Beranda Updates Astra Financial Kucurkan Rp 21,9 Triliun, Relaksasi Kredit Selama COVID-19

Astra Financial Kucurkan Rp 21,9 Triliun, Relaksasi Kredit Selama COVID-19

JAKARTA, Carvaganza.com – Pandemi corona (COVID-19) benar-benar berdampak pada ekonomi masyarakat. Terbukti Astra Financial menggelontorkan dana lumayan guna relaksasi kredit nasabahnya yang terdampak COVID-19. Hanya dalam 45 hari sejak program diluncurkan, implementasi restrukturisasi mencapai Rp 21,9 triliun. Ini diberikan untuk 792.000 nasabah. Baik untuk konsumen roda empat, maupun roda dua. Angka terbukukan merupakan 41 persen dari total di penataan kembali di industri pembiayaan.

Wabah corona yang menghantam Indonesia membuat banyak sektor kelimpungan. Kegiatan ekonomi tidak berjalan sehingga banyak nasabah yang kreditnya tak bisa dibayarkan. Presiden Joko Widodo kemudian mengumumkan program kelonggaran ini pada 24 Maret 2020. Lantas diikuti kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 30 Maret.

Maka sejak itu seluruh anggota Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) menindaklanjuti program itu. Termasuk tiga perusahaan pembiayaan retail Astra Financial: PT Astra Sedaya Finance (ACC) dan PT Toyota Astra Financial Services (TAF) untuk pembiayaan roda empat serta PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang menangani roda dua.

Director-In-Charge Astra Financial, Suparno Djasmin mengatakan pihaknya mengapresiasi langkah pemerintah atas inisiasi tentang stimulus perekonomian nasional guna menangani pandemi COVID-19. “Sejak awal, kami mendukung agar kondisi segera kembali ke situasi normal. Arahan dari pemerintah dan OJK kami komunikasikan dengan baik. Tak lain kepada para nasabah di seluruh lembaga keuangan Astra Financial,” kata Suparno Djasmin dalam keterangannya (21/5).

Menurut keterangan resmi OJK pada 17 Mei 2020. Perusahaan pembiayaan total sudah melakukan restrukturisasi kredit sebesar Rp 52,9 triliun. Totalnya dari 1.793.352 kontrak yang disetujui oleh lembaga pembiayaan. Sehingga nilai restrukturisasi tiga anak usaha Astra Financial mengenggam 41 persen dari total industri pembiayaan di Indonesia.

Kredit Roda Empat

Di sektor roda empat, restrukturisasi yang dilakukan ACC selama 1,5 bulan mencapai Rp 11 triliun dari sekitar 78.000 kontrak. Solusi yang disediakan leasing mobil ini dibilang memudahkan nasabah yang melakukan restrukturisasi. Sebab pengajuan dilakukan secara online, tidak perlu ke cabang.

Sementara TAF juga menangani nasabah pulihan ribu. jumlah kontrak yang berhasil diselesaikan TAF selama 1,5 bulan mencapai sekitar 30.993 kontrak. Nilainya hingga Rp 4,2 triliun.

“Dalam kondisi Covid-19 ini, kami berharap kita semua stay safe and healthy. Dalam rangka membantu nasabah yang sedang mengalami kesulitan, terutama akibat dampak pandemi Covid-19 ini. Maka TAF aktif menawarkan program restrukturisasi bagi nasabah terdampak. TAF terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik untuk nasabah. Baik itu terhadap end customer maupun diler,” kata Agus Prayitno, Presiden Direktur TAF.

Pembiayaan Roda Dua

FIFGroup atau PT Federal International Finance. Sejak awal April 2020 hingga 17 Mei 2020 menyetujui relaksasi senilai Rp 6,7 triliun. Ini mereka lakukan untuk 683.000 nasabah di seluruh penjuru Tanah Air. Relaksasi yang diberiakn FIFGroup berupa perpanjangan jangka waktu pembayaran maksimal 12 bulan atau menurunkan tingkat suku bunga.

Semua proses sangat mudah dan cepat. Selain itu juga tidak ada dikenakan biaya. Beberapa nasabah mengaku sangat diringankan dengan langkah yang dilakukan FIFGroup. CEO FIFGroup, Margono Tanuwijaya menbgatakan justru dalam kondisi seperti ini, semua harus turun bareng membantu nasabah yang mengalami kesulitan.

“Mari kita bersama-sama melakukan yang terbaik dari kita semua untuk bangsa Indonesia. Fif Group dengan jaringan network luas, berkomitmen terus mendukung kebijakan pemerintah. Dan juga memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh nasabah di tengah masa COVID-19,” terang CEO FIFGroup, Margono Tanuwijaya.

ANJAR LEKSANA | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

BMW Joyfest Hadir Lagi Tahun Ini, Banyak Aktivitas dan Hadiah Menarik

JAKARTA, Carvaganza.com – Bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang sudah kesengsem ingin punya mobil BMW terbaru, akhir pekan ini akan bisa tersalurkan keinginannya. BMW...

Ferrari 488 GT Modificata, Mobil Balap Tanpa Batas untuk Kalangan Terbatas

MARANELLO, Carvaganza.com – Pilihan track-day toy dari Ferrari kembali bertambah untuk para pecinta kecepatan di sirkuit. Ferrari meluncurkan 488 GT Modificata, yang merupakan pengembangan...

Perusahaan Startup Asal Inggris, Naran Automotive Siapkan Hyper Coupe Bergaya Mobil Balap GT3

JAKARTA, Carvaganza.com – Perusahaan Startup asal Inggris, Naran Automotive kemarin (25/11) menampilkan mobil berkonfigurasi tempat duduk 2+2 yang desainnya terinspirasi dari mobil balap GT3....

Tak Terpengaruh Era Downsize Dan Turbo, Lamborghini Aventador Terbaru Pertahankan Mesin V12

JAKARTA, Carvaganza.com – Rumor yang bersikulasi tentang mobil flagship Lamborghini yang dipasarakan saat ini, Aventador akan segera berganti model terjawab sudah. Pernyataan ini disampaikan...

Ini 10 Hal Paling Menarik dari Lexus UX 300e

JAKARTA, Carvaganza.com – Resmi sudah keluarga PT Toyota-Astra Motor (TAM) memiliki mobil full electric dalam line up produk mereka, dengan meluncurnya Lexus UX 300e....