Beranda Updates F1: Tahan Serangan Mercedes, Vettel Kuasai Podium GP Bahrain 2018

F1: Tahan Serangan Mercedes, Vettel Kuasai Podium GP Bahrain 2018

SAKHIR, 9 April 2018 – Kemenangan dua kali berturut-turut sukses diraih oleh Sebastian Vettel dalam membuka musim balap Formula 1 2018, dengan finish pertama di depan para pembalap Mercedes pada F1 2018 Gulf Air Bahrain Grand Prix, Minggu (8/4/2018). Posisi terdepan berhasil dipertahankan oleh Vettel sejak start hingga finish.

Pembalap Scuderia Ferrari tersebut telah menunjukkan kecepatan dominannya sejak sesi kualifikasi, di mana dirinya berhasil mengalahkan Kimi Raikkonen, rekan setimnya yang sempat tampil paling cepat sejak sesi Free Practice 2 sampai kualifikasi Q2.

Ferrari sendiri memulai balapan dari posisi 1 dan 2, yang kemudian gagal bertahan setelah tikungan pertama Bahrain International Circuit, Sakhir, karena Valtteri Bottas dari posisi ketiga berhasil menyalip Raikkonen saat start. Sementara Lewis Hamilton yang start dari posisi ke-9 akibat penalti ganti gearbox, harus berjuang lebih keras melalui beberpa pembalap di depannya.

Lap pembuka di Bahrain diwarnai dua insiden di mana Sergio Perez (Force India) tersenggol Brendon Hartley (Toro Rosso) melintir di tikungan 4. Pada lap berikutnya, Max Verstappen (Red Bull Racing) bersenggolan dengan Hamilton di tikungan 1, yang membuat ban Verstappen bocor seketika.

Insiden Verstappen tersebut disusul oleh rekan setimnya, Daniel Ricciardo yang tiba-tiba mesin mobilnya terhenti karena masalah kelistrikan. Mobil Ricciardo yang terhenti di pinggir trek memaksa marshal menerapkan periode virtual safety car selama dua lap.

Balapan kembali dimulai di awal lap 4, dan di pit straight menuji tikungan 1, Hamilton berhasil menyalip sekaligus Fernando Alonso, Nico Hulkenberg dan Esteban Ocon. Di awal lap 8, posisi keempat kemudian diraih Hamilton dengan menyalip Piere Gasly, setelah sebelumnya mengasapi Kevin Magnussen.

Di depan, Vettel yang telah menciptakan jarak 2 detik lebih dari Bottas kemudian melakukan pitstop di lap 19 untuk berganti ban dari kompon supersoft ke soft. Satu lap berikutnya, giliran Mercedes memanggil Bottas ke pit, untuk berganti kompon ban dari supersoft ke medium.

Peluang Ferrari meraih finish 1-2 harus hilang ketika pitstop kedua Raikkonen berujung bencana, saat terjadi kesalahan pada prosedur pitstop yang membuat cedera salah satu kru pit. Raikkonen sudah mendapat sinyal untuk tinggalkan pitbox ketika roda kiri belakang belum sempat diganti.

https://twitter.com/F1/status/983094706719502337

Dengan ban yang lebih lunak dan lebih aus, Vettel mulai dikejar oleh Bottas memasuki 10 lap terakhir dari total 57 lap. Hingga dua lap terakhir, Bottas pun sukses merapatkan jarak hingga kurang dari 1 detik.

Vettel kemudian berusaha keras bertahan dari serangan Bottas dengan bantuan DRS dan mesin Mercedes yang lebih kencang. Kesalahan kecil Bottas di tikungan 10 menutup peluangnya menggagalkan kemenangan kedua Vettel musim ini, keduanya finish hanya berjarak 0,699 detik. Vettel masuk finish dengan catatan waktu 1 jam 32 menit 01.940 detik.

Sementara Hamilton mengamankan posisi ketiga, Gasly mempersembahkan hasil finish terbaik untuk Toro Rosso lewat posisi keempat. Hasil tersebut juga menjadi posisi finish terbaik untuk mesin Honda di era V6 turbo hybrid.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Sosok Hypercar Misterius Bugatti Di Tes di Sirkuit

MOLSHEIM, Carvaganza.com – Selama lebih dari satu dekade terakhir, Bugatti dikenal sebagai pabrikan yang menetapkan rekor kecepatan tertinggi untuk sebuah mobil. Tampaknya, Bugatti tidak...

Toyota Jadi Brand Otomotif Paling Kesohor Di Dunia, Di atas BMW dan Mercedes

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Kita sudah bercokol cukup lama di dunia otomotif, tapi tahu kah apa brand mobil paling terkenal di dunia? Artinya, nama brand...

SPYSHOT: Susul Taycan, Porsche Macan Versi Listrik Mulai Diuji

STUTTGART, Carvaganza.com – Suksesnya Taycan sebagai pionir mobil full electric dari Porsche mendorong mereka semakin seriusi segmen baru ini. Salah satu strateginya adalah dengan...

Mengenal Fitur Keamanan Advanced Grip Control Peugeot 3008 dan 5008 SUV

JAKARTA, Carvaganza -- Musim hujan telah tiba. Memasuki musim penghujan, berarti menghadapi berbagai macam kondisi jalan yang sangat berbeda. Berbagai macam kondisi jalan di...
video

VIDEO: First Impressions Toyota Fortuner Facelift Versi Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Di tahun 2020 ini, akhirnya pasar Indonesia juga kebagian versi facelift dari Toyota Fortuner, yang resmi meluncur pada bulan Oktober. New...