Fitur ADAS Kawal Kenyamanan dan Keamanan Pengguna Wuling Almas RS

Wuling Almaz RS

JAKARTA, Carvaganza -- Fitur keselamatan sepertinya kini jadi fokus para pabrikan. Para pabrikan di Indonesia melansir produk-produk yang sudah disemati perangkat keselamatan yang lengkap. Salah satunya Wuling yang hadir lewat Almaz RS. Yap, SUV ini sudah dilengkapi dengan inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). Ia dibagi dua bagian besar yaitu Internet of Vehicle (IoV) terkait entertainment dan Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang berkaitan dengan keselamatan.

ADAS merupakan sistem yang berisi berbagai fitur yang membantu mengurangi beban kerja pengemudi. Dengan demikian diharapkan bisa meningkatkan aspek keselamatan sekaligus kenyamanan. Sensor berupa radar dan kamera resolusi tinggi berperan sebagai indera tambahan untuk membaca kondisi lalu lintas dan situasi lingkungan sekitar. Setelah itu daya yang didapatkan akan diproses oleh sistem sehingga kendaraan memberi respon yang sesuai.

Wuling Almaz RS

Tak tanggung-tanggung, ADAS terdiri dari 12 fitur yang terbagi dalam 4 kategori yaitu Adaptive Cruise (4 fitur), Lane Recognition (2 fitur), Safe Distance & Braking Assistant (5 fitur), serta Automatic Light (1 fitur).

Penjelasan singkatnya, Adaptive Cruise yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA). Fungsinya menjaga jarak aman dan kecepatan dengan kendaraan di depannya.

Lalu kategori Lane Recognition yang meliputi Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA). Memperingatkan pengemudi jika keluar jalur tanpa dikehendaki.

Kemudian Safe Distance and Braking Assistance memiliki Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), dan Collision Mitigation System (CMS). Membantu memberikan peringatan dan melakukan pengereman otomatis jika dibutuhkan.

Terakhir ada Automatic Light yang meliputi Intelligent Head Beam Assistance (IHMA). Kendaraan secara otomatis menyesuaikan ketinggian cahaya lampu sesuai kondisi pencahayaan lingkungan sekitar.

Baca juga: Carvaganza Editor’s Choice Awards 2021: Teknologi Wuling Almaz RS Raih Best Innovation Award

Wuling Almaz RS

Dengan kata lain, fitur-fitur di atas membantu pengemudi menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Selain itu juga membantu pengereman secara maksimal ketika menghadapi situasi berbahaya. Pasalnya, kecelakaan memang seringkali terjadi karena kelengahan kita menjaga jarak dengan kendaraan lain di sekitar dan ketidaksigapan menghentikan laju kendaraan.

Meski dengan berbagai fitur pendukung, kunci tetap ada pada kewaspadaan pengemudi. Sony Susmana pendiri sekaligus Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan ADAS yang disematkan pada Almaz RS berguna untuk membantu pengemudi (driver assistance) agar berkendara lebih aman dan nyaman. ADAS dirancang untuk menyesuaikan kebutuhan pengemudi dengan kondisi lingkungan yang beragam, dan membantu pengemudi baik secara aktif maupun pasif untuk tetap berkendara secara aman dan nyaman.

"Fitur ini dirancang untuk membantu pengguna saat berkendara agar tetap aman dan nyaman, bukan merupakan fitur yang mengambil alih proses mengemudi dari pengguna sehingga pengemudi tetap harus selalu proaktif dan bertanggung jawab untuk keselamatan berkendara," kata Sony Susmana.

Fitur-fitur ADAS ini juga memiliki beberapa syarat dan batasan agar dapat aktif. Oleh karena itu, pengguna Almaz RS sangat perlu mempelajari dan memahami buku manual kendaraan sebelum berkendara. Untuk mengaktifkan fitur bantuan jelajah adaptif (adaptive cruise), misalnya, seluruh pintu harus tertutup rapat, pengemudi harus menggunakan sabuk pengaman, transmisi ada di posisi D, sistem ESC aktif, dan rem parkir tidak aktif.

Ignatius Raditya anggota Komunitas Wuling Almaz Indonesia dari Bekasi mengatakan, "Kecanggihan ADAS dan IoV pada Almaz RS ini memang luar biasa. Saya merasakannya dalam berkendara sehari-hari. Favorit saya merupakan Lane Recognition yang mana sangat membantu saya untuk selalu aware dengan marka jalan, serta memudahkan saya saat berkendara di jalan tol dan tentunya mendukung keselamatan berkendara."

Daftar Harga Wuling Almaz RS Series:

Tipe ">Harga OTR Jakarta ">
Subsidi OTR Wuling*
Almaz RS EX 5-seater ">Rp 365,800,000 ">Rp 350,800,000
Almaz RS EX 7-seater ">Rp 375,800,000 ">Rp 360,300,000
Almaz RS PRO 7-seater ">Rp 395,800,000 ">Rp 379,800,000

 

Baca juga: Wuling Tetap Beri Subsidi Pembelian Mobil di September, Ini Daftar Harga Lengkapnya

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature