BMW iX Series Diluncurkan, Tawarkan Banyak Fitur Inovatif

JAKARTA, Carvaganza – Jajaran SUV (Sport Utililty Vehicle) listrik BMW akhirnya memasuki tahap akhir dan segera diproduksi pada tahun ini. BMW iX akan menghadirkan dua varian yakni BMW iX xDrive40 dan BMW iX xDrive50 yang memiliki kemampuan jelajah sejauh 600 km. BMW iX menawarkan platform baru dengan konstruksi desain yang juga lebih segar. BMW Group akan membangun keluarga iX series secara eksklusif di Dingolfing, Jerman.

Dua motor listrik yang menggerakan seluruh roda BMW iX xDrive40 disuplai dari baterai berkapasitas 70 kWh. Dengan daya tersebut iX xDrive40 akan menghasilkan tenaga 300 hp dan mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 6 detik. Sedangkan varian xDrive50 diklaim memiliki tenaga maksimal hingga 500 hp yang memungkinkan mobil ini berakselerasi dari posisi diam sampai kecepatan 100 km/jam kurang dari 5 detik. Tenaga tersebut bersumber dari baterai berkapasitas 100 kWh dan bahkan memiliki jarak tempuh hingga 600 km.

BMW iX Series

BMW iX juga akan menjadi pelopor dalam menghadirkan eksterior yang minimalis dengan sentuhan modern untuk keluarga BMW di masa depan. Salah satunya adalah penggunaan grille baru berukuran besar dengan sensor panel, kamera dan teknologi radar di dalamnya untuk mendukung fitur keselamatan berkendara.

Dimensi BMW iX series sepanjang BMW X5. Namun memiliki tinggi seperti BMW X6. Hebatnya lagi, jarak sumbu rodanya setara BMW X7. BMW iX series bisa menjadi spesies baru dalam jajaran SUV BMW bertenaga listrik. Di dalamnya, BMW iX juga menawarkan ruang kabin yang lapang dengan material berkualitas dengan instrument panel yang lebih ringkas, serta desain jok baru yang terintegritas dengan head restraints. Berbeda dengan model X-Series lainnya, BMW iX akan dibekali dengan panoramic glass roof yang lebih besar.

BMW iX Series

Pada sektor fitur hiburan dan pengendaraan, BMW iX menawarkan sistem operasi iDrive terbaru versi 8. Layanan hiburannya akan tersedia pada layar kurva berukuran 14,9 inci di sepanjang dashboard yang dapat dioperasikan dengan perintah suara dan layar sentuh. Meski tidak ada lagi tombol-tombol di dashboard untuk mengoperasikan sistem multimedianya ini, namun pada konsol tengahnya tetap tersedia knob putar khas iDrive. Sedangkan dibalik kemudinya, BMW iX series akan dibekali layar cluster meter berukuran 12,3 inci digital.

BMW iX Series

Lingkar kemudi BMW iX series didesain dengan bentuk hexagonal yang terinpirasi dari mobil balap dengan peningkatan pada kemampuan gripnya. Tersedia pula tombol pengaturan dan fitur penghangat yang dapat diatur tiga level.

BMW iX series juga menawarkan kemampuan pengisian daya baterai yang lebih cepat. Saat menggunakan model DC yang bisa mencapai 200 kW, iX series hanya membutuhkan waktu 40 menit untuk mengisi daya hingga 80 persen. Sedangkan pada varian xDrive50 hanya membutuhkan 30 menit untuk mencapai kemampuan daya tempuh hingga 120 km. ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda