Bedah Spesifikasi Toyota Raize, Harga Rp 200 Jutaan Rasa Rp 500 Jutaan

JAKARTA, Carvaganza – Toyota Raize akhirnya diluncurkan di Indonesia bersamaan dengan saudara kembarnya Daihatsu Rocky yang sama-sama mengisi segmen Low SUV. Keduanya dibekali dengan pilihan mesin 3 silinder 1,0 liter turbo dengan transmisi manual dan otomatis CVT. Tersedia enam pilihan varian dengan berbagai sajian fitur menarik di dalamnya mulai dari layanan hiburan hingga pada peranti keselamatan atau yang dikenal sebagai Toyota Safety Sensing (TSS). 

Varian Toyota Raize yang dipasarkan di Indonesia di antaranya adalah Raize 1.2 G M/T dan 1.2 GCVT, Raize 1.0 Turbo G M/T, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo GR Sport CVT, dan Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS.

Toyota Raize

Eksterior

Toyota Raize memiliki desain eksterior yang menegaskan kesan SUV sporty dengan penggunaan bumper trapezoidal yang menyiku tajam dan agresif di depan. Selain itu terdapat lampu iluminasi pada headlampnya dengan lampu siang hari (DRL) dan lampu sein yang sudah menggunakan sistem Sequential Turn Lamp.  Untuk Toyota Raize tipe 1.0T menggunakan velg berukuran 17 inci, sementara tipe 1.2 menggunakan velg 16 inci. 

Seluruh varian 1.0T memiliki opsi warna bodi two tone yang unik dan atraktif serta velg alloy yang memiliki pilihan warna single tone, sedangkan pada tipe 1.0T G memiliki warna Silver Dual Tone. Dan untuk varian teratas 1.0T GR Sport dan 1.0T GR Sport TSS mendapatkan warna Elegant Full-Black dengan konsep yang lebih menjonjol dan sporty. Pada varian ini pula aksen chrome menghiasi seluruh handle pintu Toyota Raize demi meningkatkan kesan mewah dan elegan.

Toyota Raize

Sedangkan untuk eksterior pada Toyota Raize 1.0T GR Sport dan Sport TSS terdapat penambahan aero kit di beberapa bagian demi menegaskan sentuhan Gazoo Racing pada Raize. Di bagian depan terdapat aero kit tambahan di area bumper depan dan belakang. Serta terdapat side skirt yang membentang di bagian samping Raize dan berfungsi untuk mengoptimalkan tingkat aerodinamika kendaraan. Lampu utama dengan DRL juga sudah terintegrasi dengan lampu sein sequential LED. 

Lampu utama pada Toyota Raize tipe GR Sport ini juga dibekali dengan Perceptive Auto Headlight di mana lampu utama Toyota Raize dapat mengatur tingkat penerangan berdasarkan kondisi jalan.

Toyota Raize

Interior

Pada bagian interiornya, Toyota Raize memiliki tata letak kabin yang stylish dan modern diperkaya oleh fitur terkini seperti AC dengan display digital yang tersedia di seluruh tipe dan varian. Kemudian pada layanan hiburannya terdapat layar sentuh berukuran 9 inci yang sudah terintegrasi dengan smartphone dan berbagai menu mulai dari pemutar musik hingga layanan T-Link. Selain itu pada layanan hiburan tersebut terdapat pula fitur Personal Reminder yang dapat digunakan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil/genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya.

Untuk varian GR Sport ada beberapa perbedaan layout dan material di interiornya salah satunya adalah jok supportive yang dibungkus dengan material kombinasi kulit dan fabric. Kontrol AC digital yang terdapat di seluruh varian pada GR Sport ditambahkan fitur Adaptable Auto AC agar dapat mengatur suhu kabin lebih presisi dan efektif. Pada lingkar kemudi yang dibalut dengan material kulit terdapat paddle shift yang memberikan pengalaman berbeda dan hanya tersedia pada varian GR Sport. Tersedia pula Power Mode pada transmisi CVT yang menawarkan perpindahan transmisi yang lebih responsif. 

Toyota Raize

Performa

Mesin 1KR-VET berkonfigurasi 1,0 liter turbo 3 silinder segaris dipasang di varian ini. Resultan pembakaran piston ganjil memberi tenaga 98 PS pada 6.000 rpm. Kemudian momen puntir maksimal diraih 140 Nm yang sudah tersedia mulai putaran 2.400 – 4.000 rpm. Tenaga dan torsi tersebut dialirkan melalui dua pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis CVT. 

Sedangkan untuk model dengan pilihan mesin 3-silinder 1,2-liter TAM masih belum merilis angka pasti karena jalur produksinya baru dimulai pada semester kedua 2021. 

Namun beberapa literatur menyebutkan bahwa Toyota Raize dengan mesin 1,2 liter akan dibekali dengan teknologi Dual VVT-i dengan kapasitas mesin 1.198cc. Mesin tersebut akan memuntahkan tenaga 86 hp dan torsi maksimal yang mencapai 112 Nm. Senada dengan mesin turbo, pada varian 1,2 liter ini juga akan dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT atau manual 5-percepatan. 

Fitur

Toyota Raize sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer. 

Pada semua varian dan tipe Raize juga sudah dibekali dengan Auto Retractable Mirror Convenient, Smart Entry with Push Start Button, Keyless Car Door, dan Start Engine Button. Sedangkan tampilan layar MID di seluruh varian Raize juga sudah menggunakan layar TFT berukuran 7 inci dengan display diatur dengan empat mode tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog.

Selain untuk tipe 1.2 G, 1.0T G dan 1.0T GR Sport dilengkapi dual airbags, sementara tipe 1.0T GR Sport TSS terdapat airbag enam titik di hampir seluruh sudut kabin kendaraan, pada tipe ini pula terdapat fitur Toyota Safety Sense. 

Toyota Raize

Peranti tersebut menghadirkan beberapa fitur keselamatan aktif seperti Pre Collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Misoperation Control, Rear Cross Traffic Alert dan Blind Spot Monitoring. 

Berikut detail dan spesifikasi tentang Toyota Safety Sensing yang tersedia pada Raize tipe 1.0T GR Sport TSS.

1. Pre-Collision System

Peranti ini mengandalkan sensor radar dan kamera untuk mendeteksi obyek di depan mobil dan jika sistem ini melihat adanya kemungkinan tabrakan, PCS akan memperingatkan pengemudi sehingga dapat melakukan manuver menghindar. Bahkan pada kondisi yang lebih berbahaya sistem akan secara otomatis melakukan pengereman untuk menghindari kecelakaan.

2. Adaptive Cruise Control

Fitur ini biasanya tersedia pada kendaraan dengan segmen yang lebih tinggi dan peranti Adaptive Cruise Control (ACC) merupakan pengembangan dari fitur cruise control. Dengan fitur ACC, kendaraan secara otomatis dapat memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman dengannya. 

Sistem tersebut memanfaatkan kamera di depan dan memperhitungkan dimensi kendaraan termasuk membaca marka jalan. Apabila kendaraan di depan melakukan pengereman mendadak, sistem secara otomatis akan mengurangi kecepatan atau bahkan melakukan pengereman.

Toyota Raize

3. Lane Departure Alert with Steering Control

Fitur ini secara aktif membaca marka jalan untuk menjaga kendaraan tetap pada lajur aman dan jika kendaraan keluar jalur dan berpotensi kecelakaan LDA akan mengoreksi posisi kemudi ke posisi normal. Fitur LDA dan ACC cocok digunakan saat melakukan perjalanan jauh agar menjaga pengemudi dari risiko kelelahan di perjalanan.

4. Rear Cross Traffic Alert & Blind Spot Monitor

Rear Cross Traffic Allert (RCTA) dan Blind Spot Monitor (BSM) mendeteksi kendaraan atau obyek lain yang mendekat menggunakan sensor radar, untuk selanjutnya memperingatkan pengemudi dengan suara dan konfirmasi visual.

5. Pedal Misoperation Control

Fitur Pedal Misoperation Control (PMC) memungkinkan pengaturan fungsi untuk mengurangi jumlah kecelakaan dengan mengendalikan kecepatan mobil walaupun tidak ada penghalang. Sistem akan menyalakan alarm peringatan dan membatasi distribusi tenaga sehingga laju mobil tertahan saat diyakini ada kesalahan dalam menekan pedal gas. 

PT TAM membanderol All New Toyota Raize mulai dari Rp 219,9 Juta – Rp 265,9 Juta. Tergantung pada varian dan tipenya. Harga tersebut sudah termasuk dengan “santunan” PPnBM 0% yang diberikan secara khusus untuk mendongkrak penjualan otomotif di tengah masa pandemi COVID-19. Berikut harga detail dari Toyota Raize yang baru saja diluncurkan oleh PT TAM pada hari Jumat (30/4) lalu. 

Toyota Raize 1.0T G MT One Tone Rp 219,9 juta
Toyota Raize 1.0T G CVT One Tone Rp 233,1 juta
Toyota Raize 1.0T G MT Two Tone Rp 222,2 juta
Toyota Raize 1.0T G CVT Two Tone Rp 235,4 juta
Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT One Tone Rp 244,7 juta
Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT Two Tone Rp 247 juta
Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT TSS One Tone Rp 263,7 juta
Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT TSS Two Tone Rp 265,9 juta

ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga:

Artikel yang direkomendasikan untuk anda