GIIAS 2021: Penjualan Mobil Tahun Ini Optimistis Capai 850.000 Unit

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di pembukaan GIIAS 2021

JAKARTA, Carvaganza – Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada kata sambutan pembukaan GIIAS 2021 menyampaikan rasa optimistis bahwa angka penjualan mobil sepanjang 2021 diperkirakan  bisa mencapai 850.000 unit. Angka tersebut menjadi kenaikan yang signifikan jika dibandingkan pada tahun 2020 yang hanya 530 ribu unit.

Hal ini merupakan bagian dari pertanda membaiknya sektor industri setelah didera oleh kesulitan akibat pandemi COVID-19. Menko Airlangga pada sambutan itu juga menyampaikan bahwa ragam sektor industri kembali menggeliat di masa pemberlakuan pelonggaran PPKM Leel 1. Hal tersebut dapat dilihat dari Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur Indonesia pada Oktober 2021 yang mencapai 57,2 persen.

“Saya melihat industri saat ini sudah lebih baik (termasuk otomotif) karena situasinya PMI kita di bulan oktober pak Menteri Perindustriannya dengan iomki nya itu indeks kita tertinggi,”Kata Menko Airlangga saat menyampaikan sambutan pada pembukaan GIIAS 2021 di ICE, BSD, hari ini Kamis (11/11/2021).

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di GIIAS 2021

Menko Airlangga Hartarto juga merujuk pengendalian ekonomi dan COVID-19 di Indonesia mengadopsi teknik otomotif. Yaitu menggunakan teknik gas dan rem. Menurutnya, teknik tersebut mendorong ragam peningkatan kegiatan perekonomian di masa pandemi COVID-19.

“Saat diinjak rem maka pertumbuhan terus meningkat dan memang yang membuat ekonomi maju dan mundur adalah the wheel on the move,” ucapnya.

Sambutan Ketum Gaikindo Johannes Nangoi

Merujuk soal optimisme Menko Bidang Perekonomian Airlangga, Ketum Ketum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Yohannes Nangoi menyatakan bahwa Gaikindo dengan dukungan pemerintah, agen pemegang merek (APM), dan principal akan terus mendorong perbaikan pencapaian industri otomotif Indonesia.

Johannes Nangoi, Ketum Gaikindo

Menurut Nangoi, salah satu usaha mendorong perbaikan pencapaian itu dengan cara menginisiasi kehadiran GIIAS. "GIIAS adalah pameran teknologi otomotif. Satu-satunya pameran otomotif di Indonesia yang mendapat dukungan penuh dari asosiasi otomotif dunia. GIIAS merupakan bagian dari rangkaian pameran otomotif dunia dan akan menjadi ajang yang memberikan informasi perkembangan industri otomotif Indonesia di mata dunia," kata Nangoi.

Nangoi menambakan bahwa kehadiran GIIAS menginspirasi masyarakat luas lewat persembahkan teknologi otomotif terkini. “GIIAS 2021 mengusung tema 'Wheels to Move', sebuah pernyataan bahwa industri otomotif Indonesia akan selalu bergerak maju bersama Gaikindo melalui penyelenggaraan GIIAS,” ujar Nangoi. (EKA ZULKARNAIN)

Baca juga: GIIAS 2021 Dibuka Hari Ini, Hyundai Beri Kejutan Pada Publik Otomotif

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature