Hyundai Santa Fe, Tumbuh Semakin Matang dan Kuat (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza – Banyak kalangan pengamat menyebutkan bahwa tahun 2018 merupakan salah satu tahun krusial bagi Santa Fe. SUV ini menjadi semakin matang dan tumbuh menjadi kekuatan baru di kawasan Asia Pasifik, Amerika sampai ke belahan Eropa. Sehingga, Santa Fe menjadi medium SUV yang sangat populer di ragam belahan bumi, termasuk di Indonesia. Kehadirannya sangat diperhitungkan oleh pabrikan kompetitor.

Di sini, kami ingin mengisahkan bagaimana Santa Fe menjadi SUV yang tumbuh semakin kuat ‘secara pasar’. Tulisan kedua ini merupakan rangkaian dari tulisan pertama, mengisahkan transformasi dari SUV kompak menjadi medium SUV canggih dan premium.

Hyundai Santa Fe 2018 - 2020

Hyundai Santa Fe 2018 – 2020

Hyundai mulai memperkenalkan generasi terbaru, generasi keempat pada tahun 2018. Mengalami perubahan besar dari segi tampilan luar. Garis desainnya lebih tajam dan berani sehingga mobil menjadi terkesan agresif.

Sebagai SUV keluarga, mobil pabrikan Korsel ini terdiri dari tiga row jok dengan serangkaian penyempurnaan pada bagian fitur dan kenyamanan. Meski perubahannya total dan banyak fitur, Hyundai mematok Santa Fe teranyar dengan harga yang lebih terjangkau. Di Korea, tersedia dalam tiga varian yakni SE, SE Ultimate dan Limited Ultimate.

Untuk varian paling bawah, sudah mendapatkan peningkatan dalam hal lampu depan LED, kaca spion berpemanas, velg alloy 18 inci, kamera belakang, display layar sentuh 7 inci, AC otomatis (automatic climate control) plus Apple Car dan Android. Untuk varian medium sampai teratas mengadopsi velg alloy 19 inci, lampu kabut LED, sunroof, jok kulit berpemanas dan setir berpemanas. Untuk display memakai layar lebih besar 8 inci dan sistem audio yang dibantu 12 speaker.

Hyundai Santa Fe 2018

Fitur teknologi keselamatan canggih yang disematkan di antaranya adaptive cruise control, forward collision warning and mitigation, lane departure warning dan xenon headlights dengan automatic high beams.

Santa Fe menawarkan dua mesin terbaru yakni 4 silinder segaris 2.4 liter GDI dan mesin diesel 2.2 liter CRDi yang menghasilkan tenaga 190 hp dan torsi 436 Nm. Semua mesin dipadukan dengan transmisi terbaru otomatis delapan percepatan.

Hyundai Santa Fe 2020
Hyundai New Santa Fe

Hyundai Santa Fe 2020 – Sekarang

Baru tiga tahun di pasar, Santa Fe sudah mendapatkan peremajaan facelift dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-20. Selama dua dasawarsa terakhir, SUV Santa Fe telah sukses berevolusi dari SUV kompak menjadi kendaraan SUV medium yang sangat populer.

Pada bagian luar, pabrikan memberikan desain yang mengombinasikan garis-garis agresif dengan garis-garis lembut yang modern. Pada fascia depan terpatri grille melebar yang sangat unik dengan pola 3D sehingga membuat tampilan mobil menjadi lebih outstanding.

Daytime running lights LED dengan bentuk T membuat fascia depan menjadi terlihat semakin tajam. Pada bagian bawah bumper terdapat shield (pelindung) di bawah air-intake. Lekukan rumah ban dibuat berwarna senada dengan pulasan bodi mobil. Bumper belakang juga mendapat sentuhan desain baru sehingga menjadi lebih segar. Untuk velg, selain menyediakan alloy 19 inci, pabrikan juga menyediakan velg alloy opsional 20 inci.

interior Hyundai New Santa Fe

Bagian interior terasa lebih lega. Di antaranya dengan mendesain ulang dashboard sehingga membuat pengemudi dan penumpang depan merasa lebih lega. Untuk layar cluster meter dibuat lebih besar dibandingkan sebelumnya menjadi 12,3 inci. Untuk sarana infotainment, didukung oleh layar sentuh 10,25 inci untuk menambah kenyamanan penumpang. Konsol tengah juga didesain ulang agar terlihat lebih elegan, modern dan kekinian.

Di Indonesia sendiri Hyundai Santa Fe 2021 menawarkan enam varian dengan pilihan mesin bensin dan diesel yang dikawinkan dengan pilihan transmisi otomatis 6-percepatan dan 8-percepatan. PT. HMID membanderol Hyundai Santa Fe facelift 2021 ini dengan kisaran harga Rp 569 Juta untuk tipe terendah dan Rp 729 Juta untuk varian tertinggi dengan mesin diesel.

Desain grille dan lampu depannya kini terlihat terintegrasi, makin menegaskan tampilan yang elegan. Selain itu lampu depan dengan LED juga diberikan sentuhan baru dengan lampu DRL T Shaped yang menegaskan identitas Hyundai dari fascia depan.

Hyundai New Santa Fe

Pada bagian belakang juga terdapat sentuhan pada lampu belakang yang kini diberikan aksen reflektor yang membentang dari kiri ke kanan. Selain itu bentangan reflektor juga terdapat pada bagian bumper depan yang kini memiliki desain yang lebih dinamis dibandingkan dengan model sebelumnya. Hyundai Santa Fe juga mengubah sedikit desain pada velg berukuran 18 inci dengan kelir two tone di keempat rodanya.

Beralih ke bagian interiornya dan satu-satunya yang mencolok adalah penggunaan warna pada material kulit jok, dashboard dan door trim. Warnanya dibuat lebih menyala dibandingkan model sebelumnya sedangkan materialnya tetap menggunakan material soft touch di setiap sudut. (Tamat)

ALVANDO NOYA

Sumber: ragam sumber

Artikel yang direkomendasikan untuk anda