Beranda New Cars Kia Seltos Resmi Masuk Indonesia, Apa Kehebatannya?

Kia Seltos Resmi Masuk Indonesia, Apa Kehebatannya?

JAKARTA, Carvaganza.com – Kelahiran kembali Kia di Indonesia ditandai dengan kehadiran Kia Seltos di Tanah Air, Senin (20/1/2020). Sebagai APM baru, PT Kreta Indo Artha (KIA) lebih memilih produk kompak SUV ketimbang hatchback macam Picanto. Itu semua masuk akal, lantaran market yang disasar berpotensi besar setelah MPV dan LGCG.

Kia Seltos didatangkan langsung dari India. Ada 3 varian yang ditawarkan yaitu tipe E seharga Rp 295 juta, EX yang dijual Rp 320 juta, sementara EX+ dibanderol Rp 355 juta. Spesifikasi dikandung juga lengkap, value for money.

Andrew Nasuri, Presiden Direktur Kreta Indo Artha (KIA) mengatakan Kia Seltos membidik konsumen anak muda yang menjadi segmen menjanjikan. “All New KIA Seltos merupakan model penting bagi kami. Sebab memiliki peran perluasan jejak global. Kami membidik konsumen muda yang gemar dengan teknologi dan perangkat keselamatan mutakhir,” kata Andrew Nasuri.

Berikut pembahasannya:

Eksterior

Penerangan Kia Seltos sudah memakai LED di semua tipe varian. Tapi dua tipe bawah dibekali LED Projector, sedang EX+ sudah menggunakan full LED. Fitur lampu otomatis disisipkan untuk EX dan EX+. Lampu kabut E dan EX masih proyektor standar.

Tipe EX+ paling mewah dengan LED berbentuk kotak-kotak kecil. Tipe murah memakai sepatu ukuran 16 inci dengan balutan ban berukuran 205/65. Sementara EX dan EX+, 215/60 R17. Tersedia pilihan enam warna menarik untuk Kia SeltosGlacier White Pearl, Aurora Black Pearl, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver dan Punchy Orange.

Kabin dan Fitur

Urusan dekorasi interior Seltos, jempolan. Konsumen mendapatkan lingkar kemudi berbalut kulit. Setir menggunakan model tilt and telescopic plus audio control. Tipe tertinggi (EX+) dibekali jok kulit sintesis. Sementara E dan EX masih fabric. Semua unit tersedia Wireless Charging, USB slot juga power outlet.

Kemudian sistem audionya keren. Pakai sistem 2 way (4 speaker + 2 tweeter), dengan layar mengambang berukuran 8 inci atau 3,5 inci untuk tipe paling bawah. Jadi Anda bisa mendendangkan musik via Bluetooth, USB and Auxiliary connection. Apple Car Play dan Android Auto cuma ada di tipe EX dan EX+ berlayar 8 inci.

Selain itu, ada sistem pendingin kabin yang sudah mendukung auto climate control, juga untuk tipe EX dan EX+, sedang yang termurah masih manual AC. Khusus tipe termahal, Kia membekali sunroof untuk Seltos.

Lantas apakah mobil punya kelapangan kabin oke? Kia Seltos mempunyai panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.645 mm dan jarak sumbu roda 2.610 mm. Seharusnya cukup untuk mengakomodasi lima penumpang. Ia tidak begitu sempit, juga tak terlalu besar.

Mesin

Tren engine turbo berkubikasi kecil sedang naik daun di pasar dunia dan mulai merambah Indonesia. Banyak opsi mesin tersedia. Namun perusahaan lebih mantap menjajakan Seltos bermekanikal pacu 1,4 liter turbo. Dan ia jadi satu-satunya yang pakai itu, selain Chevy Trax (sebentar lagi stop dijual).

Torsi maksimal tersuguh 242 Nm di rentang 1.500 – 3.200 rpm. Embusan tenaga mesin bensin itu mencapai 140 PS pada 6.000 rpm. Transmisi mengandalkan tipe otomatis 7-speed DCT. Diklaim menyalurkan tenaga ke roda depan lebih mulus dan senyap.

Safety

Peranti yang tertanam pada Seltos lengkap. Berupa enam airbag di bagian driver, passenger, side and curtain. Tapi tipe termurah E cuma dual SRS airbags. Pengereman pakai cakram di depan dan drum di belakang. Sudah tersisip ABS, EBD, Electronic Stability Control, Hill Assist. Serta Cruise Control di EX+, memudahkan Anda saat berselancar di jalan bebas hambatan.

Sebagai SUV kompak, ia menarik untuk dipinang. Si pendatang baru, memiliki kelengkapan guna bertarung bersama rival sekelas. Seperti Honda HR-V, Hyundai Kona dan sebetulnya bersikutan pula dengan Wuling Almaz. Rentang harga yang ditawarkan saling berdekatan.

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto