Beranda New Cars Honda Civic Hatchback RS, Sporty and Sexy

Honda Civic Hatchback RS, Sporty and Sexy

JAKARTA, Carvaganza.com – Honda Civic Hatchback RS resmi dihadirkan di Indonesia, Kamis (6/2/2020). Kelahirannya menggeser dua varian yang ada sebelumnya. Kini, PT Honda Prospect Motor (HPM) hanya menjual satu varian saja yaitu RS. Sebenarnya, bisa dibilang, Civic Hatchback RS adalah versi paling sporty dari kedua pendahulunya, S dan E.

HPM mengatakan hal ini memang sejalan dengan tren yang berlaku di konsumen Honda sendiri. Hal ini diterangkan Yusak Billy, Business Innovation and Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor.

“Alasan menyediakan Civic Hatchback RS lantaran konsumen memang suka mobil yang lebih sporty. Lalu bergaya, sekaligus punya posisi citra merek yang sudah ikonik. Ambil contoh, salah satu tipe RS yang diminati ialah Honda Jazz. Sangat laku. Maka Civic hatchback pun hanya tersedia satu varian saja. Mobil baru ini memadukan heritage dari pendahulu dipadu dengan karakter yang sesuai Global Sporty Icon Honda,” kata Yusak Billy.

Okelah. Beragam kelengkapan ditambah, khususnya imbuhan pendongkrak estetika agar sesuai dengan aura sporty yang digaungkan  Civic. Untuk harga, mobil ini dijual Rp 499 juta..

Apa saja spesifikasi Civic Hatchback RS yang resmi dijual di Indonesia?

Eksterior

Secara umum, Civic Hatchback RS membawa kelengkapan dari tipe teratas E. Kemudian ada tambahan dan ubahan di beberapa poin. Di bagian ekstrior Civic Hatchback RS mendapat operasi wajah dari sebelumnya.

Banyak ubahan dilakukan di bagian bawah. Bumper baru sepaket dengan bibir bawah anyar yang mendukung aerodinamika. Bingkai rumah foglamp tertutup rapat, tak lagi berlubang seperti sarang lebah yang ada di model sebelumnya. Dan ada list pemanis senada warna bodi di area itu.

Penyegaran yang sama juga diberlakukan di bagian buritan. Revisi dilakukan di bagian diffuser belakang dan finisher pada corong knalpot tengah. Sisi sampingtak banyak ubahan,hanya diberi side sill garnish (side under spoiler) yang sepaket dengan body kit depan dan belakang. Tersedia pelek alloy wheel berukuran 17 inci berdesain two tone. Emblem huruf RS  bisa dijumpai pada wajah dan buritan Civic hatchback anyar.

Tentang fitur eksterior masih sama dengan tipe E. Ada lampu depan Full LED, daytime running lights LED, antena model sirip ikan hiu, lampu belakang kombinasi LED, spoiler tailgate dan high mount stop lamp LED.

Baca Juga: Menerka Ubahan Honda CR-V Facelift 2020 untuk Market Indonesia

Interior

Tampilan interior juga mengusung konsep sporty. Kabin seperti berkaca pada model Civic Type R. Hal ini terlihat dari penggunaan warna serba hitam dengan jahitan merah kontras sebagai pernyataan keras sporty. Mulai dari lingkar kemudi, tuas transmisi, konsol tengah, trim pintu sampai jok, semuanya dilapisi kulit dan dijahit benang merah. Melengkapi itu, Honda juga memberikan pedal baru dengan aksen metal aluminium untuk Civic Hatchback RS.

Di sektor hiburan, layar sentuh masih berukuran sama, 7 inci, namun dengan desain sedikit lebih segar. Pada konsol tengah, terdapat sistem audio video canggih dengan Capacitive Touch Screen 7 inchi. Layar ini dilengkapi dengan Smartphone Connection untuk Android dan iOS. Belum ada fitur Apple CarPlay dan Android Auto pada mobil ini.

Pengaturan audio dapat dilakukan melalui Steering Switch Control yang terdapat di roda kemudi. Sementara fitur Hands-Free Telephone Switch yang memungkinkan pengemudi untuk menerima panggilan telepon tanpa harus melepaskan tangan dari kemudi.

Fitur lainnya adalah pengaturan kursi depan elektrik. Tersedia delapan arah pengaturan untuk pengemudi dan empat arah kursi penumpang depan. Rem parkir elektrik, pengaturan kemudi tilt dan telescopic, serta delapan speaker + tweeter juga jadi fitur standar pada tipe RS ini.

