Beranda New Cars Begini Wujud Asli Yaris Cross, SUV Baru Termurah Toyota

Begini Wujud Asli Yaris Cross, SUV Baru Termurah Toyota

TOKYO, Carvaganza.com – Beberapa waktu lalu baru saja resmi meluncur Toyota Yaris Cross, versi crossover dari Yaris generasi terbaru. Peluncuran via virtual atau online tidak menunjukkan detail sosok Yaris Cross yang diposisikan menjadi ‘adik’ dari C-HR.

Tidak lama kemudian beredar sejumlah foto Yaris Cross versi nyata, di alam terbuka dan tanpa kamuflase sama sekali. Mulai dari eksterior sampai interior Yaris Cross bisa dilihat lebih jelas dan nyata pada rangkaian foto ini.

Unit Yaris Cross berwarna putih itu tampak sedang dipajang di sebuah sudut kota, di atas rumput, dengan posisi seakan ‘pamer’ ketangguhannya sebagai SUV. Kuat diduga lokasi foto diambil adalah di Jepang.

SUV terbaru dan termurah dari Toyota itu dibangun atas platform TNGA-B, platform yang dipakai juga oleh Yaris Hatchback terbaru. Artinya, ini adalah generasi pertama Yaris yang dibangun menggunakan platform TNGA alias Toyota New Global Architecture.

Secara dimensi, Yaris Cross memiliki komposisi panjang 4.180 mm, lebar 1.765 mm dan tinggi 1.560 mm, berikut wheelbase 560 mm. Dimensi tersebut membuat sebanding dengan SUV entry level asal Jerman, yaitu Volkswagen T-Cross. Sementara informasi soal ground clearance tidak diungkap sejauh ini.

Lebih Kekar

Bicara soal wujud Yaris Cross, terlihat tampilan body menjadi lebih kekar dan berotot pada versi crossover ini. Fascia depan dengan bentuk lampu sama seperti hatchback, namun bumper depannya lebih padat, didukung oleh fender yang boxy dan lebar.

Garis dan lekukan tegas dan boxy tentunya teraplikasi juga ke sisi belakang. Lampu belakang yang lebih lebar dihubungkan oleh garnish pada pintu bagasi. Bumper belakang menadapat aksen dua warna, dengan panel hitam di sisi bawah khas SUV.

Beberapa fitur yang terlihat pada foto di antaranya velg alloy 18 inci, lampu LED di depan dan belakang, dan layar sentuh 8 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Layout dashboard pada interior kurang lebih sama seperti Yaris versi hatchback.

Pilihan Mesin

Untuk powertrain, Yaris Cross punya pilihan varian mesin bensin dan hybrid. Mesin bensin M15A-FKS 1.5 liter tiga silinder punya tenaga 118 hp dan torsi 145 Nm. Sementara varian hybrid menggabungkan mesin tadi dengan motor listrik 1NM untuk FWD dan 1MM untuk versi AWD.

Yaris Cross versi FWD punya pilihan transmisi manual 6-speed dan CVT, sementara versi hybrid menggunakan e-CVT. Di sisi lain, versi AWD menggunakan CVT pada mesin bensin dan e-CVT untuk versi hybrid.

Toyota akan melakukan produksi Yaris Cross berpusat di TMMF (Toyota Motor Manufacturing Factory) di Onnaing, Perancis dan Toyota Motor East Japan di Iwate. Jepang menjadi negara pertama dipasarkannya mobil ini mulai September, sementara Eropa menusul pada 2021.

Sumber: Indianautosblog

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto