Koenigsegg Rilis Teaser Calon Hypercar Terbaru, Sekaligus akan Rayakan 20 Tahun

Koenigsegg Teaser

ANGELHOLM, Carvaganza – Sebuah model mobil baru akan dihadirkan oleh Koenigsegg pada tahun ini, menyusul telah dirilisnya sebuah teaser. Model yang diyakini akan berupa hypercar baru itu dimunculkan dalam sebuah siluet untuk merayakan milestone pabrikan asal Swedia ini. Tahun ini, Koenigsegg akan menginjak usia ke-20 tahun.

Seperti dilansir oleh Autocar, teaser yang dirilis oleh Koenigsegg hanya sebatas gambar bayangan atau siluet desainnya dari samping. Teaser ini diunggah oleh mereka di media sosial resmi jelang peluncuran kemudian tahun ini.

Teaser menunjukkan bentuk klasik dari desain Koenigsegg, yaitu garis desain yang smooth, kaca depan yang melengkung ke samping, dan garis atap dan bahu bergaya seperti teardrop. Gaya desain ini menjadi referensi pada model sebelumnya, seperti CCX yang lahir pada tahun 2006 lalu. Apalagi kalau melihat bentuk lampu belakangnya.

Koenigsegg Jesko

Terlihat lekuk splitter besar di bagian depan, yang juga mengingatkan pada desain model lansiran pabrikan sebelumnya seperti CCX dan CCR. Sedikit nostalgia, CCR adalah produksi Koenigsegg yang berhasil menjadi road car tercepat di dunia saat diluncurkan pada tahun 2004. Kemudian kalau menilik ke sisi buritan, ada kemiripan desain dengan milik Agera yang menggeser Bugatti Chiron sebagai mobil terkencang pada 2017 lalu.

Baca Juga: Ganti Logo, Identitas Baru Lexus Menuju Elektrifikasi

Belum diketahui apa nama yang akan dipilih oleh Koenigsegg untuk mobil baru ini. Namun ada kemungkinan desainnya menjadi homage untuk CC8S yang menjadi model produksi pertama mereka pada tahun 2002 lalu. Hal yang sama kemungkinan diterapkan juga untuk dapur pacunya, yaitu mesin V8 dengan tenaga dan performa buas.

Mesin V8 yang kemungkinan besar diadopsi adalah milik Jesko, hypercar terbaru yang pabrikan spesialis mobil kencang ini lahirkan pada tahun 2020. Jesko mengusung mesin V8 5.0 liter turbo, dengan output tenaga hingga 1.281 hp. Sementara jika ingin agak lebih radikal, Koenigsegg masih punya opsi mesin tiga silinder 2.0 liter twin-turbo hybrid yang dipakai pada souper-coupe 4-seater Gemera.

Koenigsegg Gemera

Koenigsegg pernah menyatakan punya resolusi tahun baru, yaitu untuk membuat “performa lebih unggul melalui rekayasa yang cerdas dan desain yang optimal”. Memang pabrikan rintisan Christian von Koenigsegg ini sudah terkenal lewat terobosan teknologinya, semacam Free Valve pada mesin Gemera, yang meski hanya tiga silinder sanggup luapkan tenaga sampai 1.700 hp.

Konsisten dengan produksi model hypercar, Koenigsegg kini memiliki line up yang diisi oleh Gemera, Jesko dan Regera. Sementara model lain yang juga berjasa membuat nama Koenigsegg terkenal adalah CC8, One:1, CCX, dan Agera. Bahkan Jesko pernah mencatat rekor dengan menembus kecepatan 500 km/jam, melalui varian Jesko Absolut. Patut ditunggu model edisi anniversary yang akan meluncur tahun ini.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: KALEIDOSKOP 2021: 10 Mobil Jet Dengan Teknologi Langitan

Sumber: Autocar

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya