Hyundai IONIQ Electric Jadi Transportasi Tenaga Kesehatan Selama COVID-19

JAKARTA, Carvaganza.com -- Dukungan terus diberikan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) dalam membantu tenaga medis dalam melawan pandemi virus corona (COVID-19). Bekerja sama dengan Armada Khusus Transportasi Grab, Hyundai menyediakan IONIQ Electric sebagai moda transportasi tenaga kesehatan di tiga rumah sakit rujukan COVID-19.

Ketiga rumah sakit tersebut adalah Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso (RSPI Sulianti Saroso), Rumah Sakit Umum Persahabatan (RSUP Persahabatan) dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD Gatoto Soebroto). IONIQ Electric ini bisa digunakan untuk mobilitas tenaga medis dari 27 April hingga 26 Juni 2020. Sedangkan jam operasional dari pukul 06.00 WIB pagi hingga 22.00 WIB malam.

Untuk rute perjalanannya, tenaga kesehatan dari dan ke RSPI Sulianti Saroso serta RSUP Persahabatan bisa diantar dan dijemput dari berbagai titik penjemputan di daerah Jadetabek. Sementara tenaga kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, bisa diantar dan dijemput dari The Media Hotel and Towers yang telah dialokasikan sebagai tempat istirahat para tenaga kesehatan yang bertugas menangani COVID-19.

SungJong Ha, Presiden Direktur PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), mengatakan para tenaga kesehatan yang memiliki peran penting dalam mengatasi pandemi ini. Mereka memerlukan berbagai dukungan, termasuk dalam mobilitas. Selama wabah corona dan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat ketersediaan transportasi umum sangat terbatas.

“Kami berharap IONIQ Electric melalui kerja sama dengan Armada Khusus Transportasi Grab dalam menyediakan transportasi yang aman bagi tenaga kesehatan, dapat meringankan salah satu kebutuhan dasar serta meningkatkan mobilisasi mereka di tengah upaya mereka dalam merawat para pasien,” katanya.

Bantuan armada ini merupakan bagian dari donasi yang dilakukan Hyundai. Dalam beberapa minggu terakhir, Hyundai juga telah secara aktif menginisiasi dukungan bagi tenaga kesehatan di Jakarta dan Jawa Barat berupa donasi 50.000 APD serta bantuan implementasi tes cepat COVID-19 dengan metode Drive-Thru.

Baca juga: Hyundai Terapkan Tes Drive-Thru COVID-19 dan Donasi APD


Kerjasama Grab


Kemitraan Hyundai dan Grab Indonesia dimulai dengan membawa Hyundai IONIQ Electric ke Indonesia sebagai Armada Khusus Grab. Tersedia sebanyak 20 unit IONIQ Electric untuk beroperasi di wilayah Jakarta mulai Januari 2020. Kendaraan listrik ini dapat digunakan hingga 373 KM dengan kapasitas baterai penuh.

Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia menyatakan, "Grab Indonesia memiliki komitmen yang sama dengan Hyundai, yaitu memberikan dukungan bagi para tenaga kesehatan dalam melawan COVID-19 sehingga mereka dapat melanjutkan mobilitas mereka di masa-masa yang sulit seperti saat ini.”

Ia juga menyebutkan Armada Khusus Transportasi Grab juag menjalankan prosedur Kesehatan. Pengemudi dilengkapi dengan APD, seperti pembersih tangan dan disinfektan untuk perjalanan bersama penumpang umum, serta setelan hazmat untuk perjalanan dengan tenaga kesehatan. Partisi plastik juga diaplikasikan sebagai pemisah antara kursi pengemudi dan penumpang untuk mencegah transmisi COVID-19.

“Setiap minggu pengemudi juga menerima pelatihan terkait prosedur sanitasi, dan penyediaan ulang perlengkapan alat sanitasi dan pembersihan mobil secara menyeluruh dengan desinfektan,” tutup Neneng.

Baca juga: Bantu Tenaga Medis COVID-19, Hyundai Siapkan 50.000 Set APD

RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda