Beranda Review Hy-Fun Concept, Terjemahan MPV Masa Depan a la Daihatsu

Hy-Fun Concept, Terjemahan MPV Masa Depan a la Daihatsu

TANGERANG, 23 Juli 2019 – Gambaran mobil masa depan yang futuristik, aman, nyaman, dilengkapi fitur canggih dan kekinian, serta ramah lingkungan diterjemahkan Daihatsu lewat mobil konsep Daihatsu MPV Hy-Fun Concept. Mobil ini melakoni World Premiere pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung 18-28 Juli 2019 di ICE BSD City Tangerang, Banten.

Tampilan desainnya yang futuristik memang menjadi salah satu daya tarik pengunjung di Booth Daihatsu. Soni Satriya, Executive Coordinator Design Engineering R&D PT ADM, mengatakan mobil ini mengusung konsep Smart Entertainment MPV, dilengkapi dengan mesin berteknologi Hybrid, hadir dengan beragam fitur canggih di dalamnya.

“Ada 2 point utama dari mobil ini yaitu 6-seater MPV Hybrid Concept Car dan Advanced Features with Connected Technology,” kata dia. “Hal ini terkait dua hal penting pengembangan mobil di Indonesia yaitu kapasitas penumpang yang banyak, mesin yang ramah lingkungan, dan fitur kekinian yang tengah menjadi trend.”

Pada sisi eksterior, bodi mobil Hy-Fun memiliki desain aerodinamis, sehingga terlihat agresif dan sporty. Dibalut dengan warna silver metalik yang cerah. Desain grill yang dapat menyala berwarna biru muda, memberikan kesan high tech. Headlamp sipit menyatu dengan turning lamp di bagian sudut kap.

Bagian belakang juga tampil menarik. LED Rear Combi Lamp juga memiliki desain tipis. Hy-Fun terlihat semakin gagah dan sporty dengan disematkannya velg berukuran 20 inch.

Pada bagian pintu, kendaraan konsep ini dibekali dengan Side Door Closing Motion, baik pada sisi pintu baris pertama, maupun kedua, sehingga memberikan akses masuk ke kabin yang lebih luas. Soni Satriya mengatakan mobil didesain tanpa handle. Pintu dapat dibuka melalui sensor pada mobil yang akan membaca gesture tertentu pada tubuh tanpa harus menyentuh mobil ini. Fitur Face Recognition disematkan untuk membuka atau pun mengunci pintu mobil ini, sehingga lebih aman.

Mobil ini memiliki kapasitas angkut 6 orang yang diakomodasi tiga baris bangku. Menariknya, hanya dua baris bangku depan yang terlihat dari luar. Bangku baris ketiga tidak terlihat karena bisa dilipat dan dimasukan ke kompartemen di bagian belakang.

Pada baris pertama, desain kursi mobil ini dapat diputar sampai menghadap belakang (baris kedua), sehingga mempermudah pengemudi dan penumpang di sebelahnya untuk masuk-keluar kendaraan dan komunikasi antar penumpang di dalam.

Penggunaan platform DNGA, membuat Hy-Fun dibekali banyak fitur hi-tech. Mobil ini sudah full connected, memungkinkan pengguna untuk menyalakan atau mematikan mesin, AC (Air Conditioner), dan membuka jendela melalui device smartphone pengguna tanpa harus masuk ke dalam mobil. Pengguna nantinya juga dapat memonitor lokasi tepat mobil ini melalui device, serta terkoneksi dengan seluruh jaringan outlet Daihatsu, sehingga lebih aman dan nyaman.

Hy-Fun juga mendukung fitur full entertainment yang dapat terintegrasi dengan device pengguna, untuk mendengar lagu, dan bermain games yang didukung dengan 4 unit VR (Virtual Reality) masing-masing pada baris pertama dan kedua. Dengan adanya fitur voice command dan New Smart Assist, semakin memberikan kemudahan dan keamanan pada pengguna dalam menggunakan mobil ini sehari-hari.

Tak ketinggalan Daihatsu juga memperhatikan soal keamanan. Soni menyebutkan jika ada Amart Assist seperti pencegah benturan, pengurang resiko salah injak pedal, peringatan saat mobil di depan bergerak, peringatan sat berpindah jalur, dan lampu jauh adaptif.

Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan mobil ini masih berstatus konsep dan terus menjalani pengembangan dan uji coba. “Daihatsu Hy-Fun Concept ini berbasis DNGA dengan beragam fitur canggih yang full connected dan serba terintegrasi didalamnya. Hy-Fun sangat cocok untuk digunakan bagi generasi dan keluarga milenial yang sangat erat terhubung dengan device dan teknologi,” kata dia.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Mobil Listrik Hyundai IONIQ Electric Jadi Armada Grab Mulai Tahun Depan

JAKARTA, 13 Desember 2019 – PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) dan Grab Indonesia hari ini, Jumat (13/12/2019) mengumumkan kemitraan menarik....

Pasar Otomotif Lesu, Dua Mobil Toyota Ini Berjaya di Segmennya

JAKARTA, 13 Desember 2019 -- PT Toyota Astra Motor (TAM) mengakui jika penjualan otomotif tahun 2019 mengalami kelesuan. Hal ini...

V-Kool Punya Paket Eksklusif Rp 12 Juta, Apa Keuntungannya?

ANYER, 13 Desember 2019 – Melengkapi rangkaian produknya sebagai merek kaca film premium, V-Kool Indonesia turut meluncurkan paket edisi terbatas alias Limited Edition, yang...

V-Kool Rilis VK10 dan VK30, Kaca Film Tolak Panas Hampir 100%

ANYER, 13 Desember 2019 – Menutup akhir tahun 2019, V-Kool Indonesia meluncurkan varian produk terbarunya yang diklaim memiliki kemampuan tolak panas tertinggi dari seluruh...

Permintaan Terios Meningkat, Penjualan Daihatsu Naik 4,1%

JAKARTA, 12 Desember 2019 – Peningkatan permintaan model-model Daihatsu, terutama Terios, membuat capaian Daihatsu di bulan November 2019 mengalami peningkatan...