GMA T50S Lauda: Hypercar Khusus Sirkuit Yang Ringkas

LONDON, CARVAGANZA - Gordon Murray T50S Niki Lauda sudah resmi diluncurkan dan ini merupakan supercar khusus trek atau lintasan balap. Gordon Murray sengaja ingin memberikan penghormatan pada Niki Lauda. Agar lebih berkesan, mobil ini ia pamerkan bertepatan dengan hari lahir Lauda. Eksklusifnya, GMA T50S Lauda hanya diproduksi 25 unit saja. Mobil ini berdiri di atas struktur bodi yang sangat ringan, sangat stiff, sangat cepat dan sangat condong pada peningkatan downforce.

Gordon menyampaikan bahwa GMA T50S Lauda ini bukan sekedar mobil berbanderol 3,1 juta poundsterling yang terbatas. Ia benar-benar membuat kendaraan ini sebagai predator aspal lintasan balap. Makanya Ia memasangkan mesin V12 berkapasitas 3,9-liter ke dalam ruang mesinnya. Meskipun menggunakan mesin yang sama dengan versi jalan raya, tapi professor Murray berhasil menghasilkan performa yang sempurna untukT50S Lauda ini.

GMT50S Niki Lauda

Mesinnya dibuat lebih ringan 16 kg dari versi jalan raya, kepala silindernya dituning ulang agar mampu berakselerasi hingga menyentuh putaran 12.100 rpm. Hingga pada hal lain di dalam mesinnya seperti penggunaan camshaft berbeda dan peningkatan rasio kompresi yang menghasilkan tenaga maksimal hingga 725 hp. Hal lain yang lebih eksentrik dari T50S ini adalah lengkingan dari knalpot Inconel tanpa db killer yang akan mengingatkan kita pada mobil bala Formula 1 era Gordon dan Lauda.

Profesor Gordon membuat perhitungan yang cukup cermat untuk menghasilkan downforce yang tinggi. Di interiornya ia membuat konfigurasi satu penumpang dan mengisi posisi sebelah kanan pengemudi dengan Control Bank. Untuk lebih membantu mengurangi bobot kendaraan, T50S melupakan soal fitur hiburan di dalamnya. T50S Lauda memiliki bobot hanya 852 kg dan lebih ringan 134kg dari versi jalanannya.

GMT50S Niki Lauda

GMA T50S Lauda dibangun di atas struktur sasis karbon monokok yang didesain agar pas untuk transmisi Xtrac 6-percepatan. Transmisinya menggunakan mekanisme paddle shift manual yang akan membawa mobil ini melau hingga kecepatan maksimal 402 km/jam. Selain itu, rasio perpindahannya dibuat lebih pendek untuk menghasilkan go-kart feeling yang lebih kental.

Tetapi melihat angka-angka fisika di atas pasti Anda beranggapan kalau ini adalah mobil balap sejati. Sayangnya Gordon Murray menjelaskan bahwa kendaraan ini didesain untuk memberikan sensasi membalap yang mengesankan. Jadi bukan semata fokus mengejar performa di lintasan balap.

Karena kalau mobil ini dibuat dengan benar-benar berorientasi pada trek balap tentu saja akan ada penyesuaian lebih lanjut pada sistem kemudi, suspensi dan kelincahan mobil. Nantinya malah membuat repot pengendaranya, padahal tujuan mulia dari Gordon sendiri hanya ingin mengantarkan nuansa Murray dan Lauda di mobil ini. Makanya berbeda dari Ferrari 599XX yang tak bisa dibawa pulang, mobil buatan Murray ini bisa ditaruh di garasi rumah.

GMT50S Niki Lauda

Gordon Murray mengatakan “Sangat penting bagi saya bahwa T50S Niki Lauda mudah untuk digunakan dan dinikmati. Mobil ini bisa dibawa pulang dan bebas melaukan apa saja padanya. Visi saya adalah pemilik akan membawanya ke sirkuit, memeriksa tekanan ban, masuk ke dalam kabin, menghidupkannya dan bersenang-senang. Begitulah seharusnya."

Hal lain yang menarik dari produksi terbatas GMA T50S Lauda ini adalah masing-masing sasisnya akan diberikan tanda nama tempat kemenangan Lauda di masa lalu. Misalnya mobil produksi pertama ini diberi tanda Kyalami yang merupakan salah satu tempat kemenangan Lauda di Formula 1 Championship 1975. Sedangkan 24 unit sisanya nanti, salah satunya akan diberi nama Swedia 1978 saat Lauda memenangkan balapan secara telak. Jadi GMA T50S Lauda ini adalah hypercar untuk dipacu di sirkuit tapi dengan setelah yang dapat anda sesuaikan sendiri tanpa perlu mengerahkan kru dan tim balap. ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda