Hyundai Santa Cruz Akhirnya Rilis, Double Cabin Bergaya Crossover

CALIFORNIA, Carvaganza – Lini produk Hyundai kini resmi meramaikan segmen double cabin. Hyundai Santa Cruz versi produksi akhirnya resmi diperkenalkan. Setelah sekian lama hanya berwujud mobil konsep, Santa Cruz generasi pertama siap beredar dan dimiliki para konsumen. Mitsubishi Triton, Toyota Hilux dan Ford Ranger harus hati-hati menghadapi kedatangan mobil ini. Kabarnya Hyundai Santa Cruz mulai diproduksi Juni tahun ini dan siap menyambangi showroom pada pertengahan tahun.

Oleh Hyundai, saat ini Santa Cruz digarap untuk fokus ke pasar Amerika Serikat, negara yang sangat meminati SUV (Sport Utility Vehicle) double cabin . Pabrikan ‘H miring’ ini mengklaim Santa Cruz memadukan konsepsi terbaik antara segmen SUV, truk dan crossover. 

Hyundai Santa Cruz

Pengembangan Santa Cruz ditujukan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup konsumen urban modern lantaran memiliki sejumlah fitur modern. Apalagi, desainya yang sangat modern dan cenderung futuristis ini diadopsi dari gaya terbaru Tucson. Bak angkut sebagai daya tariknya, punya dimensi panjang sampai 1.270 mm dengan berbagai keunggulan yang tidak dimiliki mayoritas rivalnya, khususnya di sisi keamanan.

Kemampuan bermanuver dan efisiensi dari Santa Cruz diklaim Hyundai bisa disetarakan dengan standar SUV mid-size yang ada di pasaran. Tersembunyi di balik kap mesinnya, tersimpan mesin 4-silinder bensin bertenaga 192 hp dan torsi 244 Nm. Tidak seperti mesin modern umumnya, Santa Cruz masih mengandalkan mesin bensin naturally aspirated, alias tanpa induksi turbo atau supercharger. Jika dirasa kurang galak, masih ada opsi mesin bertenaga 276 hp dan torsi 420 Nm.

Hyundai Santa Cruz

Output mesin disalurkan ke seluruh roda yang mengadopsi drivetrain sistem 4-wheel drive (4WD), lalu transmisi otomatis dual-clutch 8-percepatan. Demi kepraktisan mengeksploitasi performanya, terpasang paddle shifter di balik kemudi. Jadi dengan spesifikasi teknis tersebut, Santa Cruz punya kemampuan angkut sampai 1.600 kg dan meningkat sampai 2.300 kg saat turbo boost bekerja.

Soal styling, desain eksterior Santa Cruz mengadopsi gaya facelift dari Tucson yang meluncur di 2020 lalu. Bentuk grille depan yang seperti trapesium terbalik mendominasi fascia depan, yang juga seolah menyatu dengan rangkaian LED DRL. Posisi lampu utama terletak di tepi bumper depan kanan dan kiri, seperti SUV Hyundai saat ini yaitu Kona, Santa Fe dan Palisade.

Hyundai Santa Cruz

Bagian bawah bumper depan terpasang skid plate sebagai penanda unsur dan fungsi utilitarian dari Santa Cruz. Kemudian di bagian samping tampil fender yang lebar, yang menaungi velg 20-inci untuk mendukung sudut terbaik melahap medan off road. Sementara di belakang, lampu dengan LED bar berbentuk T menjadi identitasnya, yang pertama tampil di produk Hyundai.

Sejauh ini, Hyundai tidak merilis foto detail untuk bagian interior Santa Cruz. Namun disebutkan bahwa layout dan arah desainnya mirip dengan kabin Tucson. Sepasang layar digital 10-inci terpasang untuk difungsikan sebagai sistem infotainment dan meter cluster. Fitur konektivitas dengan sistem BlueLink andalan Hyundai hadir sebagai standar di Santa Cruz.

Hyundai Santa Cruz

Pemesanan sudah dibuka sejak bulan ini, sementara harga jual Santa Cruz belum dirilis oleh Hyundai setidaknya sampai produksi dimulai bulan Juni mendatang. Beberapa teknologi yang akan dibawa oleh Santa Cruz antara lain forward collision avoidance, lane keep assist, driver attention warning, berikut blindspot warning, blindspot camera, safe exit assist, highway drive assistance, surround-view monitor dan rear-cross traffic alert. WAHYU HARIANTONO / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda