Beranda Updates Ioniq akan Menjadi Sub-Merek Hyundai Khusus Mobil Listrik

Ioniq akan Menjadi Sub-Merek Hyundai Khusus Mobil Listrik

SEOUL, Carvaganza.com – Selama ini kita mengenal Ioniq sebagai nama salah satu model mobil listrik lansiran Hyundai. Ke depannya, Hyundai akan menggunakan nama Ioniq sebagai identitas sub-brand baru mereka, di bidang elektrifikasi.

Ioniq telah menjadi nama mobil listrik yang cukup populer dari Hyundai. Apalagi bentuknya yang kompak dan atraktif sebagai sebuah liftback, membuatnya digemari di pasar mobil tanpa emisi CO2. Bahkan dengan strategi sub-brand ini, Hyundai sudah menyiapkan tiga model untuk diluncurkan dalam empat tahun ke depan.

“Merek Ioniq akan mengubah paradigma pengalaman pelanggan EV,” ucap Executive Vice President and Global Chief Marketing Officer Hyundai Motor Company, Wonhong Cho. “Dengan penekanan baru kepada kehidupan terkoneksi (connected living), kami akan menawarkan pengalaman elektrifikasi sejalan dengan gaya hidup ramah lingkungan,” imbuhnya.

Bukan hal baru bagi Hyundai dalam menggeser sebuah identitas menjadi merek bawahan. Sebelumnya, pada 2015, hal serupa perdana terlaksana. Ditandai oleh kelahiran kaki-tangan Hyundai di ranah premium. Itulah Genesis, mengawali eksistensi sebagai kupe menawan asal Korea Selatan (Genesis Coupe). Terbilang sukses menghadapi lima tahun perjalanan, salah satunya di AS. Mirip seperti hubungan antara Toyota dan Lexus. Nah, kini Ioniq melakukan perjalanan serupa, bakal merepresentasikan line-up elektris Hyundai, seperti BMW i dan Mercedes EQ.

Istilah Ioniq sendiri berasal dari penggabungan “Ion” dan “Unique”. Diumumkan kali pertama sebagai proyek pengembangan yang punya fokus dalam mobilitas ramah lingkungan. Pada 2016 muncul pemain baru bertubuh sedan mengusung nama proyek. Tak salah kalau dibilang unik lantaran dalam satu jenis bodi tersedia tiga variasi pemacu beda dunia: hybrid electric, plug-in hybrid, battery electric. Tak hanya eksis di luaran sana karena Ioniq turut mejeng di Tanah Air.

Di samping pengumuman divisi baru lewat atraksi lampu di London Eye, Hyundai turut mengumumkan tiga model anyar. Paling pertama datang adalah Ioniq 5, mengikuti tren SUV berstatus midsize crossover. Dikabarkan bakal menjadi realisasi Hyundai 45 Concept yang tampil di International Motor Show (IAA) Frankfurt, Jerman 2019. Tidak lama lagi, kemungkinan besar datang meramaikan awal 2021.

Lanjut di 2022, Ioniq 6 sedan akan menyusul ke jajaran produk EV. Awal mulanya adalah prototipe Prophecy, yang debut Maret lalu. Desain eksterior menggugah, menggabungkan elemen klasik dengan siluet aerodinamis membulat. Lantas rencana awal ini akan dituntaskan oleh sebuah SUV besar Ioniq 7 pada 2024. Sebagai informasi, skema penamaan angka ganjil diperuntukkan sebagai SUV sementara genap adalah sedan. Unik!

Yang pasti seluruh model baru ini mengusung tema ‘Timeless Value’. Ada inspirasi dari masa lalu namun menjadi jembatan ke masa mendatang. Juga setiap EV akan berdiri di atas basis Electric Global Modular Platform (E-GMP). Dasar kerangka memungkinkan tiap mobil memiliki kemampuan fast charging berikut daya jangkau tinggi.

Platform khusus turut sanggup membuat interior bernuansa “smart living place”. Memiliki kebebasan pengaturan duduk tingkat tinggi, konektivitas wireless, hingga glove box didesain bak lemari. Optimis memang. Dijanjikan juga user interface sederhana, intuitif, dan ergonomis agar memudahkan pengoperasian.

Meluncurnya sub brand khusus mobil listrik, Ioniq juga merupakan bagian strategi jangka panjang Hyundai. Tepatnya hingga 2025, pabrikan otomotif negeri Gingseng menargetkan penjualan kendaraan listrik berbasis baterai sebanyak 560 ribu unit. Posisinya bakal setingkat di atas jumlah penjualan FCEV (fuel cell electric vehicle) lansiran mereka sendiri. Target itu, bisa mendorong Hyundai ke posisi tiga besar dalam persaingan sebagai pabrikan dengan lini kendaraan ramah lingkungan pada tahun yang ditargetkan.

Sumber: Hyundai News, Motor1

AHMAD KARIM | WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Elon Musk Jadi Orang Terkaya Kedua Di Dunia, Tesla Semakin Bersinar

JAKARTA, carvaganza – Ragam terobosan yang dilakukan oleh Elon Musk telah menempatkan dirinya sebagai orang terkaya di dunia kedua. Kekayaannya sekarang mengalahkan Bill Gates,...

ROAD TEST: MINI JCW 3 Door 2020, Hot Hatch Tanpa Basa-Basi

JAKARTA, Carvaganza.com - Bicara soal merek BMW, kita pasti akan langsung terpikir soal pabrikan premium yang lebih kuat karakter kesenangan berkendaranya dibandingkan para rival....

Ingin Tampil Beda? Ini Aksesoris yang Bikin MG ZS Anda Makin Gaya

JAKARTA, Carvaganza -- MG Motor Indonesia mengandalkan MG ZS sebagai salah satu jajaran produk yang ditawarkan untuk konsumen Indonesia. SUV ini punya desain menarik...

Cerita Dibalik 15 Mobil Legendaris Yang Pernah Dikoleksi Elvis Presley Sebelum Wafat

JAKARTA, Carvaganza.com – Elvis Aaron Presley, bukanlah penyanyi dan aktor biasa. Lahir di Tupelo, Missisippi, Amerika Serikat (AS) pada 8 Januari 1935, di masanya...

Belum Mampu Beli Bugatti? Jangan Ciut, Ada Versi Juniornya

MOLSHEIM, carvaganza.com – Bugatti itu brand mobil yang super mahal. Unit yang dibangun tak banyak dan pembelinya pun berasal dari piramida paling puncak. Tapi...