Beranda Community Komunitas Velozity Baksos untuk Satwa dan Zoo Keeper di 11 Lokasi

Komunitas Velozity Baksos untuk Satwa dan Zoo Keeper di 11 Lokasi

JAKARTA, Carvaganza.com – Semua pihak sibuk dengan usaha membantu menyediakan berbagai kebutuhan tenaga medis dan juga warga terdampak corona. Banyak yang lupa jika banyak satwa dan pengurusnya yang juga membutuhkan perhatian. Komunitas Velozity melihat hal kitu dan menggelar kegiatan bertajuk ”Velozity Peduli Satwa dan Zoo Keeper”. Hebatnya, kegiatan ini terlaksana di 11 lokasi secara serentak pada Kamis, 21 Mei 2020 kemarin.

Kegiatan ini bukan tanpa alasan. Di tengah penanggulangan wabah pandemi memaksa masyarakat membatasi aktivitas sosialnya. Hal itu termasuk tidak bepergian keluar, berdarmawisata termasuk ke kebun binatang. Kondisi ini berdampak buruk. Pengelola berbagai tempat wisata dan kebbun binatang tidak menerima masukan dari tiket pengunjung dalam periode yang cukup panjang. Situasi berimbas ke pemeliharaan satwa koleksi yang menjadi minim pakan dan terancam kelaparan.

Acara ini diawali dengan pertemuan daring singkat para pengurus pusat Velozity. Atas dasar data serta fakta di lapangan, maka diputuskan untuk bergerak membantu pakan dan vitamin untuk satwa serta APD kepada petugas pemeliharaan. Ini merupakan lanjutan beberapa rangkaian kegiatan bakti sosial di bulan Maret – April untuk para tenaga medis dan warga.

Ada 11 lokasi kebun binatang yang dianggap membutuhkan. Di Pulau Jawa meliputi Taman Burung TMII, Jakarta; Penangkaran Buaya, Cikarang, Bekasi; Taman Safari, Bogor; Bandung Zoological Garden (Bazoga) Bandung; Taman Safari Batang; Taman Satwa Taru Jurug, Solo; dan Taman Ndayu, Sragen.

Ada juga di luar Pulau Jawa seperti Taman Wisata Lembah Hijau, Lampung; Taman Rimbo Jambi; Taman Buaya Asam Kumbang, Medan; dan Kebun Binatang Mata Kucing Sekupang, Batam. Pelaksanaan kegiatan diwakili oleh chapter Velozity terdekat.

Tepat Sasaran

Ketua Umum Velozity, Bambang Bangun Widodo, mengatakan titik lokasi untuk memberikan bantuan sudah tepat sasaran. Pasalnya, survey telah dilakukan terlebih dahulu oleh perwakilan anggota di lingkungan kebun binatang.

“Kami sudah melakukan survey ke lokasi terlebih dahulu dan berkomunikasi dengan Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI) menanyakan apa saja keperluan yang dibutuhkan dan memberikan bantuan sesuai yang dibutuhkan dengan mempertimbangkan kekuatan dana yang ada”, kata Bambang.

Dana bantuan bersumber langsung dari komunitas Avanza Veloz ini. Lima hari sebelum tanggal pelaksanaan, mereka menggalang donasi di antara para member. Tak hanya itu, ditambahkan juga dana dari uang kas pusat Velozity serta didukung oleh Auto2000 dan PT Toyota Astra Motor melalui pengurus Toyota Owner Club. Diharapkan inisiatif ini dapat bantu mengurangi beban operasional kepengurusan kebun binatang, serta memberikan kebahagiaan untuk petugas penjaga dan pemelihara satwa.

Veloz Community (Velozity) merupakan komunitas resmi untuk Toyota Avanza Veloz. Mereka menjadi bagian dari Toyota Owner Club (TOC) di bawah naungan PT Toyota Astra Motor. Sudah sekitar 2.000 anggota terdaftar dan memiliki ID, tersebar di 24 chapter nasional.

AHMAD KARIM | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto