GIIAS 2021 Besok Dibuka, Ini Mobil Baru Siap Meluncur Bahkan Ada World Premiere

Hyundai Creta

JAKARTA, Carvaganza – Setelah lama ditunggu, pameran otomotif bergengsi di Indonesia Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 akhirnya bakal digelar mulai besok, hari Kamis (11/11). Pameran akan diselenggarakan selama 11 hari sampai dengan 21 November.

Sebuah pameran yang layak ditunggu karena sempat ditiadakan pada tahun lalu karena pandemi COVID-19. Wabah kesehatan Corona ini tak hanya memakan korban pameran otomotif nasional, melainkan juga secara global. Jadi tak heran, pada tahun 2021 ini, GIIAS sempat mengalami dua kali pemunduran jadwal.

Pameran akan berlokasi di tempat biasa yakni ICE di Bumi Serpong Damai (BSD) yang memiliki sampai 10 hall. Pabrikan mobil Top 5 di Indonesia bakal menyemarakkan show tersebut. Bahkan di antaranya bakal meluncurkan produk-produk baru, termasuk model World Premiere.

Misalnya, pabrikan Honda sendiri telah memproklamirkan bakal World Premiere model baru. Banyak kalangan memprediksi kemungkinan bakal merilis adik dari HR-V, yakni ZR-V. Mungkin ia bakal diposisikan di bawah HR-V di pasar nasional. Logis saja jika ZR-V dirilis di sini, untuk menyemarakkan pasar crossover kompak yang sudah diisi oleh Toyota dan Daihatsu lewat Raize dan Rocky. Pasar SUV/crossover kompak sangat menggiurkan di Tanah Air dan pabrikan Honda dan Toyota selalu terlibat adu bintang di domestik.

Suzuki S.Presso

Suzuki juga tak mau kalah. Ia bakal ikutan duel di kancah GIIAS 2021 dengan merilis dua mobil barunya. Dari sinyal-sinyal yang berpendar, kemungkinan mengarah pada Suzuki S.Presso dan Vitara Brezza. S.Presso ini memiliki dimensi yang lebih kecil dibanding XL7. SUV/crossover ini memiliki panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm dan tinggi 1.564 mm serta memiliki panjang wheelbase 2.380 mm dengan kapasitas 5 penumpang.

Untuk mesin, Suzuki S.Presso menggunakan kode K10B dengan kapasitas 998 cc yang menghasilkan tenaga 67 hp pada 5.500 rpm dan torsi 90 Nm pada 3.500 rpm.Transmisinya ditawarkan dengan teknologi AGS dan berpenggerak depan. Bagaimana dengan Vitara Brezza?

Vitara Brezza memiliki dimensi lebih besar disbanding S.Presso. Panjang 3.995 mm, lebar 1.7890 mm dan tinggi 1.640 mm dengan panjang wheelbase 2.500 mm.Soal mesin sudah mendekati rival-rival yang ada saat ini. mesin K15B ISG 1.462 cc 4 silinder dipasangkan dengan transmisi 5 AT menghasilkan tenaga 103 hp pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm.

Mitsubishi lewat PT Mitsubishi Motors Krama Yuda Sales Indonesia (MMKSI) juga sudah menyiapkan produk barunya. Dan kemarin ini sudah diluncurkan di Jakarta yakni Mitsubishi New Xpander. Daihatsu dan Toyota pun tak akan ketinggalan. Tiga pabrikan besar ini akan berlaga dalam ‘Perang Bintang’ untuk menyita perhatian publik sepanjang gelaran. Tentunya dengan menjagokan ragam kelebihan yang tersemat di model-model jagoannya.

Mitsubishi New Xpander

Nah tak lupa juga. Pabrikan yang sekarang sedang naik daun di pasar Indonesia, Hyundai, sudah menyiapkan jagoannya. Kemungkinan besar adalah Hyundai Creta karena brand asal Korea ini sudah mengeluarkan teaser SUV tersebut.

Udah ngak sabar kan? Ikutin terus berita dan artikel-artikel seputar GIIAS di Carvaganza. (EKA ZULKARNAIN)

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Toyota Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature