Intip Spesifikasi All New Toyota Prius, Bakal Muncul di GIIAS 2024

Akan memperluas range model elektrifikasi Toyota di Indonesia.

Toyota Prius

JAKARTA, Carvaganza – Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 pekan depan, Toyota Astra Motor (TAM) berencana hadirkan generasi terbaru All New Prius Hybrid. Pembaruan yang dilakukan tidak hanya terdapat pada tampilan eksterior tetapi juga pada teknologi hybrid di dalamnya. Selain itu, Toyota Prius terbaru menawarkan konsep hybrid reborn yang mewarisi siluet monoform khas Prius dengan penyempurnaan yang lebih modern.

Pada fascia depannya All New Prius menerapkan gaya kendaraan hybrid yang modern dengan menggunakan lampu utama berdesain tipis. Grillenya ditempatkan di bagian bumper dengan list berkelir chrome kontras warna bodi. Sementara itu, siluet khas Prius di bagian pilar C juga masih dipertahankan dengan pembaruan di bagian lampu belakangnya. Seluruhnya sudah didukung dengan teknologi LED dengan desain yang lebih dinamis.

Seluruh rodanya dihiasi oleh velg berukuran 19 inci dengan desain yang lebih sporty. Kabarnya pabrikan juga fokus pada proporsi desain yang lebih seimbang pada Prius terbaru. Salah satunya ialah pusat gravitasi yang dibuat lebih rendah di atas platform TNGA generasi kedua. Prius tidak hanya menampilkan kesan yang modern eskteriornya tetapi juga sentuhan yang lebih agresif berkat garis-garis tegas di seluruh bodinya.

Toyota Prius

Beralih ke bagian kabin, Prius terbaru mengedepankan kesan mewah dan sporty dalam satu kesatuan. Seluruh bagiannya dihiasi oleh nuansa hitam dengan material soft touch di beberapa bagiannya. Salah satunya ialah seluruh jok yang dibalut material kulit dengan pengaturan elektrik untuk baris depan. Sementara itu demi memberikan kesan yang lebih roomy, terdapat fitur panoramic sunroof yang dapat dioperasikan secara elektrik.

Baca Juga: Indonesia Dominasi Gelar Juara di Shell Eco-marathon Asia Pacific 2024

Sementara itu, pengaturan fitur intuitif juga diterapkan pada Prius baru demi memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman. Seluruh layanan hiburannya terpusat pada layar berukuran 8 inci dengan tampilan full digital. Kabarnya di beberapa negara, Prius menghadirkan pilihan opsional untuk layar hiburan hingga 12,3 inci touchscreen dengan menu yang lebih lengkap.

Perubahan yang paling menarik berada pada sektor performa dan diklaim lebih efisien dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Pada model Prius HEV terdapat mesin Dynamic Force Engine berkapasitas 2.0 liter yang dipadu dengan baterai lithium ion. Kabarnya paket mesin konvensionalnya mampu memproduksi tenaga 150 hp dengan torsi puncak 188Nm. Sementara motor listriknya yang dapat bekerja secara mandiri ini memiliki tenaga maksimal 111 hp dengan torsi puncak 206 Nm.

Toyota Prius

Di samping memiliki performa yang bertenaga, Prius terbaru juga diklaim memiliki jarak tempuh yang jauh lebih maksimal dibandingkan generasi sebelumnya. Di samping menghadirkan pilihan HEV, Toyota juga tersedia dalam varian Plug in Hybrid EV (PHEV) yang juga berorientasi pada efisiensi bahan bakar. Model tersebut dibekali dengan mesin sama dengan motor listrik yang lebih bertenaga. Di atas kertas, powernya bisa mencapai 161 hp dengan torsi puncak yang mencapai 208 Nm. Menariknya, ia mampu berjalan sejauh 87 km dengan menggunakan mode EV atau motor listrik murni.

Nah berbicara soal harga, belum ada bocoran berapa banderol yang akan dipasang untuk All New Prius di Indonesia. Di Jepang sendiri, Prius dijual dengan harga Rp350 jutaan hingga Rp500 jutaan untuk varian teratasnya. Hal tersebut karena kendaraan hybrid di Jepang telah mendapatkan insentif pajak dari pemerintahnya, sementara di Indonesia belum ada aturan soal insentif pajak untuk model kendaraan hybrid.
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: Toyota Tambah Jaringan EV Ultra Fast Charging, Kini Hadir di Gandaria City

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Toyota Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature