Beranda New Cars Cuma Kosmetik Doang? Begini Penyempurnaan di Toyota New Yaris

Cuma Kosmetik Doang? Begini Penyempurnaan di Toyota New Yaris

JAKARTA, 21 Februari 2017 – Persaingan segmen hatchback memang tidak sepanas multi purpose vehicle (MPV) atau sport utility vehicle (SUV). Meski demikian, PT toyota Astra Motor (TAM) tetap tak melupakan segmen ini. Mereka meluncurkan andalan barunya, Toyota New Yaris dalam sebuah acara di Jakarta, Selasa, 20 Februari 2018 kemarin.

Toyota New Yaris kini memiliki penampilan yang lebih segar, namun memang tidak mengusung mesin baru seperti yang saya singgung pada tulisan sebelumnya. Mobil ini masih mengusung mesin lama 2NR-FE 1.5 liter yang mampu menghasilkan tenaga 105 hp dan torsi maksimal 140 Nm. Meski demikian, pabrikan melakukan sejumlah penyempurnaan di sektor-sektor lain untuk meningkatkan kenyamanan penumpang.

Toyota New Yaris ini diluncurkan dalam tiga varian yaitu TRD Sportivo sebagai tipe tertinggi, G  dan E yang masing-masing dilengkapi transmisi otomatis (CVT) dan manual 5-kecepatan. Untuk segmen pasar, menyasar konsumen tidak jauh dari versi sebelumnya yakni kalangan muda atau pun kalangan yang memiliki jiwa dinamis.

Lantas apa saja penyempurnaan-penyempurnaan yang diaplikasi pada mobil ini?

EKSTERIOR

Menurut Akira Akamatsu, Deputi Chief Engineer Toyota Yaris, penyempurnaan pada eksterior difokuskan agar mobil terlihat lebih sporty sehingga tampilan betul-betul berubah dibandingkan Yaris sebelumnya. Misalnya di atas kap mesin terdapat dua garis yang tegas menonjol atau disebut dome dan pada bagian samping kiri dan kanan kap mesin (hood) dibuatkan shoulder.

Kesan sporty juga terlihat pada front grille berwarna hitam (black piano) yang dibuat menyatu dengan lampu utama DRL (Daytime Running Light). Desain foglamp juga berubah dengan aksen hitam memanjang ke samping. Khusus pada varian TRD Sportivo mendapat sentuhan red lining accent pada bumper spoiler sekaligus menjadi special signature tipe tertinggi ini.

Bagian body samping juga mendapatkan garis tegas yang memanjang dari pintu depan sampai belakang dan area pilar belakang mengambil tema desain floating roof sehingga mobil terkesan melandai dan tentunya bisa menambah level aerodinamika mobil. Pada bagian belakang untuk semua tipe juga terpasang spoiler, sedngkan untuk varian TRD Sportivo dilengkapi stiker TRD dan TRD side skirt.

Desain lampu belakang juga berubah dengan alur horizontal dan berlapis sehingga memberikan efek lebar pada tampilan belakang. New Yaris ini mengadopsi velg alloy 16 inci.

INTERIOR

Pabrikan melakukan perubahan besar pada interior dengan layout dashboard baru yang lebih sporty. Signature pada bagian ini adalah bagian tengah dashboard dibuat menonjol ke depan yang oleh pabrikan dinamai dengan  desain gelombang selancar (surf wave). Agar kabin terlihat terang dan elegan, dashboard dan konsol tengah mendapat aksen silver.

Sentuhan sporty semakin kental dengan jok bucket dan sentuhan jahitan jok warna hitam. Jahitan pun dibuat menonjol dengan benang warna merah. Jahitan ini terdapat pada konsol tengah, jok depan dan trim keempat pintu. Interior Yaris didukung oleh sistem infotainment HD Display yang terkoneksi dengan Bluetooth,USB dan AUX. Khusus untuk tipe G dan TRD Sportivo dilengkapi iPod ready, Miracast, weblink dan internet. Untuk model Yaris TRD Sportivo juga dilengkapi dua mode pengendaraan; ECO dan Sport.

HARGA

Meski nama lama, Toyota Yaris harus bersaing ketat dengan pesaing utamanya, Honda Jazz yang merajai segmen pada tahun 2017 lalu. Selain itu juga ada Mazda2, Hyundai i20, Kia Rio, dan Suzuki Baleno.

Toyota menambah value mobil ini dalam hal safety. Toyota New Yaris anyar ini dilengkapi dengan 7 SRS Airbag, Vehicle Stability Control (VSC) sehingga mobil menjadi lebih stabil, Hill-Start Assist (HSA), Emergency Brake Signal (khusus pada TRD Sportivo) serta pengereman ABS, EBD dan BA.

Toyota Yaris terbaru ini punya enam varian. Berikut varian dan daftar harga New Yaris:

– New Yaris TRD Sportivo CVT: Rp 275.900.000
– New Yaris TRD Sportivo MT: 264.100.000
– New Yaris G CVT: 254.700.000
– New Yaris G MT: 243.700.000
– New Yaris E CVT: 247.200.000
– New Yaris E MT 235.400.000

Spesifikasi

Layout kendaraan: Hatchback, mesin depan, 4 pintu, 5 penumpang, FWD
Mesin: I-4 16 valve DOHC dual VVT-I 1.5L / 105 hp @ 6000 rpm / 140 Nm @ 4200 rpm
Transmisi: M/T 5-kecepatan; CVT
PxLxT4145 x 1730 x 1500 mm
Wheelbase: 2550 mm
Ban: 195/50R16
Rekomendasi BBM: RON 92

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Membandingkan Harga Mobil Kepresidenan Dengan Mobil Terlaris Di Negaranya. Berapa Harga Mobil Dinas Jokowi?

Mobil kepresidenan sering diidentikkan sebagai mobil paling aman. Makanya mobil-mobil ini dilindungi sejumlah fitur keselamatan termutakhir sampai fitur anti peluru. Tak aneh kalau harganya...
video

VIDEO: Test Drive Hyundai Ioniq Electric, Mobil Listrik Asik

JAKARTA, Carvaganza.com – Hyundai sebagai pabrikan asal Korea Selatan tidak ingin ketinggalan untuk ikut meramaikan tren mobil listrik di Indonesia. Tahun 2020 ini, Hyundai...

Belum Resmi Dijual, Mercedes Maybach GLS600 Sudah Sampai Ke Tangan Ludacris

Sudah bukan rahasia lagi, Ludacris sangat gemar mengoleksi mobil. Garasi rumah selebriti pemegang paspor Gabon dan Amerika Serikat itu dihuni mobil-mobil mewah seperti Lamborghini,...

Xpander Rally Team Siap Terjun di Kejuaraan Sprint Rally di Meikarta

JAKARTA, Carvaganza -- Xpander Rally Team (XRT) menyambut optimis pelaksanaan Meikarta Sprint Rally Drifting & Slalom Series 2020 yang akan diadakan di Meikarta, Cikarang,...

Hennessey VelociRaptor V8 Bronco, Predator Purba Bertenaga 758 HP

Kalau di Indonesia sekarang lagi ramai membicarakan Suzuki Jimny generasi terbaru. Kuota terbatas membuat mobil ini diburu para kolektor dan penggemar mobil bergaya offroad....