Dukung Program Vaksinasi Covid-19, MMKSI Donasikan 3 Outlander PHEV

JAKARTA, Carvaganza -- Guna mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam melakukan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat secara bertahap, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) ikut memberikan kontribusi. Distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) itu mendonasikan 3 (tiga) unit Mitsubishi Outlander Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) kepada Kementerian Kesehatan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Palang Merah Indonesia (PMI).

Melalui penandatanganan nota kesepakatan secara terpisah, MMKSI dan ketiga pihak penerima donasi sepakat untuk menggunakan keunggulan dan fitur-fitur canggih pada model Outlander PHEV untuk digunakan dalam mendukung kegiatan kemanusiaan. Salah satunya untuk membantu menyalurkan vaksin Covid-19 yang memerlukan tenaga listrik dalam proses pendistribusiannya.

Penandatanganan kesepakatan tersebut akan diwakili oleh Presiden Direktur PT MMKSI Naoya Nakamura bersama dengan Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto. Rencana selanjutnya akan dilakukan penandatanganan dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan drg. Oscar Primadi, MPH dan Wakil Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Ginandjar Kartasasmita.

“Sektor kemanusiaan menjadi salah satu fokus komitmen kami, seperti halnya di masa pandemi ini, kami terus berperan aktif dalam memberikan dukungan untuk membantu proses pemulihan dampak Covid-19. Kali ini, PT MMKSI ingin berkontribusi untuk mengakselerasi program vaksinasi pemerintah, dengan menghibahkan Outlander PHEV kepada sejumlah instansi terkait. Diharapkan kemampuan discharging kendaraan ini dapat mengoptimalkan proses distribusi vaksin hingga ke daerah-daerah, serta memberikan dampak positif bagi kegiatan kemanusiaan lainnya,” Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI menjelaskan dalam keterangan resminya.

Donasi Mitsubishi PHEV

Penandatanganan surat hibah yang pertama dilakukan antara Presiden Direktur PT MMKSI Naoya Nakamura dengan Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto pada hari Rabu, 7 April 2021. Kementerian BUMN merupakan bagian dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, dalam operasional program penanggulangan Covid-19, seperti pelaksanaan vaksinasi, pendistribusian vaksin, dan peralatan medis.

"Terima kasih kepada PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia atas Hibah Mobil Listrik berjenis Mitsubishi Outlander PHEV ini. Mobil ini akan kami gunakan untuk mendukung kegiatan penanggulangan Covid-19. Selain itu, kendaraan ini juga akan dioptimalkan sebagai pendukung program kemanusiaan lainnya, seperti penanggulangan bencana, dan lain-lain," kata Susyanto, Sekretaris Kementerian BUMN.

Di sepanjang pandemi ini, MMKSI telah memberikan berbagai kontribusinya untuk Indonesia, di antaranya adalah donasi wastafel portable dan donasi masker kepada RSUD dan fasilitas kesehatan di Jabodetabek, serta donasi Mitsubishi L-300 kepada PMI, dan kegiatan penanggulangan Covid-19 lainnya menggunakan Outlander PHEV yang juga berkolaborasi dengan PMI. Selain berkaitan dengan pandemi, MMKSI juga telah memberikan bantuannya untuk para korban bencana alam yang terjadi di Sulawesi Barat, Jawa Barat, dan DKI Jakarta yang bekerjasama dengan beberapa lembaga pemerintah lainnya di tahun 2020-2021 ini. 

Mitsubishi Outlander PHEV

Spesifikasi

Mitsubishi Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) adalah mobil dengan performa yang dihasilkan kombinasi mesin konvensional bensin ditambah motor listrik yang menggunakan baterai. Hal ini, bagi konsumen Indonesia, masih baru. Varian Mitsubishi Outlander PHEV 2.4L ditenagai mesin bensin 4B12 2399cc DOHC MIVEC 4-silinder. Diklaim jantung pacu ini menghasilkan tenaga 128 ps @ 4.500 rpm dengan torsi 199 Nm @ 4.500 rpm. Dilengkapi dengan pilihan transmisi Variable Speed CVT.

Sebagai mobil hybrid, ia memanfaatkan dua motor penggerak utama. Di bagian depan memanfaatkan motor S61 82 PS, sementara Y61 95 PS menggerakkan roda belakang. Total tenaga seluruh drivetrain mencapai 239 ps. Sangat menjanjikan.

Metode pengisian daya baterai kendaraan listrik yang tepat merupakan bagian dari upaya perawatan baterai. Mobil yang menggunakan baterai tipe Li-ion seperti Outlander PHEV sebaiknya hindari parkir di lokasi bertemperatur tinggi atau terkena sinar matahari langsung. Pengguna juga disarankan menjaga kapasitas baterai pada persentase sedang dan menghindari kondisi baterai kosong serta tak disarankan menyimpan baterai dalam kondisi penuh untuk waktu lama.

Untuk pengisian dalam dilakukan diisi melalui sumber listrik eksternal baik itu listrik di rumah atau kantor. Jika memiliki mobil PHEV setidaknya daya listrik di rumah mencapai 3.600 watt. Perlu dicatat, daya 3.600 watt merupakan batas standar daya rumah dan hanya mempengaruhi di awal pengisian. Namun setelah itu, pengecasan akan lebih rendah dan konstan di 2.000 watt. (RAJU FEBRIAN)

Baca juga: Cara Mudah Merawat Mitsubishi Outlander PHEV, Tak Seribet yang Dibayangkan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda