KALEIDOSKOP 2021: SUV Di atas 400 juta Yang Diminati Sepanjang 2021 (Bagian 2)

BMW X5 xDrive40i xLine

JAKARTA, Carvaganza – Selain brand Jepang dan Korea Selatan, merek dari Amerika, Eropa dan Tiongkok juga menjadi pilihan konsumen untuk menjadikan SUV sebagai kendaraan hariannya. Pada umumnya adalah SUV dengan tubuh lebih bongsor dibandingkan harga di bawahnya.

Sepanjang 2021 ini, yang mengejutkan adalah brand Jeep aktif lagi melalui APM PT DAS Indonesia. Mereka memasarkan Jeep Wrangler Gladiator dan Jeep Compass. Sedangkan dari brand Eropa datang dari BMW dan Mercedes Benz.

Jeep Wrangler Gladiator

7. Jeep Wrangler Gladiator (Rp 1,9 Milyar /off-the-road)

Dibekali mesin V6 3.6-liter PENTASTAR yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimal 285 hp dan torsi 353Nm. Diperkuat dengan penggerak all-wheel drive (AWD) sebagaimana tradisi Jeep Rubicon sebagai kendaraan all-terrain.

Desain Gladiator sendiri tidak seperti Jeep Rubicon lainnya, meski memiliki fascia depan yang serupa. Terdapat ruang bagasi terbuka di bagian belakang serupa dengan truk pick-up. Ia dibangun di atas platform yang sama dengan Jeep Wrangler JL. Gladiator juga SUV pick-up pertama yang dirilis oleh Jeep setelah Comanche yang stop produksi pada 2001. Secara dimensi, Jeep Truk ini juga memiliki panjang 5,5 meter dan lebih panjang dari yang versi JL.

BMW X1

8. BMW X1 X1 sDrive19i (Rp 669 juta /off-the-road)

Diluncurkan bersamaan dengan X3 sDrive20i, dan X5 xDrive40i xLine pada bulan Februari. Tampilan X1 lebih sporty dengan mengandalkan black cladding dan matte silver pada sisi bawah bumper depan. Diffuser belakang tampil dengan nuansa color-coded, menyertai frame kaca dan roof rails dengan finishing satin alumunium. Bagian kaki-kaki juga tampil segar oleh aplikasi velg Y-spoke style 566 18-inci dengan aksen bicolour.

Untuk interior, pabrikan meningkatkan kenyamanan penumpang. Seperti Comfort Access untuk mengakses semua pintu tanpa menyentuh remote. Sistem infotainment iDrive ditingkatkan, yang kini sudah mendukung Apple CarPlay yang bisa diakses wireless. Sementara fitur Rear-view camera kini terintegrasi dengan Parking Assistant yang memudahkan proses parkir paralel. Mesinnya mengandalkan tiga silinder 1,5 liter turbo, X1 mengandalkan transmisi otomatis dual-clutch 7-percepatan. Varian baru ini ditawarkan dengan harga Rp 669 juta (off the road).

BMW X3

9. BMW X3 sDrive20i (Rp 969 juta/off-the-road)

X3 penggerak dua roda ini adalah penyegaran pertama sejak X3 versi sDrive20i diluncurkan tahun 2019. Bagian eksterior tidak mendapatkan banyak perubahan. Hanya velg baru berdesain V-spoke style 692 bicolour, 19 inci. Selebihnya, tampilan bagian luar masih relatif sama dengan versi awalnya.

Interior mengandalkan comfort seat yang lebih nyaman dengan bantalan berkualitas dan tebal, dengan trim Sensatec generasi terbaru. Nuansa ini dipadukan dengan finishing trim dengan warna Black High Gloss dan juga highlight Pearl Chrome + Galvanic Embellisher untuk rangkaian tombol pengaturan fitur. Demi memberikan kesan lapang, tersedia panoramic roof.

Di balik kap mesin tersimpan unit empat silinder 2,0 liter turbo yang bertenaga 184 hp dan torsi 300 Nm. Mesin dengan transmisi otomatis Steptronic 8-percepatan ini terhubung menggerakkan roda belakang.

BMW juga memasarkan BMW X3 xDrive30i M Sport tahun 2021. Waktu diluncurkan harganya Rp 1,139 milyar dan sebagaimana layaknya M Sport, SUV medium ini sarat dengan perangkat aerodinamika. Air breather berlogo M dan velg 20 inci M Light Alloy Wheels Double Spoke style 699 M Bicolour dengan ban lebar berbeda. Ditambah dengan rem M Sport dengan cakram berkonstruksi enteng plus kaliper besar berwarna biru. Ditambah lagi dengan mengadopsi emblem M designation.

BMW X5 xDrive40i xLine BMW X5 xDrive40i xLine

10. BMW X5 xDrive40i xLine (Rp 1,559 miliar /off the road)

X5 model tahun 2021 ini mendapat penambahan kapasitas penumpang, dengan memasang jok di baris ketiga sehingga bisa mengakomodasi tujuh orang. Kursi baris kedua bertambah nyaman karena posisi duduknya bisa diatur secara elektrik.

Terdapat Comfort Cushions pada head rest menambah nilai kenyamanan untuk penumpang, yang dilapisi material Alcantara. Nuansa kemewahan berkendara di dalam kabin dipertegas oleh aplikasi finishing trim Alumunium “Mesheffect” Dark, dengan kombinasi headliner berwarna cerah.

Untuk sarana infotainment demi memanjakan penumpang, teraplikasi sistem audio dari Harman Kardon yang dilengkapi 16 speaker. Fitur keselamatan juga ditingkatkan. Kini hadir sistem Driving Assitance yang semakin lengkap dan canggih. Misalnya, Parking Assistant Plus yang termasuk Surround View berkemampuan kamera 360o, Panorama View, Top View, dan 3D View.

Mercedes-Benz New GLA

11. Mercedes-Benz New GLA (Rp 761 juta/off the road)

Merupakan rakitan lokal yang ditawarkan dengan varian yang sama dengan sebelumnya yaitu GLA 200 AMG Line. Tapi yang ini CKD di sini. Dengan trim AMG Line, eksterior GLA 200 versi lokal ini punya karkater sporty yang lebih kuat, terlihat dari desain grille, bumper depan plus velg.

Sistem infotainment sudah mengadopsi MBUX yang menjadi andalan di seluruh model NGCC Mercedes-Benz saat ini. Hadir pula Driving Assistant Package di antaranya Exit Warning Function dan Blind Spot Assist.

Baca juga: KALEIDOSKOP 2021: Daftar Low SUV Paling Laris di Pasar Nasional

New MINI Countryman 2021

12. New MINI Countryman 2021 (Rp 629 – 799 juta)

Countryman facelift alias LCI ini diluncurkan pada IIMS 2021 dengan tiga varian pilihan. Yaitu Cooper Countryman, Cooper S Countryman dan John Cooper Works (JCW) Countryman. Ubahan paling signifikan di dalam kabin terlihat pada instrument cluster baru yang kini sudah full digital, atau disebut Digital Cockpit dengan layar 5-inci. Sementara sistem infotainment tetap dengan layar 8-inci, namun dengan sistem operasi yang diperbarui dan sudan mendukung Apple CarPlay.

Untuk mesin, MINI Cooper Countryman mengusung tiga silinder 1,5 liter turbo, bertenaga 136 hp dan torsi 220 Nm, berikut transmisi otomatis dual-clucth 7-percepatan. Varian kedua adalah MINI Cooper S Countryman yang menggendong mesin empat silinder 2,0 liter turbo, bertenaga 192 hp dan torsi 280 Nm. Transmisi sama dengan Cooper dan sistem penggerak roda depan (FWD).
MINI John Cooper Works (JCW) Countryman menjadi varian tertinggi dan terbuas performanya. Dengan varian mesin 2,0 liter turbo, tenaga yang dihasilkan mencapai 302 hp dan torsinya tembus 450 Nm. Mengandalkan transmisi Steptronic 8-percepatan, serta sistem penggerak ALL4 alias all-wheel drive.

MG HS i-Smart

13. MG HS i-Smart (Rp 468 juta)

Dirilis bulan Juni agar konsumen Indonesia bisa mendapat pilihan line-up lain dari SUV Morris Garage ini. MG HS i-Smart tidak hanya menawarkan paket mesin yang menarik tetapi juga fitur i-Smart yang mendukung keselamatan berkendara dan kenyamanan. Paket teknologi dari i-Smart sendiri terdiri dari Smart Check, Smart Command, Smart Drive dan Smart Connect.

MG HS i-Smart dibekali mesin 4 silinder 1.5 liter Turbo TGI yang menghasilkan tenaga maksimal 160 hp dan torsi puncak 250 Nm. Diintegrasikan dengan transmisi otomatis 7 percepatan TST yang mengalirkan tenaga dan torsi ke roda depan. (TAMAT)

EKA ZULKARNAIN

Baca juga: KALEIDOSKOP 2021: Segmen Sedan Ramaikan Pasar Nasional Sepanjang 2021

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Mercedes Benz Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya