Beranda Updates Ini Foto Inflator Airbag Takata yang Bermasalah di Mobil Toyota

Ini Foto Inflator Airbag Takata yang Bermasalah di Mobil Toyota

(Foto-foto: Eka Zulkarnain/Carvaganza)

JAKARTA, 28 Desember 2017 – Lebih dari 96.000 unit mobil Toyota yang dijual di Indonesia harus di-recall karena permasalahan pada airbag Takata. Carvaganza sendiri sudah mempublikasikan data-data model mobil yang harus menjalani recall serta tahun pembuatannya.

Inflator airbag Takata yang mengalami masalah adalah yang terdapat pada bagian penumpang depan, bukan pada bagian pengemudi. Hal ini tentu saja sangat penting karena berkenaan dengan keselamatan anggota keluarga atau mungkin konsumen pemilik kendaraan itu sendiri. Jika terjadi benturan keras, airbag akan mengembang namun tabung inflatornya akan meledak dan serpihan-serpihannya bisa membahayakan, terutama pada bagian muka.

“Seharusnya tabung inflator tersebut tidak meledak berkeping-keping dan serpihannya mengenai penumpang yang mestinya dilindunginya. Tabung tersebut seharusnya hanya berfungsi mengembangkan kantung udara saja,” ujar I Ketut Widhyadnyana, Department Head Technical Planning Department PT TAM kepada Carvaganza.

“Jika model-model yang terdampak oleh recall tidak segera dibawa ke bengkel resmi Toyota untuk diperbaiki, dikhawatirkan akan menimbulkan cedera serius kalau model-model yang terdampak terlibat kecelakaan. Jadi demi keselamatan dan kenyamanan, model-model terdampak sebaiknya segera dibawa ke bengkel,” tambah Ketut.

“Sampai sejauh ini, PT TAM belum menerima laporan kasus tentang cidera yang ditimbulkan oleh permasalahan airbag ini di Indonesia,” imbuhnya. Ketut pun membagikan foto-foto inflator airbag Takata yang bermasalah.

Melalui kampanye Special Service Campaign (SSC) sejak tahun 2015 lalu, Toyota telah menjaring 8.700 unit mobil untuk menjalani perbaikan pada airbag dan kampanye ini terus berlanjut sampai jangka waktu yang tidak ditentukan. “Kami tidak menentukan batas waktu untuk kampanye SSC ini yang terpenting kami dengan segala daya upaya bisa memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada seluruh pelanggan Toyota yang terkena program ini,” ujar Widyawati Soedigdo, Executive General Manager Customer First PT Toyota Astra Motor (TAM).

Untuk perbaikannya di seluruh bengkel resmi Toyota di Indonesia tidak dipungut bayaran dan waktu perbaikannya tidak lebih dari 3,5 jam. Ingin tahu lebih lengkap info ini, klik saja www.toyota.astra.co.id/ssc.

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto