Elon Musk Berencana Melepas Mayoritas Saham Tesla

PALO ALTO, 19 Juni 2018 – Setelah menjadi subyek berita kontroversial karena sepakat untuk tak menerima gaji atau kompensasi dari Tesla sampai mencapai target pada awal tahun ini, Elon Musk kembali melakukan langkah tak biasa. Di akun Twitternya, ia menyatakan akan menjual sebagian besar sahamnya di Tesla.

Sebelumnya Elon Musk sempat mengatakan bahwa ia akan menjadi “orang terakhir yang menjual saham Tesla.” Kemudian ia mengklarifikasi dengan menjelaskan rencananya untuk menjual sebagian besar sahamnya di Tesla pada 20 tahun mendatang. Tujuannya adalah membiayai ambisinya dalam mengirim manusia untuk tinggal di Mars melalui SpaceX.

Saat ini ia sudah menjual sebagian sahamnya di Tesla dengan nilai lebih dari US$100 juta untuk charity. Ia menyatakan di akun Twitter bahwa ia akan melakukannnya lagi secara periodic dalam beberapa tahun sekali. Pada 20 tahun mendatang, ketika Tesla sudah mapan, ia akan menjual sahamnya dalam jumlah besar.

Selama ini SpaceX melakukan pembiayaan sendiri dari bisnis peluncuran roket, internet dengan basis luar angkasa, dan transportasi roket di bumi. Tapi rencana untuk mengkolonisasi Mars butuh biaya besar.

Nilai saham Musk di Tesla pada 20 tahun mendatang – diperkirakan antara US$30 miliar sampai US$150 miliar – akan sangat membantu untuk mewujudkan ambisinya dengan SpaceX. Dan ketika Tesla sudah mapan, hilangnya mayoritas saham Musk di Tesla tentunya tak memiliki efek yang besar.

MIRAH PERTIWI

Artikel yang direkomendasikan untuk anda