Beranda Updates Antisipasi COVID-19, Daihatsu Persingkat Waktu Produksi di Pabrik

Antisipasi COVID-19, Daihatsu Persingkat Waktu Produksi di Pabrik

JAKARTA, Carvaganza.com – Merebaknya wabah viris corona langsung diantisipasi pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Daihatsu memutuskan untuk berproduksi dengan 1 shift dengan waktu produksi lebih singkat dari biasanya. Dengan demikian, karyawan pabrik bisa tetap tinggal di rumah secara bergantian. Walaupun mereka hanya bekerja 2 hari sekali, upah karyawan tetap dibayar penuh.

Penyebaran COVID-19 di Tanah Air memang cukup menghawatirkan. Data hingga Rabu (1/4/2020) pagi mencatat terdapat sebanyak 1.528 kasus. Sedangkan jumlah kematian berada di angka 136 orang. Pemerintah sendiri sudah menerapkan himbauan Work From Home (WFH), social distancing, dan juga physical distancing atau jaga jarak guna mengantisipasi penyebaran virus ini.

Sebagai salah satu pabrikan terbesar Tanah Air, Daihatsu melakukan berbagai antisipasi. Penyingkatan waktu produksi ini dilakukan di pabrik Daihatsu Sunter dan Karawang. Sebagai informasi, Daihatsu memproduksi 530 ribu unit kendaraan per tahun. Mereka menghasilkan Grand Max, Luxio, Terios, Xenia (Sunter), Sigra Ayla, Terios, Xenia (Karawang).

Daihatsu yang memiliki total sekitar 14 ribu karyawan, telah melaksanakan beberapa kegiatan pencegahan untuk melindungi dan mencegah penyebaran virus Covid-19. Daihatsu membuat tempat mencuci tangan di tempat-tempat yang mudah dijangkau yang membuat karyawan bisa lebih sering mencuci tangan. Sebelum memasuki area pabrik, seluruh karyawan juga dicek suhu tubuhnya.

Fasilitas Kesehatan

Dalam rangka meningkatkan imunitas karyawan, PT ADM mengubah kebijakan fasilitas kesehatannya. Sekarang karyawan bisa melakukan pembelian vitamin secara bebas tanpa resep dokter. Tersedia juga fasilitas hotline 24 jam bagi karyawan yang ingin berkonsultasi atau bertanya yang akan dijawab langsung oleh dokter ahli. Upaya ini untuk memberi rasa aman bagi karyawan.

Jika ada karyawan yang demam, mereka harus masuk ke klinik yang sudah disediakan, dan apabila diperlukan, karyawan akan diberikan tes Covid-19 untuk memastikan apakah benar yang bersangkutan positif terjangkit. Mereka juga bisa mendapat akses menuju rumah sakit dengan ambulance.

“Karyawan merupakan asset Daihatsu yang harus dilindungi. Kami berkomitmen untuk memberikan rasa aman yang optimal untuk karyawan di masa pandemic virus corona. Semoga pandemic global COVID-19 termasuk Indonesia bisa segera berakhir,” ungkap Amelia Tjandra, Corporate Planning & Communications Director PT Astra Daihatsu Motor dalam keterangan resminya hari ini, Rabu (1/4/2020).

Baca juga: Ini yang Bikin Daihatsu New Ayla dan New Sirion Disukai Milenials

Penjualan Digital

Pada bagian penjualan dan servis, Daihatsu juga melakukan penyesuaian aktivitas. Pembelian Daihatsu juga dapat dilakukan via digital, yaitu melalui website dan aplikasi Astra Daihatsu Mobile. Astra Daihatsu Mobile memberikan layanan diantaranya adalah beli mobil Daihatsu, request test drive, dan Booking Service.

Menurut Chief Executive Officer (CEO) PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Supranoto ADM mengambil strategi marketing online untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menekan penyebaran virus corona. “Kami harus tetap menjalankan bisnis seperti biasa karena kami memiliki tanggung jawab terhadap para karyawan. Tentunya dengan tetap mengikuti arahan dari pemerintah. Prinsipnya, kesehatan dan keamanan konsumen dan karyawan prioritas utama,” kata Supranoto.

Melalui saluran digital ini, konsumen bisa memperoleh penjelasan mengenai kendaraan yang diinginkan. Apabila konsumen berkeinginan membeli, proses tersebut akan ditindaklanjuti oleh tenaga pemasaran.

Untuk layanan service, pelanggan yang enggan datang ke bengkel resmi Daihatsu menyiapkan sarana booking servis agar pelanggan bisa datang ke bengkel sesuai jadwal yang diinginkan. Layanan service perawatan berkala kendaraan Daihatsu juga dapat dilakukan di rumah (Home Service) menggunakan situs web Daihatsu, DMS (Daihatsu Mobile Service) dengan menghubungi Daihatsu access di 1-500-898.

Baca juga: Asik Ditemani Daihatsu Sahabat Saat #DiRumahAja

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto