Fakta Baru Kecelakaan Tol Pejagan KM 253, Bukan Cuma Gara-Gara Asap

Kecelakaan Tol Pejagan KM 253

JAKARTA, Carvaganza – Kecelakaan maut yang terjadi di KM 253 lintas tol Pejagan – Pemalang, Jawa Tengah, pada hari Minggu (18/9) lalu masih terus didalami oleh pihak kepolisian. Tercatat ada belasan kendaraan yang terlibat hingga mengakibatkan satu korban jiwa dan belasan lainnya mengalami luka-luka. Sejumlah fakta terbaru mulai diungkap oleh tim kepolisian setempat bahkan terdapat dugaan baru terkait penyebab kecelakaan beruntun tersebut.

Tidak hanya itu, sejumlah pihak mulai dari Gubernur Jawa Tengah hingga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pun mulai menyoroti kejadian nahas tersebut. Berikut ini kami hadirkan sejumlah fakta baru dari kecelakaan di KM 253 lintas tol Pejagan – Pemalang, Jawa Tengah.

1. Asap Penyebab Kecelakaan

Dugaan sementara penyebab kecelakaan di KM 253 tol Pejagan – Pemalang adalah adanya aktivitas pembakaran lahan pertanian oleh pengelola atau pun pekerja lahan. Lokasi ladang yang bersebalahan dengan jalan tol membuat asap hasil pembakaran tersebut menyelimuti kedua ruas jalan. Asap tersebut membuat visbilitas atau jarak pandang menjadi terbatas dan mengakibatkan sejumlah pengendara yang melintas tidak dapat melihat dengan jelas. Meski demikian, pihak kepolisian setempat saat ini masih mendalami apakah lahan pertanian tersebut sengaja dibakar atau ada unsur lain.

Kecelakaan Tol Pejagan KM 253 Foto: Suara Surabaya

2. Ada 13 Kendaraan Yang Terlibat Kecelakaan

Asap yang mengepung ruas jalan KM 253 tol Pejagan – Pemalang mengakibatkan kecelakaan yang melibatkan 13 mobil dan satu di antaranya merupakan truk box dengan muatan. Kendaraan tersebut sebagian besar mengalami kerusakan yang parah akibat kerasnya benturan. Bahkan salah satu kendaraan berkelir silver terlihat ringsek tergencet di antara minibus Toyota Innova dengan bagian buritan truk box.

Baca Juga: Pasar Berkembang, Masyarakat Banyak Beralih Pakai Kendaraan Listrik

3. Ada 1 Korban Jiwa dan 19 Orang Mengalami Luka Ringan

Kepolisian Daerah Jawa Tengah telah mengkonfirmasi terdapat 1 korban jiwa yang dipastikan merupakan anak dari Jaksa Agung Muda Intelejen (Jamintel) Kejaksaan Agung. Korban bernama Muhamad Singgih Andika berusia 23 tahun diketahui sebagai pengendara dari mobil Honda Civic B 27 SLI.

Hasil penyelidikan terakhir diduga korban meninggal akibat ditabrak oleh kendaraan lain dari arah belakang. Di samping itu, masih ada 19 korban luka-luka yang juga terlibat kecelakaan tersebut, beberapa di antaranya mengalami luka memar di bagian dada dan sakit pada bagian pinggang. Seluruh korban dilarikan ke dua Rumah Sakit yang berbeda yakni RS Bhakti Asih Brebes dan RS Mutiara Bunda Tanjung.

4. Ada Dugaan Lain Selain Asap

Seiring dengan berjalannya proses penyidikan oleh pihak kepolisian setempat, Kepala Badan Pengatuh Jalan Tol (BPJT) dari Kementerian PUPR, Danang Parikesit menduga ada penyebab lain. Salah satunya ialah kecepatan kendaraan yang melaju saat berada di jalan tol Pejagan – Pemalang. Namun Danang menyebut, pihaknya hingga kini masih menunggu hasil investigasi dari pihak Kepolisian dan KNKT.

Kepala BPJT juga menekankan kepada pihak pengelola jalan tol Pejagan – Pemalang untuk meningkatkan kamera CCTV pengawas batas kecepatan kendaraan di sejumlah titik. Hal tersebut dilakukan demi menekan angka kecelakaan yang juga disebabkan oleh pengendara yang melewati batas kecepatan yang seharusnya.

Kecelakaan Tol Pejagan KM 253 Foto: Tribun News

Selain itu, mengenai penyelesaian penggantian atas kerugian material dan imaterial yang terjadi oleh pengguna jalan tol, pihak BPJT meminat PT Pejagan Pemalang Tol Road dan Jasa Raharja mempercepat proses tersebut. Ia juga menekankan penggantian kerugian itu harus sesuai dengan aturan yang telah diterapkan dalam ketentuan dan perundang-undangan.
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: Mercedes-Benz Bicara Soal Mobil Presiden RI dan Paspampres Jadi Mobil Listrik

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature