Beranda Updates Astaga! Ford Bronco Teranyar Sudah Ada Kloningannya di Cina

Astaga! Ford Bronco Teranyar Sudah Ada Kloningannya di Cina

Render diduga Ford Bronco Tiruan. Foto: www.thedrive.com

NEW YORK, Carvaganza.com – SUV Ford Bronco baru saja diperkenalkan di Amerika Serikat pada 13 Juli kemarin. Tapi versi kloningannya buatan negeri Tiongkok sudah muncul. Cuma hitungan hari saja, versi tiruan sudah beredar di jagat internet. Bahkan yang merilis pabrikannya sendiri.

Tapi memang enggak perlu heran. ‘Pabrikan’ mobil Cina suka nyontek desain dari pabrikan Amerika dan Eropa. Mereka mengkloning Land Rover, BMW X5, Peugeot dan belum lagi sejumlah model pabrikan Jepang. Motor pun juga begitu sehingga bukan hal yang ganjil.

Mengutip www.thedrive.com, Ford Bronco 2021 itu baru saja dirilis lima hari lalu tapi Wey P01 sudah beredar di internet. Yang baru ditampilkan ke publik baru render saja dan tersamar. Kesamaannya tidak terlihat secara terang benderang, tapi kan bukan berarti orang tidak tahu.

Ford Bronco 2021 asli. Foto: www.ford.com

Rendernya hanya memperlihatkan elemen-elemen lampu depan horizontal, grille depan dan lampu belakang. Semuanya terlihat sama. Namun, bentuk bodi secara keseluruhan belum terlihat jelas, sehingga tidak diketahui apakah tiruan desain ekserior itu secara keseluruhan.

Bagi kalangan media maupun pelaku otomotif, kloningan desain produk yang dilakukan oleh Tiongkok bukan hal yang aneh. Kami tak heran jika hal ini dilakukan. Wey sendiri merupakan brand bentukan Great Wall Motor tahun 2017 dan Great Wall sendiri sudah mulai aktif di Cina sejak tahun ’80-an. Pabrikan sudah menjalin kerjasama dengan pabrikan Barat seperti BMW. Mereka bahkan pernah dikaitkan dengan pembelian saham Chrysler.

Manufaktur memang dikenal fokus memproduksi pick-up dan SUV sehingga tak heran kalau ada kloningan Bronco. Tiongkok tampaknya ingin mengambil keuntungan dari popularitas Bronco, terutama untuk pasar lokal mereka yang begitu besar. Jangan harap model ini masuk Amerika Utara, karena bukan pasar Great Wall.

Render kloningan Ford Bronco 2021 versi Cina. Foto: www.thedrive.com

Andai Great Wall memasukkan P01 ke pasar AS, bisa terjadi dalam waktu dekat ini. Tapi apa mungkin iya? Pertanyaannya kan begitu. Manukfatur menyatakan akan merilis kloningan Bronco itu pada minggu depan secara online, sebulan setelah itu baru bisa dibeli di dealer-dealer seluruh Cina.

Pertanyaannya kok sebegitu cepat ya proses peniruannya? Dari proses desain sampai proses produksi. Mungkin saja, manufaktur sudah mengerjakan desain dari bocoran-bocoran dan konsep Bronco. Jadi begitu Bronco resmi dirilis oleh manufaktur Ford, model kloningan pun langsung dirilis untuk mendapatkan momentum pasar.

Tentunya pasar lokal, bukan pasar mancanegara seperti di Kawasan Asia dan Amerika Utara. Pasar lokal Cina saja begitu besar dan Tak perlu cape menggarap pasar internasional bukan?

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Wuling Confero S 1.5L ACT, Punya Apa Saja untuk Bersaing di Segmen Panas LMPV

JAKARTA, Carvaganza -- Meski masih berusia muda, Wuling Motors termasuk merek yang berani bertarung di pasar otomotif Indonesia. Tak hanya berani mungkin juga cerdik....

Bersiap Masuk Pasar, Segini Estimasi Harga Kia Sonet

JAKARTA, Carvaganza.com - Kia Sonet berencana dipasarkan di Indonesia. Situs resmi Samsat DKI Jakarta sudah tertera dua tipe yang bakal dijual. Model pertama 1,5...

Tukar Tambah Suzuki Ada Cashback Sampai Rp 4 Juta di Auto Value

JAKARTA, Carvaganza -- Berbagai strategi pemasaran dilakukan para pemegang merek. Tak hanya jualan mobil baru, penjualan mobil bekas juga menggunakan berbagai trik untuk menarik...

Warna Baru Graphite Capsule, Lamborghini Urus Tampil Beda

SANT'AGATA BOLOGNESE, Carvaganza.com - Lamborghini Urus punya tampilan beda. Warna Graphite Capsule masuk dalam opsi, membuat wujud SUV pertama Lambo tampil lebih galak. Namun,...

Jeep Rilis Enam Model Edisi Khusus Ultah ke-80

AUBURN HILLS, Carvaganza.com - Tahun depan usia Jeep menginjak 80 tahun. Lahir pada 1941, brand yang makin melegenda ini mengenalkan Willys MB. Mobil yang...