Fitur

Banyak fitur yang dibenamkan Honda pada Civic hatchback RS ini. Ada Smart Key, yang berfungsi mengunci, membuka, hingga menyalakan mesin dan mengaktifkan AC secara otomatis. Teknologi Smart Entry memberikan kemudahan untuk membuka kunci cukup dengan menyentuh handle pintu.

One Push Ignition System berfungsi untuk menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan tombol. Bahasa lainnya start/stop button. Sementara, fitur Cruise Control untuk melajukan kendaraan tanpa perlu menginjak pedal akselerasi juga dapat mengendalikan kecepatan dengan tombol pengatur di roda kemudi.

Untuk menambah kenyamanan dan keamanan, Honda Civic Hatchback juga dilengkapi fitur Rain Sensing Windshield Wiper serta Rear Parking Camera.

Mesin

Nah, sektor ini tak disentuh sama sekali. Performa dan kinerja VTEC Turbo 1,5 liter masih dianggap baik dan memuaskan. Semburan daya puncaknya 173 PS, didapat pada 5.500 rpm. Sedang torsi 220 Nm bisa dikali di rentang 1.700 – 5.500 rpm. Penyalur daya menggunakan CVT.

Anda yang ingin punya rasa berbeda bisa menggunakan fitur Paddle Shift yang memberikan sensasi racing untuk mengatur perpindahan transmisi 7 kecepatan. Tuas paddle shift berada di belakang kemudi.

Kelincahan dan stabilitas berkendara dalam berbagai kecepatan dihasilkan lewat fitur Dual Pinion Electric Power Steering (EPS). Sementara Efisiensi bahan bakar didukung fitur ECON yang secara otomatis mengatur kerja mesin dan fungsi-fungsi lainnya untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

Safety

Sama seperti model-model Honda lainnya, penjamin keselamatan sudah lengkap. Honda mengaplikasikan teknologi rangka orisinal G-Force Control (G-CON) dan ACETM untuk memberikan perlindungan menyeluruh pada kabin penumpang. Bodi Honda Civic Hatchback juga dirancang dengan struktur Pedestrian Protection di lima bagian yang dapat meredam energi dan meminimalkan cedera pada pejalan kaki.

New Honda Civic Hatchback RS dilengkapi 6 buah Airbag, Pretensioner Seatbelt dan  Load Limiter yang dapat mengurangi resiko cedera pada pengemudi dan penumpang. Sementara ISOFIX & Tether berfungsi untuk pengait kursi bayi di kursi belakang kendaraan dalam menunjang keselamatan.

Selain itu, Honda Civic Hatchback juga telah dilengkapi dengan fitur lain seperti Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD) + Brake Assist (BA), Brake Override System, hingga Emergency Stop Signal.

Baca Juga: Honda Civic Hatchback 2020 Hanya Tersedia Varian RS, Harga Rp 499 Juta
Baca juga: Detail Spesifikasi Mobil Baru Honda Civic Hatchback RS

ARDIANTOMI | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Gaikindo Gaungkan Keselamatan Berkendara di Ajang GIICOMVEC 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Topik keselamatan menjadi fokus yang diserukan GAIKINDO. Tak hanya di kendaraan penumpang, tema ini juga digaungkan lewat penyelenggaraan GAIKINDO Indonesia International...

Turnamen Bulutangkis Daihatsu Astec Open 2020 Diawali dari Medan

MEDAN, Carvaganza.com – Daihatsu kembali menggandeng Alan & Susy Technology (ASTEC) menyelenggarakan turnamen bulutangkis yaitu Daihatsu Astec Open 2020. Kompetisi ini yang dibuka di...

Toyota Bantu 20 Atlet Muda Potensial Lewat Program SATRIA

JAKARTA, Carvaganza.com – Toyota mengumumkan 20 nama atlet muda potensial Indonesia yang tersaring dalam program athlete scouting bertajuk SATRIA (Satukan Bakat Negeri Kita). Mereka akan mendapat...

Astra Auto Fest 2020 Catat 3.500 SPK dan Transaksi Rp 700 Miliar

JAKARTA, Carvaganza.com – Gelaran Astra Auto Fest 2020 yang berlangsung 19 – 23 Februari di Astra Biz Center BSD City lalu berakhir manis. Penyelenggara...

Perkuat Brand, Wuling Motors Sponsori Tim Sepak Bola Bali United

DENPASAR, Carvaganza.com – Pabrikan otomotif Wuling Motors resmi menjadi salah satu sponsor utama tim sepak bola Bali United. Kolaborasi itu, menargetkan perluasan merek dan...