Beranda Updates GP ke-1000 Ferrari di Mugello: Livery Spesial Sampai Aksi Schumacher

GP ke-1000 Ferrari di Mugello: Livery Spesial Sampai Aksi Schumacher

MUGELLO, Carvaganza.com – Formula 1 datang untuk pertama kalinya menggelar balapan di Mugello, Italia, sirkuit yang umum dipakai MotoGP. Pada balapan seri ini, bertepatan dengan partisipasi ke-1000 Ferrari di Grand Prix F1. Menjadi milestone yang istimewa bagi Ferrari sendiri dan F1, momen ini dirayakan dalam berbagai bentuk simbolis.

Mulai dari dipakainya livery khusus, sampai dengan dihadirkannya aktivitas pendukung yang membuat Grand Prix Tuscan di Mugello spesial bagi Ferrari. Dengan telah 1.000 kali balapan, artinya secara statistik Ferrari adalah tim dengan jumlah start terbanyak sepanjang sejarah F1. Sejak musim Perdana F1 digelar pada 1950, Ferrari tidak pernah absen, kecuali pada balapan di Silverstone 1950. Karena Ferrari baru terdaftar dan start di F1 pada seri berikutnya di Monako, seri kedua.

Berikut berbagai bentuk perayaan balapan ke-1000 ferrari di GP Tuscan 2020, di Sirkuti Mugello.

Livery Klasik Ferrari

Ferrari sebagai tim yang punya ‘hajatan’ di Mugello, ingin merayakan balapan ke-1000 dengan memakai warna khususu pada mobilnya. Mobil Ferrari SF1000 tetap menggunakan warna merah, namun dengan tone yang berbeda dari versi reguler.

Ferrari memilih warna merah yang sama seperti mobil F1 pertama mereka di tahun 1950, yaitu 125 F1. Warna merah doff yang dipakai SF1000 diganti oleh waran merah lebih gelap dengan aksen glossy. Cenderung burgundy, warna ini dipakai oleh kedua mobil yang dikemudikan Sebastian Vettel dan Charles Leclerc.

Warna klasik ini diikuti juga oleh decal 1000th GP di bagian engine cover SF1000. Begitu juga dengan nomor 5 dan 16 milik Vettel dan Leclerc yang tampil dengan font style retro seperti di 125 F1. Duet pembalap Ferrari pun membuat masing-masing helmnya dengan livery khusus untuk momen bersejarah ini.

Seperti mobilnya, warna baju overall Vettel dan Leclerc juga diberikan warna yang senada. Ada aksen tri colore khas bendera Italia di bagian lengan, serta logo 1000th GP di bagian dada.

Sirkuit dan Balapan Milik Ferrari

Bagi yang belum tahu, Mugello adalah salah satu dari beberapa sirkuit di Italia yang dimiliki oleh Ferrari. Namun ini pertama kalinya Mugello menggelar seri balap F1, setelah sebelumnya hanya menggelar sesi tes. Mugello juga lebih dikenal sebagai sirkuti MotoGP, yang sempat didominasi oleh Valentino Rossi.

Selain Mugello, Ferrari juga adalah pemilik dari Sirkuti Fiorano, juga Imola yang jelang akhir musim ini akan kembali menggelar balap F1. Namun untuk F1, karena Grand Prix Italia umumnya digelar di Monza, balapan tersebut lebih familiar disebut sebagai ‘balap kendang’ Ferrari.

Yang unik untuk seri ini, nama resmi grand prix bahkan menyantumkan Ferrari di dalamnya. Nama resminya adalah “Formula 1 Pirelli Gran Premio Della Toscana Ferrari 1000 2020”. Ini menjadi yang kedua kali seri F1 menyantumkan nama salah satu pabrikan, menyusul Grand Prix Jerman 2019 lalu. Pada tahun lalu, Mercedes-Benz merayakan 125 tahun kehadirannya di motorsport, bertempat di Hockenheim.

Safety Car Merah

Tidak hanya dari kubu Ferrari, perayaan GP ke-100 juga ikut dimeriahkan oleh Mercedes-Benz sebagai penyedia official cars untuk F1. Safety car yang tidak biasanya tampil ‘netral’ dengan warna khas Mercedes, tampil beda pada kesempatan ini.

Unit Mercedes-AMG GT R yang bertugas menjadi safety car, khusus di Mugello berubah menjadi merah. Warna merah yang dipakai pun disebut sama seperti yang umum dipakai pada supercar Ferrari. Ini juga pertama kalinya untuk safety car di F1 tampil dengan warna khusus.

Tidak sia-sia, dengan warna khusus ini safety car bahkan berkesempatan muncul di tengah-tengah balapan. setidaknya tiga kali insiden tabrakan mewarnai jalannya balapan di Mugello. Di awal balapan, safety car muncul setelah tabrakan beruntun di lap pertama.

Setelah trek dinetralisir dan balapan siap mulai kembali, terjadi tabrakan kedua tepat setelah safety car tinggalkan trek. Tabrakan beruntun di trek lurus utama ini memaksa balapan dihentikan sementara. Kali ketiga safety car muncul adalah setelah tabrakan Lance Stroll yang melintir di tikungan Arrabiata, yang juga memaksa bendera merah dikibarkan.

Penonton Hadir dan Penampilan Schumacher

Tidak hanya tampilan pada mobil, perayaan GP ke-1000 ferrari juga menandai pertama kalinya musim ini penonton hadir langsung di sirkuit. FIA dan FOM mengizinkan pentonton datang langsung ke sirkuit, namun tetap dalam jumlah terbatas. Hanya sekitar 3.000 orang penonton yang diperbolehkan untuk datang ke Mugello.

Hadirnya penonton juga dimanjakan dengan tontonan istimewa, yaitu demo run Mick Schumacher menggeber mobil Ferrari F2004. Mick, anak dari Michael Schumacher, mengendarai F2004 yang pernah mengantarkan ayahnya meraih gelar juara dunia ketujuh. Lengkingan mesin V10 3,0 liter milik F2004 memecah keheningan kawasan perbukitan Florence yang menjadi lokasi Mugello.

Lebih istmewa lagi, Mick yang kini menggeluti kejuaraan F2, tampil dengan helm bercorak sama seperti milik Schumi Senior. Helm dengan corak paduan warna merah, kuning, dan hitam khas bendera Jerman, identik dengan masa kejayaan Schumacher di Ferrari. Dengan helm tersebut, Mick menggeber mobil bersejarah milik ayahnya sebanyak lebih dari 20 lap di Mugello.

Bonus bagi Mick, di Mugello dirinya berhasil merebut puncak klasemen sementara F2 berkat hasil yang cukup bagus dari race 1 dan 2.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

10 Mobil Paling Aerodinamis yang Tersedia di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com - Rancang desain mobil sekarang ini tak lagi terlahir dari sketsa di atas kertas. Tapi juga harus lulus ujian berat dalam melawan...

Tiga Alasan Kinto One Jadi Alternatif Menarik untuk Mendapatkan Mobil Baru di Tengah Pandemi

JAKARTA, Carvaganza -  Mobilitas dan finansial mungkin menjadi tantangan pandemi yang tengah Anda hadapi. Kedua faktor itu boleh jadi bergerak bersama bukan? Tanpa pergerakan...

Audi R8 Green Hell Edition, Tribute Tumpukan Prestasi di Nurburgring

INGOLSTADT, Carvaganza.com – Audi R8 adalah salah satu supercar yang masih beredar di pasar saat ini, yang juga banyak dipakai menjadi mobil balap. Kesuksesannya...

Beli Peugeot 3008 & 5008 Kini Bisa Tukar Tambah

JAKARTA, Carvaganza.com – Astra Peugeot terus berusaha memberikan solusi dan menawarkan program menarik untuk para konsumen di Indonesia. Terlebih untuk mendorong penjualan dua model...

Tak Hanya Indonesia, Suzuki Ertiga Juga Laris Manis di Meksiko

JAKARTA, Carvaganza -- Suzuki All New Ertiga ternyata tak hanya menjadi andalan penjualan Suzuki di Tanah Air. Low MPV ini ternyata juga laris manis...