Beranda Features Halo Wuling! Mantra Pintar Mobil Wuling untuk Konsumen Indonesia

Halo Wuling! Mantra Pintar Mobil Wuling untuk Konsumen Indonesia

“Halo Wuling!”
“Halo”
“Buka sunroof.”
“Oke, membuka sunroof.”

Sunroof yang menutup atap Wuling Almaz terbuka sendiri.

“Halo Wuling!”
“Hallo”
“Eh, kok dingin ya?”
“Oke, menaikan suhu satu derajat.”

Percakapan di atas bukan antara saya yang tengah mengemudikan Almaz dan teman di samping. Tapi ini adalah komunikasi saya dengan fitur pintar yang terpasang di sport utility vehicle (SUV) 7-seater terbaru yang dilansir oleh PT SGMW Motors Indonesia (Wuling Motors).

Ya, kejutan demi kejutan memang tidak pernah habis dihadirkan oleh Wuling Motors sejak kemunculannya di Indonesia. Tidak hanya menawarkan produk dengan banderol di bawah rata-rata sekelasnya, Wuling juga hadirkan gebrakan inovasi teknologi pada produknya.

Terobosan terbaru Wuling adalah melalui varian baru SUV Wuling Almaz, yang saat meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 ini mendapat tambahan fitur canggih. Fitur tersebut dinamakan WIND atau singkatan dari Wuling Indonesian Command.

WIND adalah fitur voice command atau perintah suara, yang disematkan pada Almaz terbaru untuk memudahkan para penggunanya mengakses fungsi dan beragam fitur dalam mobil tanpa harus repot menggerakkan tangan. Menariknya, WIND dapat diaktifkan cukup dengan mengatakan kata sandi, “Halo Wuling!”.

Setelah ‘mantra’ tadi disebutkan, fitur yang tertanam pada sistem infotainment Almaz tersebut akan merespons untuk menerima perintah atau input dari pengemudi dan penumpang. “Ada 9 fungsi, yang masing-masing punya beberapa sub-fungsi yang bisa dijalankan WIND,” kata Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors kepada Carvaganza.

Fitur ini terintegrasi dengan layar sentuh 10,4 inci yang terpasang pada headunit. Layar sentuh ini telah berubah tampilannya menjadi logo microphone yang menandakan voice command aktif. Saat diperintah “Buka jendela!”, WIND akan merespons dengan membuka penuh kaca jendela di sisi pengemudi, begitu juga sebaliknya saat kita katakan “Tutup jendela!”.

Selain jendela, jenis perintah lain yang bisa dilaksanakan oleh WIND selama mengemudi adalah untuk mengatur suara sistem audio, pendingin udara atau AC, buka/tutup panoramic sunroof, melakukan panggilan telepon saat dihubungkan ke smartphone, juga aplikasi Wuling Link.

Salah satu yang paling menarik adalah WIND dapat mengakses salah satu fitur unggulan Wuling yang jug ada pada Almaz, yaitu TPMS (Tire Pressure Monitoring System). Tidak perlu lengkap mengatakan nama fitur TPMS, fitur ini bisa diterima hanya dengan mengatakan “Tampilkan tekanan ban!”, dan status kondisi ban dari TPMS langsung ditampilkan pada layar.

Fitur Khusus untuk Indonesia

Untuk bisa dinikmati para konsumen Wuling di Indonesia, Wuling Motors menyatakan bahwa WIND memang sengaja dikembangkan khusus untuk Indonesia. Bahkan Baojun 530 yang menjadi basis Almaz di negara asalnya, China, tidak dilengkapi fitur ini.

WIND dikembangkan khusus oleh Wuling dari China untuk bisa dinikmati oleh para konsumen di Indonesia. Seluruh perintah suara yang bisa diterima menggunakan bahasa Indonesia.

“Untuk WIND ini adalah joint development, tetapi yang jelas ketika ini disematkan di Almaz ini memang didesain khusus untuk pasar Indonesia, makanya perintah yang kita sematkan pun sudah sesuai dengan riset pasar Indonesia,” jelas Dian Asmahani, Senior Brand Manager Wuling Motors.

Hadirnya WIND pada Almaz ditegaskan menjadi komitmen Wuling Motors untuk menyediakan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter pasar di Indonesia.

Bisa Dinikmati Semua Pemilik Almaz

Wuling Motors meluncurkan Almaz varian baru dengan WIND hanya berjeda beberapa bulan setelah Almaz pertama kali diluncurkan, tepatnya bulan Februari 2019 lalu. Lalu bagaimana untuk konsumen yang sudah miliki Almaz lebih awal dan ingin punya fitur WIND juga?

Kabar gembira karena Wuling Motors akan memberikan kemudahan untuk konsumen upgrade Almaz seandainya ingin punya fitur WIND juga. Dalam beberapa waktu ke depan, Wuling akan layani permintaan tersebut dari para konsumen Almaz.

Diumumkan, bahwa mulai pertengahan bulan Agustus mendatang, konsumen bisa membawa Almaz miliknya ke bengkel resmi Wuling, untuk mendapatkan WIND. Dengan proses kurang lebih hanya 1 jam, WIND sudah bisa dinikmati pemilik Almaz, setelah dilakukan update software pada sistem infotainment.

Tidak hanya itu, Wuling bahkan menjanjikan untuk pengerjaan upgrade WIND ini bisa dinikmati para konsumen secara gratis, alias tanpa dipungut biaya apapun. Wuling akan menginformasikan kepada para konsumen Almaz saat layanan ini sudah tersedia.

Selain fitur pintar, Wuling Almaz menjadi SUV yang siap memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Almaz ini tetap didukung oleh teknologi terdepan mesin bensin berkonfigurasi 4 silinder 1.500cc turbocharged yang menghasilkan daya maksimal 140 HP dan torsi 250 Nm, yang merupakan torsi terbesar dikelasnya. Kemudian, Transmisi CVT serta pilihan mode berkendara eco, sport dan 8-percepatan manual simulation yang responsif.

Dalam rangka memberikan pilihan akomodasi, kini Almaz dilengkapi dengan konfigurasi bangku 7-seater. Selain itu, berbagai fitur modern juga tersemat pada SUV ini seperti panoramic sunroofstart-stop buttonkeyless remotekeyless entry, hingga sound system keluaran Infinity by Harman.

Untuk menjamin keselamatan berkendara, kendaraan ini didukung oleh Electric Parking Brake (EPB), Auto Vehicle Holding (AVH), Traction Control System (TCS), Hill Hold Control (HHC) Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), hingga Emergency Stop Signal (ESS).

Eksterior varian Almaz ini mengaplikasikan desain stunning dan sporty dengan melalui Future Eyes LED dan lampu utama proyektor LED di bagian bawahnya. Kemudian pada sisi samping, SUV ini menonjolkan gaya dynamic parallel dan floating roof serta velg alloy berukuran 17” bercorak two-tone aluminium. Beralih ke belakang, Wuling memasangkan bumper belakang dan muffler knalpot dengan sentuhan baru.

Berminat untuk nikmati langsung WIND di Almaz? Langsung saja datang ke GIIAS 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan, dan datangi unit pamer Almaz di booth yang terletak di Hall 3H. Atau bisa bawa pulang langsung Almaz varian apapun yang sudah dilengkapi WIND. Harganya? Siapkan saja mahar mulai Rp 263,8 juta sampai Rp 338,8 juta dalam kondisi on the road untuk wilayah Jakarta dan SUV dengan fitur pintar ini akan menjadi milik Anda.

“Halo Wuling!”

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Citroen Tiba-Tiba Umumkan Mundur dari WRC Tahun Depan

VERSAILLES, 21 November 2019 – Kabar mengejutkan datang dari World Rally Championships (WRC) di penghujung musim ini, menyusul keputusan mendadak Citroen untuk mundur mulai...

Mazda CX-30 Dibanderol Mulai Rp 483 Juta

JAKARTA, 21 November 2019 – PT Eurokars Motor Indonesia, sebagai distributor Mazda di Indonesia, akan memperkenalkan Mazda CX-8 secara resmi...

Beli Toyota GR Supra, Marcus Gideon Mau Langsung Modifikasi

BOGOR, 21 November 2019 – Sesi media test drive Toyota GR Supra di Sirkuit Sentul, Bogor, sekaligus menjadi ajang serah terima perdana unit Supra...

Renault Triber Dipesan 1.543 Unit, Diterima Konsumen Mulai Desember

JAKARTA, 21 November 2019 – Setelah resmi diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu, Renault Triber...

Honda Borong 14 Penghargaan di GridOto Award 2019

JAKARTA, 20 November 2019 – Honda berhasil menjadi brand dengan penghargaan terbanyak pada ajang GridOto Award 2019. PT Honda Prospect Motor...