Kemenangan Beruntun Terhenti, Red Bull Masih Amankan Podium di GP Inggris 2022

Sergio Perez GP Inggris 2022

TANGERANG, Carvaganza – Rentetan kemenangan Red Bull Racing musim ini harus terhenti di seri F1 Grand Prix Inggris 2022. Namun tim masih sanggup membawa hasil positif dari Sirkuit Silverstone dengan meraih finish kedua melalui Sergio Perez. Sementara Max Verstappen gagal bersinar karena kendala teknis pada mobil yang menghalanginya tampil maksimal.

Perez finish kedua di belakang Carlos Sainz yang meraih kemenangan pertamanya di F1, setelah melalui sejumlah insiden dan duel sepanjang balapan. Finish kedua ini menjadi kontribusi untuk mempertahankan posisi Red Bull di puncak klasemen konstruktor sementara, dan Perez di posisi kedua klasemen pembalap.

Verstappen yang sempat bersaing di depan gagal maksimal karena ada pecahan komponen dari mobil lain di mobilnya. Hal ini membuat grip aerodinamika tidak maksimal, yang efeknya membuat kecepatannya menurun. Perez pun sempat mengalami kerusakan sayap depan di awal balapan, akibat bersenggolan dengan Charles Leclerc. Hal itu memaksanya mengganti sayap depan di pit stop, yang membuatnya kehilangan waktu.

Sergio Perez GP Inggris 2022

Mobil Lubricants sebagai salah satu sponsor tim Red Bull Racing melihat potensi podium ganda bisa diraih oleh tim, seandainya balapan berjalan tanpa kendala. Kondisi balapan menjadi tak menentu menyusul tabrakan beruntun saat start, yang berujung terbaliknya mobil pembalap Alfa Romeo, Guanyu Zhou.

Baca Juga: F1: Grand Prix Inggris 2022 Penuh Aksi Seru, Carlos Sainz Rebut Kemenangan Perdana

“Meski Sergio Perez alami kendala, namun bisa segera memulihkan posisi untuk bisa finis posisi kedua. Sementara Max Verstappen alami kerusakan di bawah mobil, dirinya tetap berusaha membawa pulang poin. Apresiasi bagi kedua pembalap yang terus berupaya memberikan hasil maksimal bagi tim, dan saat ini Verstappen dan Perez berada di posisi 1 dan 2 klasemen Juara Dunia F1 2022 untuk memperebutkan titel juara dunia musim 2022,” ujar Sri Adinegara, Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI).

Meski harus puas finish kedua, Perez memuji hasil yang diraihnya kali ini bersama Red Bull. Terlebih diakuinya balapan di Inggris dijalaninya dengan kondisi fisik yang tidak 100 persen. Kemudian di awal balapan posisinya harus melorot jauh karena masuk pit untuk mengganti sayap depan yang rusak.

“Hasil balapan yang bagus buat saya dan tim meski awali pekan balapan cukup berantakan. Secara fisik saya tak 100 persen sehat, dan setelah lap pertama sempat tertinggal, namun bisa podium kedua merupakan hasil luar biasa,” kata Perez yang merebut posisi runner up setelah sempat lalui duel dengan Leclerc dan Lewis Hamilton di akhir balapan.

Silvestone Podium

Di sisi lain garasi Red Bull, Verstappen pada akhirnya finish di posisi ketujuh. Dengan performa mobil yang terseok-seok, posisi tersebut berhasil dipertahankan setelah mendapatkan tekanan dari Mick Schumacher. Pecahan dari body mobil lain yang tercecer di trek dan tersangkut di mobilnya mengganggu performa aerodinamika dan kecepatan mobil di lintasan.

“Sepertinya pecahan serat karbon, dan ban mobil seperti bocor karena kehilangan keseimbangan dan oversteer. Hal ini membuat mobil sulit dikendarai, dan saya mencoba menemukan keseimbangan aero yang baik tetapi sulit,” jelas juara dunia bertahan itu.

Setelah melalui sepuluh seri musim ini, klasemen pembalap sementara masih dipimpin oleh Verstappen dengan total 181 poin, diikuti oleh Perez di posisi kedua dengan selisih 34 poin. Red Bull juga masih memimpin klasemen konstruktor dengan koleksi 328 poin, unggul 63 poin dari Ferrari. Persaingan gelar juara dunia masih sangat terbuka, khususnya memasuki paruh kedua musim 2022. Diharapkan Red Bull bisa kembali dulang hasil bagus di seri Austria, akhir pekan ini.

“Kami berharap balapan selanjutnya pembalap dan tim dapat bekerjasama mendapatkan hasil yang terbaik. Tentunya kembali meraih podium ganda akan menjadi hasil yang membanggakan bagi Mobil™ Lubricants yang turut mendukung performa RB18 sepanjang musim Formula 1,” disampaikan oleh Sri Adinegara.
(WAHYU HARIANTONO)

Baca Juga: Red Bull Akan Bikin Hypercar Bermesin 1.233 HP Lawan Ferrari, AMG, dan McLaren

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature