Beranda Features Ini 15 Museum Mobil yang Bisa Dinikmati Virtual Via Google Maps

Ini 15 Museum Mobil yang Bisa Dinikmati Virtual Via Google Maps

JAKARTA, Carvaganza.com – Pandemi Virus Corona sampai hari ini, Minggu (22/3/2020) masih terus menghantui kota-kota besar di dunia dan juga Indonesia, terutama Jakarta. Korban terus bertambah. Orang-orang sudah dihimbau untuk bekerja dari rumah, melakukan social distancing dan membatasi keluar rumah. Ditambah sekolah dan perguruan tinggi juga diliburkan sampai akhir bulan Maret.

Tentunya tinggal di rumah dalam waktu yang cukup lama sungguh membosankan. Biar enggak bosan, sebetulnya masih bisa melihat-lihat tempat menarik, tanpa perlu keluar dari rumah. Caranya dengan membrowsing beberapa museum mobil paling menarik di dunia. Dari mulai National Corvette Museum di Kentucky, Amerika sampai Museum Skoda di Republik Ceko.

Naah sekarang tinggal berselancar di internet via laptop atau pun smartphone. Tinggal copy saja nama-nama museumnya, masukan ke Google search, lalu pilih maps.

BMW ZENTRUM
Lokasi: Spartanburg, South Carolina, USA.

Lokasi ini memang ditutup sementara karena corona. Tapi untuk melihat koleksi mobil BMW Anda tak mesti terbang ke Munich, Jerman, yang menjadi markas Bimmer. Kalau ingin melihat beberapa mobil klasik BMW Anda bisa menengoknya via Google Maps di sebuah pabrik BMW di Carolina Selatan. Caranya gampang, tinggal ketik saja BMW Zentrum. Langsung diarahkan lokasinya, dan bisa dilihat hampir semua bagian dalam museumnya. Sudah ada petunjuk rute serta kamera 360 derajat.

Toyota Automobile Museum

TOYOTA AUTOMOBILE MUSEUM
Lokasi: Nagakute, Japan

Rumah bagi koleksi produk Toyota baik yang klasik maupun modern. Anda penggemar Toyota tentu tak ingin melewati kesempatan inni. Musem terbagi ke dalam sejumlah zona. Anda bisa mengeksplorasi sejarah brand Toyota mulai dari model AA tahun 1936 sampai mobil bermesin hidrogen Mirai.

HONDA COLLECTION HALL
Lokasi: Motegi, Jepang.
 
Menampung segala hal yang berbau Honda. Bukan hanya mobil. Ada juga koleksi sepeda, sepeda motor dalam model skala, robot, sepeda motor dan mesin. Ada juga robot, di antaranya robot Asimo yang terkenal. Menelusuri isi museum gampang banget. Tinggal ikutin rute berupa garis biru, Anda bisa menikmati setiap model unit dan setiap sudut museum.

Honda Collection Hall

MAZDA MUSEUM
Lokasi: Hiroshima, Jepang.

Koleksi di sini sangat beragam. Mulai dari mobil klasik, modern dan mobil balap modern serta memajang juga mesin-mesin yang diproduksi oleh pabrikan Jepang ini.

MERCEDES-BENZ MUSEUM
Lokasi: Stuttgart, Jerman.

Salah satu museum mobil yang paling menarik di jagat bumi. Di beberapa titik di dalam museum, Anda bisa melihat dengan kamera 360 derajat. Kalau Anda belum pernah ke sana, dijamin bakal ‘ngeces’. Dari mobil langka, mobil paling gila, mobil konsep dan mobil balap yang pernah dibikin Mercy.

MCLAREN TECHNOLOGY CENTRE
Lokasi: Woking, United Kingdom

Disarankan sebelum masuk ke bagian dalam, jalan-jalan terlebih dulu menyusuri bagian luar McLaren Technology Centre (MTC). Rumah bagi koleksi mobil balap klasik dan mobil-mobil langka berharga jutaan dollar. Nikmati lobi HQ McLaren ini lewat kamera 360 derajat. Bikin hati nyaman dan menyenangkan.

Museo Ferrari

MUSEO FERRARI
Lokasi: Maranello, Italy

Memang koleksi di Museum Ferrari tidak begitu lengkap dibandingkan pabrikan lain. Namun, viewers bisa menikmati sejumlah mobil balap dan mobil jalan raya ikonik yang diproduksi Maranello. Dari mobil F1 Michael Schumacher sampai LaFerrari FXX-K.

MUSEO HORACIO PAGANI
Lokasi: San Cesario sul Panaro, Italia.

Museum Pagani tergolong lebih kecil dibandingkan museum-museum yang terdapat dalam daftar. Tapi punya koleksi menarik dan bisa melihat koleksi jutaan dollar dengan pandangan 360 derajat. Dipamerkan Zonda versi awal, prototype Huayra dan bahkan replika mobil.

MUSEO LAMBORGHINI
Lokasi: Sant’Agata Bolognese, Italia.

Nyarinya di Google Maps gampang banget. Tinggal browse saja nama di atas. Anda langsung bisa lihat mobil-mobil klasik koleksi Sant’Agata Bolognese. Lokasinya dekat kantor pusat pabrikan. Mata Anda akan sangat dimanjakan oleh koleksi jutaan dollar.

Museo Lamborghini

NATIONAL CORVETTE MUSEUM
Lokasi: Bowling Green, Kentucky, USA.

Semua model Corvette ada di sini. Museum mulai dibuka di awal 1990-an, tapi pernah didera musibah sinkhole (lubang besar karena tanah ambruk) tahun 2014. Tapi beberapa bulan setelah perbaikan, museum dibuka lagi untuk umum. Bahkan beberapa mobil yang terperosok ke dalam sinkhole dipajang di lokasi tersebut.

PANOZ MUSEUM
Lokasi : Hoschton, Georgia, USA.

Tak semua bagian Museum Panoz bisa kita lihat. Tapi masih bisa menengok sejumlah mobil milik pabrikan kecil ini, seperti Avezzano, Esperante GTR-1 dan sejumlah mobil balap.

PETERSEN AUTOMOTIVE MUSEUM
Lokasi: Los Angeles, California, USA.

Petersen Museum sudah menjadi bagian dari car culture di Los Angeles sejak dibuka tahun 1994. Tergolong besar dengan koleksi berjumlah lebih dari 300 mobil dari mobil klasik sampai modern. Terdapat juga koleksi aksesoris mobil termasuk mesin, buku, foto dan film.

 

Porsche Museum

PORSCHE MUSEUM
Lokasi: Stuttgart, Germany

Lokasinya dekat Headquarter Porsche di Stuttgart, Jerman. Koleksinya gokil, mengagumkan. Dari mulai production car era awal 1910-an sampai era modern. Terdapat pula belasan mobil klasik dan konsep. Habis tur mata di sini, dijamin enggak bosen di rumah melulu.

SKODA MUSEUM
Lokasi: Mladá Boleslav, Czech Republic

Masuk ke sini seperti menonton kisah sejarah otomotif pabrikan selama 100 tahun. Museum ini pernah direnovasi dan dibuka kembali untuk umum tahun 2012. Koleksinya beragam dari mulai mobil bersejarah, sepeda, memorabilia dan bahkan pengunjung bisa tur ke tempat kelahiran pendiri Porsche, Ferdinand Porsche.

VOLVO MUSEUM
Lokasi: Gothenburg, Sweden

Memang kurang seru melihat Museum Volvo tanpa merasakan suhu dingin Gothenburg, Swedia, kota di mana museum berada. Di sana sekarang sedang musim dingin. Tapi bagi orang Asia seperti Indonesia yang kurang tahan dingin, masih bisa melihatnya via Google Maps. Sayang, virtual tour di museum tidak bisa melihat bagian museum secara keseluruhan, namun di beberapa titik bisa dieksplore dengan kamera 360 derajat.

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto