Fujifilm X-T4, Gambar Makin Halus Berkat Fitur IBIS

JAKARTA, Carvaganza.com – Perkembangan kamera mirrorless melaju dengan cepat. Fuji tak mau ketinggalan. PT Fujifilm Indonesia secara resmi meluncurkan kamera mirrorless Fuji X-T4. Berbagai penyempurnaan dilakukan dibandingkan model sebelumnya, yakni X-T3. Kamera ini juga diklaim sebagai seri X yang paling tinggi dengan kinerja pengambilan foto serta video terbaik. Salah satu keunggulan kameran ini adalah fitur In-Boddy Image Stabilization (IBIS). Fitur ini sebelumnya hanya ada di X-H1. IBIS merupakan teknologi yang dapat menghasilkan gambar lebih halus dan membuat gambar video yang sinematik. Nah, pada X-T4 ini, ukuran IBIS 5-axis ini lebih kecil dan ringan dibandingkan milik X-H1. Ia juga memiliki tingkat kompensasi mencapai 6,5 stop. X-T4 dibekali simulasi film baru bernama Eterna Bleach Bypass yang mampu menghasilkan gambar dengan saturasi rendah dan kontras tinggi. "X-T4 cocok untuk videographer profesional karena mampu menghasilkan film senimatik yang berkualitas," kata Aviccena N. Adhitama, Product Specialist Imaging Division Fujifilm Indonesia dalam siaran pers yang dikirimkan.

Foto 15 FPS

Fuji mengklaim banyak keunggulan yang dimiliki X-T4. Misalnya, kamera ini menawarkan mode foto sambung tercepat dengan 15 fps dalam keadaan post-view dan 8 fps pada keadaan live-view. Selain itu, pemotretan burst tanpa blackout mencapai 30fps. Mirrorless ini mampu merekam video berkualitas Full HD pada 240P dan menghasilkan 10x efek slowmotion. Fungsi Movie Optimized Control telah diperkenalkan di model ini. Pengguna dapat menyesuaikan eksposur dengan tombol perintah serta panel layar sentuh. Fungsi Fix Movie Crop Magnification memperbaiki laju pemangkasan video untuk mencegah perubahan sudut pandang saat beralih ke mode video yang berbeda. Urusan audio juga tak ketinggalan diperhatikan. MIC Jack Setting pada kamera dapat beralih level input antara level MIC dan level LINE. Kamera mendukung mikrofon eksternal serta input level LINE dari peralatan audio eksternal.

Layar Vari-Angle

Dari segi penampilan, desain serupa dengan saudaranya yakni X-T3. Tapi layarnya kini menggunakan jenis vari-angle yang bisa diputar ke berbagai arah, termasuk menghadap ke depan. Sebagai informasi, Fujifilm X-T4 ini juga disertai berbagai aksesoris opsional. Antara lain, pegangan baterai vertical VG-XT4 yang hanya untuk model X-T4, Baterai NP-W235 dengan kapasitas 1,5 kali lipat dari baterai NP-W126S, pengisi baterai ganda berkode BC-W235,shoe-mount flash EF-X8 dan kit penutup (cover) khusus X-T4. Rencananya, Fujifilm X-T4 mulai dipasarkan di Indonesia pada April 2020. Harganya dibanderol Rp 27 juta untuk body only. Sedangkan, kit dengan lensa XF18 55mm F2.8-4R LM OIS dijual sekitar Rp 33 juta. RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda