment, serta integrated circuit (IC).

    “Kami berupaya mengurangi ketergantungan semi konduktor yang rantai pasoknya semakin sulit dan kebutuhan semakin lama makin tinggi. Sehingga, kita mesti menyiapkan supply-nya,” ucap Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang dalam keterangannya, Rabu (16/11/2022).

    pembuatan mobil di Pabrik Toyota Indonesia

    Kemenperin menjalin kerja sama dengan Sehat Sutardja, inovator yang mengembangkan teknologi semikonduktor. Langkah ini sebagai bentuk komitmen pengembangan industri semikonduktor di Tanah Air. Sehat sendiri adalah co-founder perusahaan semikonduktor asal Amerika Serikat, Marvell Technology. Kerja sama ini secara simbolis ditandai dengan penandatanganan kesepakatan oleh Sekretaris Jenderal Kemenperin, Dody Widodo dengan Sehat.

    Baca Juga: Tidak Pakai Genesis G80, Ini Mobil Yang Dibawa Sendiri Tamu VIP KTT G20

    Sehat yang lulusan Universitas Negeri Iowa dan memiliki gelar M.Sc serta Ph.D dan pernah masuk di daftar 10 orang terkaya di Amerika Serikat ini tengah menciptakan teknologi baru, salah satunya perusahaan berbasis di Singapura, Zerro Power. Perusahaan ini yang akan bekerja sama dengan Kemenperin dalam pengembangan semikonduktor. 

    “Beliau mewakili salah satu perusahaannya yakni Zerro Power yang saat ini sedang berinvestasi dalam bidang peralatan rumah tangga berbasis semikonduktor,” ucap Agus.

    Kemenperin berharap kerja sama ini dapat mendorong pengembangan dan peningkatan kapasitas industri semikonduktor di Tanah Air. Lebih jauh, nantinya akan membuat Indonesia mampu memiliki industri semikonduktor secara mandiri dan terstruktur untuk masa yang akan datang. Salah satu wujud kerjasamanya adalah pembangunan pusat IC Desain di Indonesia.

    Sehat menyampaikan dirinya menyambut baik kerja sama tersebut. Ini sebagai bentuk kontribusinya dalam pengembangan teknologi di Indonesia dan berpartisipasi dalam pertumbuhan industri di masa depan. Ia menyatakan keinginannya untuk membawa teknologi yang diciptakannya kembali ke Indonesia.

    Pabrik mobil

    “Harapannya di masa depan teknologi tersebut dapat diproduksi melalui kerjasama dengan pemerintah dan perusahaan di Indonesia. Kita perlu berupaya sebaik-baiknya dan mencoba hal-hal yang menjadi tantangan, terutama bagi generasi muda,” ucap Sehat.

    Persiapkan SDM

    Kemenperin menyadari pertumbuhan di sektor semikonduktor tersebut dan kini telah membangun Pusat Industri Digital Indonesia (PIDI) 4.0. Ini merupakan salah satu upaya memberikan solusi menyeluruh untuk implementasi industri 4.0 di Indonesia. Harapannya ini juga menjadi jendela untuk menuju Making Indonesia 4.0 bagi dunia.

    “Menurut World Economic Forum, akan terdapat 97 juta pekerjaan baru yang muncul seiring dengan adaptasi pembagian jenis kerja antara manusia, mesin dan algoritma. Pemerintah mendorong peningkatan skill dan kompetensi SDM industri, terutama terkait digitaliasi,” ucap Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Arus Gunawan.

    Kemenperin bekerja sama dengan PT Festo dan Politeknik Negeri Batam untuk menyelenggarakan pelatihan Pneumatik & Total Preventive Maintenance. Para peserta diberikan pelatihan dan kompetensi dasar aplikasi teknologi pada industri semikonduktor.
    (SETYO ADI / WH)

    Baca Juga: CEC Awards 2022: Impresifnya Ferrari Roma, Honda HR-V & Gelar Terbaik Hyundai Ioniq 5

    Mobil Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature