Honda Perkenalkan All New Civic Si, Setingan Chassisnya Dibalikkan Ke Lama

Honda Civic Si 2022

NEW YORK, Carvaganza - Honda Amerika baru saja memperkenalkan All New Civic Si terbaru. Sedan sporti ini hadir dengan desain baru serta tenaga yang lebih besar berkat mesin turbocharger yang disematkan. Sedan ini mengambil basis dari generasi ke-11 Civic sedan yang dijual di Amerika Serikat.
Ada hal penting yang perlu dicatat dari kendaraan baru ini.

Civic Si 2022 ini tidak lagi menggunakan dua model suspensi adaptif elektronik yang dipakai pada Civic Si 2020. Malah justru memakai suspensi konvensional bersifat fix di keempat sudutnya. Alias dibalikkan ke setingan yang lama. Kok bisa Honda menghilangkan fitur yang memberikan pengendaraan yang lebih nyaman dan handling yang stabil dalam varian Si?

Nah sisi ini yang uniknya. Menurut situs motortrend.com, usut punya usut, ternyata melenyapkan dua mode pengendaraan yakni Normal dan Sport pada model tahun 2022 adalah atas usulan dari konsumen sendiri. Dulu, ketika pengemudi memilih kedua mode itu, maka damper pada suspensi akan menyesuaikan secara elektronik. Perilaku mobil pun menjadi berubah.

Honda Civic Si 2022

Jika memilih Normal, pengendaraan akan lebih lembut dan jinak. Sedangkan kalau memilih Sport, pengendaraan akan menjadi lebih kaku dan lebih tajam. Hasilnya, tak semua orang suka dengan perilaku pengendaraan Sport. Demikian aku Carl Pulley, jubir Honda wilayah American Western Region (Amerika Bagian Barat). Padahal, penerapan teknologi adaptive damper itu untuk menambah kesenangan berkendara, tapi ternyata banyak konsumen yang tak suka. Terutama Mode Sportnya.

“Perubahan ke sistem suspensi standar mengurangi efek guncangan pada suspensi ketika melindas gundukan atau jalanan tidak rata. Sementara itu, wheelbase yang lebih panjang membuat engineer mesti menyeting suspensi agar selaras dengan mode Sort yang sebelumnya agar mobil stabil pada saat pengendaraan yang lebih agresif sehingga pengendaraannya lebih pas,” ujar Pulley.

Mesin All New Honda Civic Si 2022

Dave Gardner, Executive Vice President of National operations, American Honda Motor Co., Inc mengungkapkan, sedan Civic Si terbaru ini dibuat lebih bertenaga dan merupakan racikan sedan Civic terbaik yang ditawarkan pada konsumen mereka.

"Civic Si sudah menjadi produk ikonik yang menawarkan mesin performa tinggi selama empat dekade. Kami harap sedan terbaru ini akan melanjutkan warisan tersebut," ucap Dave dalam keterangan resmi.

Honda Civic Si 2022

Apa yang baru? Dimulai dari mesin. Civic Si 2022 menggunakan jantung mekanis 4-silinder 1.5 liter VTEC turbo. Mampu menghasilkan tenaga hingga 200 HP pada 6.000 rpm serta torsi maksimal 260 Nm pada 1.800-5000 rpm. Dibanding model sebelumnya, tenaga Civic Si anyar sedikit berkurang. Namun torsi puncak bisa diraih pada putaran yang lebih rendah.

Civic Si hanya ditawarkan dengan transmisi manual enam percepatan yang mendapatkan peningkatan pada rasa perpindahannya dengan lebih pendek 10 persen. Honda mengatakan transmisi ini sama digunakan pada model Civic Type R yang membuat rasa berkendaranya semakin sporty.

Honda juga menyertakan dual coil silencer pada sistem knalpot yang meningkatkan aliran pembuangan hingga 27 persen dibanding model Civic Touring. Fitur Active Sound Control system juga membuat sedan ini menghasilkan kualitas suara yang lebih baik di putaran mesin yang lebih luas.

Fitur Civic Type R lainnya yang hadir di sedan ini adalah rev-matching system. Sistem ini akan berkedip saat putaran mesin mendeteksi waktu yang tepat untuk berpindah gigi yang berdampak pada pengalaman berkendara yang lebih dinamis.

Bicara soal pengendalian, Civic Si diklaim lebih stabil. Ini berkat pengembangan struktur kendaraan yang lebih rigid serta ukuran wheelbase yang lebih panjang dibanding sebelumnya. Membuat pengendalian saat kecepatan tinggi lebih baik. Bagian suspensinya juga mendapat ubahan. Per suspensi depan dibuat 8 persen lebih kaku dan suspensi belakang dibuat 54 persen lebih kaku dibanding Civic biasa.

Sebagai mobil sport, kemampuan pengereman juga dibuat lebih baik. Civic Si menggunakan cakram berukuran 12,3 inci di depan dan 11,1 inci di belakang. Penggunaan ban 235/40R18 membuat performa di jalan raya atau sekadar ingin bermain di trek bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Baca juga:  Honda Civic Si, Mobil Paling Kencang dan Bertenaga di Keluarga Civic

Honda Civic Si 2022

Eksterior Honda Civic Si 2022

Desain Honda Civic Si tampil lebih sporty dengan penambahan part aero di beberapa bagian. Ini terlihat di bagian bemper depan yang agresif serta bemper belakang yang memperlihatkan dua lubang knalpot yang agresif. Tambahan spoiler depan di bagian bawah bemper serta spoiler belakang di atas bagasi meningkatkan downforce saat kecepatan tinggi.

Velgnya sudah menggunakan ukuran 18 inci dengan model 10 palang dan mendapat sentuhan pewarnaan hitam doff. Perpaduan dengan cat Blazing Orange Pearl yang khusus ditawarkan pada model ini membuat tampilan sedan Civic Si cukup intimidatif.

Soal interiornya, Civic Si dibuat dengan konsep driver focused cabin. Ini membuat pengendara menjadi lebih fokus berkendara dan menghindari kelelahan saat berkendara jauh berkat penggunaan bantalan jok yang lebih tinggi 0,5 inci dibanding model standar.

Beberapa detail sporty lainnya adalah penggunaan pedal dengan desain sporty, jahitan pada pintu, lingkar kemudi, arm rest tengah, serta shift knob. Civic Si mengadopsi desain metal honeycomb panel milik Civic Type R yang membuat ventilasi udara terlihat lebih modern dan terkesan bersih.

Honda Civic Si 2022

Hiburannya hadir dari layar sentuh HD 9 inci dengan fitur Apple CarPlay dan Android Auto yang dipasangkan dengan 12 speaker Bose premium sound sytem. Meter clusternya juga berupa layar sebesar 7 inci yang menampilkan digital tachometer di sebelah kiri dan MID di tengah dipadukan speedometer klasik.

Soal fitur keselamatannya, Civic Si mangadopsi fitur yang sudah ada di Civic generasi ke-11. Ini termasuk Honda Sensing yang ditingkatkan kemampuannya berkat penggunaan prosesor yang lebih bertenaga sehingga mampu merespon kondisi jalan dengan cepat.

Belum ada harga pasti dari produk sedan terbaru Honda ini. Namun perkiraan harganya ada di $27.000 atau sekitar Rp 380 jutaan. Tertarik? Sepertinya produk ini sulit untuk masuk ke Indonesia mengingat di pasar Amerika produksinya cukup terbatas namun kita doakan saja ada pihak-pihak yang mau menawarkan sedan sporty ini di Tanah Air. (SETYO ADHI/EK)

Sumber: motortrend.com dan ragam sumber

Baca juga:  Mobil Honda Type R Terjual Rp 1,3 Milyar, Apa Istimewanya?

Pelajari lebih lanjut tentang Honda Civic

  • Tampak Depan Bawah Honda Civic
Honda Civic
Rp 533 Juta Cicilan mulai dari : Rp 12,16 Juta

Mobil Honda Lainnya

  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda BRV
    Honda BRV
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Accord
    Honda Accord
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
  • Honda Civic RS
    Honda Civic RS
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda WRV
    Honda WRV

Don't Miss

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Honda Pilihan

  • Upcoming

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya