Beredar Render Honda Type R 2022, Tampilannya Sedikit Berubah

LONDON, carvaganza.com – Honda Type R adalah salah satu model pabrikan Jepang yang paling fenomenal. Dalam beberapa momen, Type R Berjaya di balapan Nurburgring 24 Hours, jadi official safety car WTCR dan sejumlah momen prestasi lainnya. Tak heran kalau kehadirannya selalu ditunggu.

Belum lama ini, Civic XI Forum membuat render Honda Civic Type R model tahun 2022 yang cukup mengejutkan banyak orang. Nah render itu berdasarkan foto-foto patent yang bocor ke publik bulan lalu dan hasil spy shoot yang didapat minggu lalu. Render Civic XI forum itu cukup bikin geger Honda enthusiast.

Tapi ternyata, secara desain tampilan hasil renderan itu ngak terlalu bikin kaget. Tak ada perubahan dramatis yang membuat Honda Type R menjadi sesuatu yang lebih. Pasalnya Honda tetap melanjutkan pendekatan desain evolusioner. Artinya, Type R yang baru nantinya akan mengikuti trend ini kalau kita melihatnya dari hasil renderan itu.



Tak terlihat faktor Wow atau liar dalam hal desain. Namun cukup bikin adem para pecinta fast hatchback karena bodinya terlihat lebih lebar dan lebih rendah dibandingkan model yang sekarang. Secara keseluruhan sih, terlihat oke dan sesuai dugaan. Yang mungkin agak kurang kami suka adalah layout empat lubang knalpot di belakang yang posisinya diletakkan di tengah. Bisa jadi layout baru itu adalah evolusi dari setingan tiga knalpot Type R yang sekarang, tapi dalam hal desain sepertinya dirasa kurang pas.

Carvaganza juga melihatnya seperti itu. Dalam hal desain kurang presisi dan jatuhnya terlihat kurang menarik. Meskipun persoalan desain sebetulnya debatable dan bersifat sangat subyektif.

Perubahan pada eksterior boleh dibilang biasa saja. Ubahan paling menarik justru di balik kap mesin. Gosipnya, hot hatch ini bakal mengadopsi sistem hybrid dengan penggerak dua motor listrik plus mesin bensin turbo 2.0 liter. Tenaga yang dilansir kisaran 400 hp (298 kilowatt). Girboks yang dipakai mungkin manual karena akan melanjutkan heritage Type R. Tapi bisa juga nanti ada opsi girboks otomatis.



Untuk bagian interior, pabrikan melakukan rework pada layout panel instrument. Misalnya, sistem infotainment display sentuh diposisikan di bagian paling atas dashboard. Pada bagian bawah display terdapat ventilasi heating, ventilation dan AC (HVAC). Lantas di bagian atasnya terdapat pengaturan suhu dan juga tombol pengaturan infotainment. Pada bagian bawahnya terdapat lubang besar yang ukurannya sebesar tempat penyimpanan. Posisinya di depan tempat transmisi. Nah, sepertinya juga terdapat tempat charging USB.

Lantas kapan debutnya? Dijadwalkan musim semi depan.

EKA ZULKARNAIN

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda