IIMS 2022: Untuk Pertama Kalinya Wuling Perlihatkan SKetsa GSEV

Sektsa Wuling GSEV

JAKARTA, Carvaganza - Setelah beberapa kali membawa platform GSEV (Global Small Electric Vehicle) di berbagai pameran, Wuling Motors (Wuling) akhirnya memberi kejelasan soal produk masa depannya ini. Pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, Kamis (31/3/2022), Wuling memperlihatkan sketsa pertama kendaraan listrik mereka untuk pasar Indonesia.

KEY TAKEAWAYS

  • Mobil listrik Wuling GSEV bakal diproduksi di Indonesia

    Wuling akan menggunakan fasilitas pabrik yang ada dan spesifikasinya nanti benar-benar baru.
  • Wuling GSEV akan dilengkapi ragam kelebihan

    Di antaranya memiliki jarak tempuh mulai 120 kilometer sampai dengan 300 kilometer dengan kemampuan pengisian daya baterai fast charging.
  • Sketsa tersebut memperlihatkan sebuah kendaraan yang memang terlihat mungil sesuai dengan format yang diusungnya. Tidak ada informasi lain yang bisa dikulik terkait sketsa tersebut. Wuling mendeskripsikan sketsa ini sebagai sebuah kendaraan yang berdesain unik dan fashionable.

    “Inilah dia GSEV yang akan datang dalam waktu dekat di Indonesia dengan desain unik dan fashionable, body compact dan pleasant convenience,” ucap Han Dehong, Vice President PT SGMW Motor Indonesia dalam sambutannya.

    Wuling GSEV

    GSEV pertama kali diperlihatkan pada ajang pameran di akhir 2021 lalu. Platform mobil listrik ini diciptakan dan dipasarkan Wuling dengan memadukan beragam pilar untuk menghadirkan mobilitas modern. Sejarahnya dimulai pada 2014 silam saat pengembangan mobil listrik sejalan dengan rencana pemerintah Tiongkok untuk memulai era kendaraan energi baru dan ramah lingkungan. Saat ini, kendaraan listrik menjadi tren dan mendorong Wuling untuk terus fokus pada kendaraan energi baru dengan ukuran kompak.

    Dian Asmahani, Brand and Marketing Director Wuling Motors, mengungkapkan sesuai rencana, produk yang akan hadir di Indonesia akan berbeda dengan yang sudah ada selama ini. Bukan yang selama ini dipamerkan.

    “Yang jelas ini benar-benar baru, bukan yang pernah dipamerkan. Tadi sketsanya sudah kita perlihatkan. Ini adalah model baru dari platform GSEV. Ini new model,” ucap Dian di sela acara pembukaan IIMS 2022.

    Diproduksi di Indonesia

    Soal proses pengembangan dan riset, Dian mengungkapkan pihaknya bekerja sama dan terus berkomunikasi dengan kantor pusar di China. Wuling merupakan salah satu produsen kendaraan listrik dengan beragam produk serta teknologi yang mendominasi di pasar Tiongkok.

    Produksi kendaraan listrik ini juga nantinya akan menggunakan fasilitas produksi yang ada di Indonesia. Hal ini dilakukan sebab kemampuan produksi tersebut sudah dipersiapkan sejak pembangunan pabrik tersebut.

    “Kita akan memakai pabrik yang ada, karena sebenarnya masih bisa untuk melakukan produksi mobil listrik. Kita sudah siapkan. Model baru ini tentunya spesifikasinya akan benar-benar baru,” ucap Dian.

    Baca juga:  Mobil Listrik Mungil Wuling GSEV Unjuk Gigi di JAW 2022 Sebelum Meluncur

    Wuling GSEV

    Rencana ke depan, produk ini juga kemungkinan akan diekspor ke berbagai negara. Dian mengungkapkan, kemungkinan ini terbuka lebar sebab Indonesia bisa menjadi hub ekspor ke beberapa negara yang memiliki kesamaan sisi kemudi sebelah kanan.

    “Namun kita pertama tetap fokus ke Indonesia dulu. Kita juga sudah ada rencana untuk membangun ekosistem mobil listrik seperti stasiun pengisian daya dan sebagainya. Pada saatnya nanti launching ekosistemnya juga sudah siap jadi tidak hanya produknya. Kita akan pastikan untuk siap semuanya,” ucap Dian.

    Kelebihan Wuling GSEV

    Beberapa kelebihan dari GSEV adalah kemampuan untuk menghadirkan kenyamanan dalam dimensi yang kompak. Tersedia konfigurasi dua jok atau empat jok untuk kenyamanan penumpang. Kemampuan jarak tempuh mulai 120 kilometer sampai dengan 300 kilometer dengan kemampuan pengisian daya baterai fast charging.

    Wuling New Cortez di IIMS 2022

    Fitur keamanan seperti internet of vehicle (IoV), ADAS, automatic parking, hingga fitur multimedia dengan voice command bisa dimasukkan pada produk ini. Aspek keselamatan berkendara hadir dari rangka baja pad bodi dan airbags, serta baterai GSEV sudah berstandar IP68 untuk perlindungan dari air serta dilengkapi Smart Battery Management System.

    Untuk merayakan kehadiran sketsa perdana GSEV ini, Wuling juga mengajak masyarakat Indonesia berkreasi dengan menghadirkan kompetisi desain sketsa GSEV. Dalam program Your Own GSEV, masyarkat dapat mencurahkan ide-idenya terkait bentuk GSEV untuk di Indonesia.

    Wuling hadir di IIMS Hybrid 2022 menempati booth D9 seluas 868 meter persegi, hall D, JIEXPO Kemayoran dari 31 Maret hingga 10 April 2022 mendatang. Beberapa produk yang dipamerkan antara lain Almaz, Almaz RS, serta produk yang baru diperkenalkan New Cortez. Ketiga produk ini sudah dibekali dengan Wuling Indonesian Commad atau Wind serta IoV. Ada juga Advance Driving Assistance System (ADAS) yang dibenamkan di flagship SUV Wuling yakni Almaz RS. Wuling turut menampilkan platform GSEV sebagai bentuk kesiapan Wuling dalam keikutsertaan di era mobil listrik di Indonesia.

    “Dalam pameran ini konsumen bisa mencoba New Cortez, Smart MPV yang nyaman serta Almaz RS yang dilengkapi dengan ADAS di area test drive IIMS Hybrid 2022. Selain itu kami membawa sketsa The Next Generation GSEV. Mari kunjungi booth Wuling Motors di IIMS Hybrid 2022 dan rasakan secara langsung pengalaman dan inovasi canggih di booth Wuling melalui lini produk inovatif serta platform GSEV yang ditampilkan selama pameran,” ucap Han Dehong. (SETYO ADHI/EK)

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Wuling Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature