Bawa Teknologi Jepang, Kaca Film Wincos Diklaim Panjang Umur

JAKARTA, Carvaganza -- Kaca film memiliki banyak fungsi penting untuk mobil kesayangan. Salah satunya untuk menghalau panas sinar matahari agar kabin tetap dalam kondisi adem an nyaman. Pertanyaannya, seiring penggunaannya dalam waktu yang lama, apakah kualitas kaca film ini bisa menurun? Jawabannya tentu saja, tapi berapa lama penurunannya tergantung kaca film yang digunakan. Untuk kaca film Wincos, relatif berumur panjang. Rahasianya ada pada penggunaan bahan dari produk asal Jepang ini sudah menggunakan pigmen hitam.

"Bahan dasar kaca film kami memang sudah berwarna hitam, dan tidak menggunakan bahan metal yang bisa mengganggu sinyal handphone atau GPS," jelas Iwan Nugraha Udaya, Direktur PT Krisant Pundimas dalam keterangannya.

Pihak Wincos sendiri tidak merekomendasikan kepada para pelanggannya terkait jangka waktu penggantian kaca film ini. Dan jika berbicara klaim dari prinsipal di Jepang, kaca filmnya ini mampu digunakan selamanya dengan tidak mengalami penurunan kualitas. "Perawatan kaca film juga mudah, cukup dibasuh dengan air tanpa bahan kimia dan dikeringkan dengan microfiber. Itu saja sudah cukup," katanya.

Menyiasati masa pandemi Corona Covid-19 yang mengharuskan orang-orang untuk mengurangi kegiatan di luar rumah, kaca film Wincos juga menyediakan layanan pembelian secara online. Sistem yang dibangun ini disebut Wincos Shop, dan dapat diakses melalui website resmi Wincos.

Dengan adanya sistem pembelian baru ini masyarakat tidak perlu khawatir dengan kualitas dan keaslian kaca filmnya, karena setiap pemesanan hingga pemasangan semuanya diawasi dengan ketat oleh PT. Krisant Pundimas Sejahtera.

Adapun kelebihan jika berbelanja melalui Wincos Shop antara lain, fasilitas home service (pemasangan kaca film di rumah / di kantor) gratis di kota‐kota tertentu, jaringan pemasangan yang luas hingga 57 dealer resmi di seluruh Indonesia, cicilan dengan bunga 0 persen, dan terdapat banyak metode pembayaran lainnya. "Sistem ini dibangun karena ingin memberikan kemudahan untuk membeli kaca film dari rumah tanpa harus datang langsung ke toko atau dealer resmi Wincos," pungkas Iwan.

Kaca Film Wincos

Fungsi Kaca Film

Siswanto, Marketing & Promotion Manager Wincos mengatakan kaca film memiliki banyak fungsi. Yang utama adalah untuk menghalangi panas dari sinar matahari dan berkontribusi besar untuk membuat mobil sebagai ruang yang lebih nyaman. Kemudian ecara spesifik ditargetkan untuk menghalangi 90 persen sinar inframerah pada area inframerah-dekat yang bisa menembus kulit. Fungsi ini juga mengurangi sensasi seperti hangus yang biasa rutin dialami ketika pengguna kendaraan menatap matahari.

Berikutnya adalah mengurangi rasa panas menyengat yang disebabkan sinar matahari. Suhu kabin mobil akan jauh lebih nyaman ketika penambahan panas ditekan oleh kaca film. Selanjutnya mengurangi 99% sinar ultraviolet UV-B. Mereka efektif dalam meminimalisir risiko kerusakan kulit dan memberikan perlindungan kepada kain pelapis interior dari perubahan warna atau rekahan.

Kemampuan anti-pecah superior yang dimiliki oleh film-film ini mengurangi hamburan pecahan kaca setelah kaca pecah sehingga sangat berkontribusi terhadap keamanan kabin. Kaca film mobil di masa depan diwajibkan tidak hanya membuat interior mobil lebih nyaman, tetapi juga memberikan keamanan bagi semua penumpang kendaraan

Meningkatkan penampilan dan privasi. Deretan produk memiliki variasi warna mulai dari kualitas seperti metalik sampai nuansa mewah. Film-film ini membatasi visibilitas dari luar untuk memberikan privasi bagi pengguna kendaraan di samping memungkinkan tingkat visibilitas tinggi dari dalam.

Kaca Film Wincos

Teknologi EDF

Masing-masing kaca film tentunya mengklaim punya keunggulan. Wincos hadir sebagai merek kaca film yang berbeda dengan yang lain. Sebagai merek kaca film asal Jepang, Wincos mengklaim bahwa mereka mampu menyuguhkan produk terbaik dari teknologi canggih. Teknologi tersebut diberi nama Extruded Dyed Film (EDF) yang merupakan unsur penahan panas.

Pada proses pembuatannya, material film pun tidak hanya direkatkan melainkan dibuat menyatu dengan kaca. Berkat teknologi ini, film dapat menahan panas lebih baik dan kinerjanya pun bisa bertahan lebih lama. “Kaca film Wincos dari bahannya sudah warna hitam, berbeda dengan merek kaca film lain yang teknologinya itu dicelup dengan tinta,” kata Siswanto, Marketing & Promotion Manager Krisant Pundimas Sejahtera selaku sole distributor Wincos Automotive Film di Indonesia. "Karena dasarnya sudah hitam jadi lebih tahan lama," lanjutnya.

Desain produk yang unik dan kapabilitas manufaktur yang presisi ada di balik Kaca Film Mobil Wincos. Bahan baku yang ke dalamnya zat warna dicampur secara langsung digunakan untuk menghasilkan film PET dasar yang digunakan untuk membuat versi Kaca Film Mobil Wincos tipe bening dan berwarna. Sebagai hasilnya, berbeda dengan pewarnaan konvensional (pengolahan sekunder) film PET transparan, keseluruhan film diwarnai secara seragam untuk mencapai kedalaman kualitas warna yang tinggi dan dispersi zat warna. Selain itu, dengan metode manufaktur ini memastikan tidak ada kerusakan akibat kerusakan termal yang disebabkan oleh pewarnaan sekunder untuk memberikan karakteristik penyusutan termal yang sangat stabil dan konstan.

Bagaimana untuk perawatannya? Sebenarnya untuk merawat kaca film sangat simpel, tidak perlu perlakuan khusus. Jika ingin dipersihkan, tidak perlu pakai cairan yang tidak jelas, cukup dengan air biasa yang disemprot lalu dilap. Untuk mengeringkan, gunakan lap kain yang tepat. Gunakan kain yang memiliki bahan yang menyerap air sehingga langsung kering dan menghindari kaca film berjamur. Jangan gunakan kain berbahan kasar karena bisa menyebabkan kaca film baret. Anda bisa menggunakan lap microfiber, kanebo, atau tissue yang lembut.

Soal harga produk Wincos, Siswanto menuturkan akan tergantung pada bodi tipe mobil itu sendiri. Untuk City car hatchback berkisar Rp 3 jutaan, Medium MPV berkisar Rp 4 jutaan dan SUV full size berkisar di angka Rp 4-5 jutaan. Menariknya, guna menjamin kualitas produk kaca filmnya, Wincos memberikan garansi selama 5 tahun sejak kartu garansi diaktifkan. Wincos kini sudah hadir 6 outlet di Jabodetabek. Bahkan telah mencakup 50 kota di seluruh Indonesia. (RAJU FEBRIAN)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda