Honda N-One Makin Keren Didandani Aksesori Mugen

TOKYO, carvaganza – Mobil mungil memang enak didandanin.Bentuk standarnya yang simpel  kadang bikin orang kurang sreg dengan stylenya, tapi bukan berarti tak bisa dibikin lebih ganteng. Dan obat ganteng untuk mobil-mobil kecil banyak bertebaran di pasar.

Salah satu kei car yang tambah ciamik jika didandani adalah Honda N-One 2021 yang baru kemarin ini dirilis di Jepang. Honda menghadirkan N-One generasi kedua dengan gaya retro minimalis jika dibandingkan versi yang sebelumnya (generasi pertama). Penampilannya memang harus diakui terinspirasi oleh N360 yang dirilis pada era ’60-an.

Ternyata dari perubahan tampang menjadi retro tadi malah lebih pas dipermak dengan Mugen. Terlihat sporty setelah didandani mulai dari eksterior sampai interiornya. Semakin terkesan dinamis, dan lebih hidup.

Tampilan depan N-One standar memang datar, namanya juga kei car. Stylenya  simpel dan minimalis. Namun setelah mendapat penambahan spoiler berkelir hitam gloss, dipadu dengan plat nomor berlapis serat karbon malah terlihat lebih gagah. Style bodi samping terlihat lebih sporty berkat extension side skirt plus velg alumunium tempa 15 inci. Pada bagian atas, spoiler atap mendapatkan penambahan (extension) untuk memperkuat kesan keren.

Baca juga: Modifikasi Ala Drifting Raih Juara Honda Brio V-Mod 3



Tampilan ganteng saja tidak cukup. Performa kendaraan juga harus diupgrade agar tidak terkesan  cakep tapi loyo. Sistem pembuangan diganti dengan model serat karbon atau bisa juga dipilih stainless steel maupun titanium. Tutup oil filler yang terbuat dari alumunium disediakan dalam dua gaya yang berbeda dan terdapat lima pilihan warna. Mugen juga akan menyediakan filter intake udara performa tinggi, tapi baru ada bulan Januari depan.

Kalau dirasa kurang maksimal, bisa memakai decal carbon-look, logo Mugen dan buat khusus untuk plat nomor. Kaca juga bisa ditambahi dengan window shroud dan coating untuk kaca spion. Untuk interior bisa ditambahi dengan karpet Mugen, pedal sport dan tuas transmisi dengan aksen serat karbon atau dilapisi alumunium maupun kulit.

Tapi aksesori dari Mugen ini tidak menyentuh bagian powertrain. Masih dibiarkan standar yakni mesin naturally aspirated tiga silinder 658 cc. Mampu menghasilkan tenaga 56 hp (58 PS) pada 7.300 rpm dan torsi 65 Nm pada 4.800 rpm. Versi mesin ini ditancapkan pada tipe Original dan Premium.



Baca juga: Paket Modifikasi Mugen untuk Honda Civic Type R, Bukan Sekadar Gaya

Untuk versi Premium Tourer dan RS lain lagi. Dapur pacu 3 silinder 658 cc mendapat penambahan induksi paksa turbo. Engine tersebut menghasilkan tenaga 62 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 104 Nm pada 2.600 rpm. Kedua versi mesin itu dikawinkan dengan transmisi CVT yang menyalurkan tenaga ke roda depan atau AWD. Untuk tipe RS hanya tersedia penggerak roda depan dengan girboks manual 6 percepatan.

Kei car N-One sudah dilengkapi dengan Rear Seat Reminder untuk mengingatkan pengemudi. Konsumen juga bisa meminta fitur tambahan di antaranya auto high beam dan pengaturan gigi mundur jika terjadi misaplikasi, AEB, adaptive cruise control dengan stop and go, lane keeping assist, lane centring assist dan traffic sign recognition.



Sumber: www.paultan.org

EKA ZULKARNAIN

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda