Film vs Fakta, Seakurat Apa Film "Ford v Ferrari"?

JAKARTA, 19 November 2019 – Film “Ford v Ferrari” telah resmi tayang di bioskop-bioskop Indonesia sejak pekan lalu, menjadi film yang mengangkat kembali cerita dua pabrikan tersebut bersaing di lintasan balap. Namun seakurat apa penceritaan film tersebut dibandingkan kisah nyata dan faktanya?

Ternyata tidak semua yang diceritakan dalam film sesuai dengan kejadian sebenarnya pada tahun 1906-an lalu. Ada beberapa bagian dalam film yang direkayasa untuk menambah ‘bumbu’ cerita agar lebih menarik bagi penonton.

Seperti dipaparkan oleh WatchMojo melalui videonya, diungkaplah bagian cerita dalam Ford v Ferrari, baik yang sesuai maupun tidak seperti kisah aslinya. Yang pasti, antara film dan fakta sama-sama berlatar belakang keinginan Ford untuk menaklukkan dominasi Ferrari di balap Le Mans 24 Jam.

Spoiler Alert! Untuk Anda yang belum nonton film Ford v Ferrari, video berikut ini mengandung spoiler yang membocorkan isi film cukup detail.

Di antara detail film yang termasuk akurat dengan kejadian nyata adalah bahwa Ford memutuskan ikut Le Mans karena tersinggung dengan pernyataan Enzo Ferrari, saat usaha akuisisi pihak Ford ke Kuda Jingkrak ditolak mentah-mentah.

Sementara untuk bagian yang salah atau tidak sesuai dengan kenyataan, salah satunya adalah adegan saat Carroll Shelby membujuk Henry Ford II sampai menangis untuk menginzinkan Ken Miles ikut ke Le Mans, di dalam mobil Ford GT40.

Itu tadi beberapa dari total 10 hal yang benar dan tidak sesuai antara film dan kisah nyata dari Ford v Ferrari. Film arahan sutradara James Mangold tersebut diprediksi akan berjaya di Oscar, dibintangi oleh Matt Damon dan Christian Bale.

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda