Beranda Updates Desain Honda City Hatchback Bocor, Calon Jazz Baru?

Desain Honda City Hatchback Bocor, Calon Jazz Baru?

BANGKOK. Carvaganza.com — Honda meluncurkan City generasi terbaru pada akhir tahun lalu di Thailand. Belakangan muncul bocoran gambar paten desain yang menunjukkan mobil berwajah mirip City terbaru tersebut, tapi tanpa ekor. Diduga kuat ini adalah desain City hatchback.

Menurut bocoran yang didapat Autoindustriya, ada kode nama City 5D. Kode ini merujuk pada City 5 Door (lima pintu) meski kita tahu City adalah sebuah sedan. Sebutan 5 door umum dikenal dengan hatchback atau versi hatchback. Seperti yang dilakukan pada Jazz 5D atau Fit 5D. Sehingga diduga kuat gambar yang beredar merupakan rencana untuk City 5D itu.

Kabar lain menyebutkan, mobil itu bakal dibuat di pabrik Thailand mulai kuartal 4 tahun ini. Kendati begitu, keran informasi lain masih belum terbuka. Bisa jadi paten desain itu bakal menyandang nama City hatchback seperti yang dilakukan ketika Honda melansir City JDM pada 1980-an. Atau, bisa juga ini adalah Jazz generasi terbaru untuk pasar tertentu?

Jika kita lihat, gambar tersebut menujukkan dari bagian depan sampai ke pilar-B di tengah identik dengan City. Tapi bagian belakangnya jelas berbeda.

Tampilan

Pintu belakang gambar ini berbeda dari City sedan yang meluncur November tahun lalu. Bagian atap terlihat lebih panjang. Gambar tampak belakang juga ada, menunjukkan tail light, spoiler atas, bumper dan antena shark fin. Sedang proporsi samping, City hathcback seperti lebih panjang. Ini bisa dilihat dari wheelbase dan sedikit overhang di buritan.

Pertanyaan mengenai apakah ini Jazz baru cukup masuk akal. Mengingat Jazz dan Fit belakangan dibuat dengan entitas terpisah. Fit, yang dikenal sebagai kembaran Jazz, terbaru sudah dijual di Jepang. Ia menampilkan profil yang jauh berbeda dibandingkan Jazz ang kita kenal saat ini. Baik dari sisi tampilan maupun mesin yang diusung.

Di beberapa negara, Honda tak ingin menjadikan Fit baru ini berbaju Jazz. Seperti PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai pemegang merek Honda di Indonesia, tidak berencana memboyong Fit dan melabelinya dengan Jazz. Yusak Billy, Business Innovation and Sales Marketing Director HPM pernah berujar, Fit kurang cocok dijadikan Jazz di sini. Desainnya dirasa kurang merepresentasikan nilai sporty yang biasanya melekat pada Jazz.

Penggunaan Mesin

Yusak juga menyinggung kemungkinan Jazz di Indonesia dibangun berbeda dari sebelumnya. Artinya, tak lagi jadi kembaran Fit. Sehingga cukup masuk akal kalau membangun Jazz baru menggunakan platform City. Keduanya mirip dan di Indonesia sama-sama menggendong mesin 1,5 liter i-VTEC.

Di Jepang, jantung mekanis City terbaru cukup unik, 3-silinder 1.0 liter turbo. Meski kapasitas kecil namun tenaganya 122 PS, setara dengan yang biasa keluar dari mesin 4-silinder 1.500 cc. Sedang torsinya 172 Nm yang bisa diadu dengan mobil bermesin 1.800 cc. Namun, jantung mekanis itu tak selalu cocok dengan karakter pasar di luar Thailand, seperti Indonesia.

So, banyak peluang yang bisa terjadi. HPM bisa membawanya sebagai City hatchback atau memakai nameplat Jazz dengan platform City. Kita nantikan saja kabar baiknya.

Baca juga: Desain Honda City Hatchback Terkuak, Bakal Jadi Jazz Baru di Indonesia?

ARDIANTOMI | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto