Mitsubishi Pasang Target Penjualan Dua Kali Lipat di 2021

JAKARTA, Carvaganza -- Melempemnya penjualan otomotif sepanjang tahun 2020 lalu akibat pandemi Covid-19 dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar tak membuat PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kehilangan rasa optimismenya. Menghadapi 2021 ini, MMKSI memasang target penjualan hampir dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Pasar otomotif Tanah Air sepanjang tahun lalu memang terdampak hebat. Data Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia mencatat angka penjualan industri mobil pada 2020 mengalami turun 44,59 persen menjadi 578.762 unit dari angka 1,043 juta pada 2019.

Meski demikian memasuki tahun ini, MMKSI cukup pede. Apalagi model Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross) berkontribusi signifikan terhadap angka penjualan total MMKSI dan secara umum turut menjaga volume dan kontribusi di segmen small-MPV.

Selain itu, proyeksi dan target GAIKINDO untuk penjualan kendaraan tahun 2021 sebesar 750 ribu unit, serta ragam produk yang diluncurkan kompetitor untuk pasar Indonesia semakin memacu semangat dan MMKSI untuk berkompetisi dalam memberikan produk, layanan penjualan dan purna jual terbaik kepada konsumen.

"MMKSI terus tercapu untuk memberikan produk dan layanan terbaik kepada konsumen secara berkelanjutan pada keseluruhan proses kepemilikan kendaraan, serta berusaha untuk mencapai target penjualan. Berbagai capaian yang diraih MMKSI diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap industri otomotif, pertumbuhan ekonomi dan kepentingan masyarakat Indonesia secara luas," ungkap Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI dalam media gathering yang dilangsungkan Selasa (6/4/2021) siang.

Mitsubishi Xpander

Target dan Strategi 2021

Nakamura dengan tegas menyebutkan jika target sales unit yang ingin diraih MMKSI tahun ini adalah 90 ribu unit. Terdiri dari 60 ribu unit passenger car dan 30 unit di LCV. Cukup menarik karena sepanjang tahun lalu, kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia mencatat angka penjualan sebanyak 54,768 unit (Jan 2020 – Dec 2020).

Untuk lebih meningkatkan posisi brand Mitsubishi Motors di Indonesia, serta mencapai target penjualan tahun 2021, MMKSI akan mengimplementasikan berbagai aktifitas dan strategi.

Terkait peluncuran produk baru, meski tak mengungkapkan secara detail, MMKSI mengatakan telah mempersiapkan peluncuran beberapa produk baru dan penyegaran produk yang telah dikembangkan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Hal ini juga dilakukan agar MMKSI dapat memperkuat lini penjualan dan mencapai target yang telah ditetapkan.

Adapun pengembangan jaringan diler resmi dan fasilitas bodi & cat Mitsubishi Motors, MMKSI berencana untuk melanjutkan pengembangan jaringan diler resmi khusus kendaraan penumpang Mitsubishi Motors. Tahun ini akan ditambah 8 diler lagi sehingga menjadi 164 diler di akhir tahun fiskal 2021.

Fasilitas resmi Mitsubishi Bodi & Car juga ditargetkan meningkat pada akhir tahun fiskal 2021 menjadi total 23 fasilitas di seluruh Indonesia atau bertambah 3 fasiliras. Hal ini bertujuan untuk memudahkan konsumen untuk memperoleh layanan terbaik dengan standar Mitsubishi,” kata Eichiro Hamazaki, Director of After Sales PT MMKSI.

Mitsubishi Gathering

Rekap 2020

Sepanjang tahun lalu, Mitsubishi mencatat penjualan sebanyak 54,768 unit yang terdiri dari penjualan model kendaraan penumpang 34.504 unit (Xpander, Xpander Cross, Pajero Sport, Eclipse Cross, Outlander PHEV), terkoreksi 57,2% dari tahun sebelumnya. Adapun capaian penjualan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia sebanyak 20.264 unit (Triton, L300 dan T-120SS) terkoreksi 47% dibandingkan tahun 2019.

Jika dirinci maka penjualan Xpander (14.301 unit), Xpander Cross (11.267 unit), Pajero Sport 4x2 (8.024 unit), Pajero Sport 4x4 (599 unit), Eclipse Cross (2712 unit), Outlander PHEV (9 unit). Adapun capaian Triton 4x4 (5.105 unit), Triton 4x2 (172 unit), dan L300 (14.986 unit).

"Secara total, angka penjualan kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia terkoreksi 55.4%. Beberapa model kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors berhasil menjaga posisi pasar dan mampu meredam penurunan drastis di penjualan di masing-masing segmen,” kata Irwan Kuncoro, Sales and Marketing Director PT MMKSI dalam presentasinya.

Meski demikian beberapa model Mitsubishi mampu menjadi pemimpin di segmennya seperti Xpander (termasuk Xpander Cross) meraih pangsa pasar 24,1 persen di segmen small-MPV. L300 menjadi pemimpin pasar di kelas Pick-Up & Van Small dengan pangsa pasar 60.6 persen, Triton menjadi pemimpin segmen di kelas 4x4 dengan pangsa pasar 53,6 persen, dan Pajero Sport menjadi pemimpin segmen di kelas 4x4 dengan pangsa pasar 53,2 persen. (RAJU FEBRIAN)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda