Beranda Updates Andika Rama Maulana Finish Pertama di Seri 1 Balapan Simulator Honda

Andika Rama Maulana Finish Pertama di Seri 1 Balapan Simulator Honda

JAKARTA, Carvaganza.com — Seri 1 kejuaraan Honda Racing Simulator Championship (HRSC) 2020 berlangsung Seru pada Sabtu (11/7/2020) malam kemarin. Andika Rama Maulana atau yang lebih dikenal dengan Ramstig, tampil gemilang untuk menjuarai kelas Pro.

Persiapan yang dilakukan harus dibayar dengan pertarungan ketat dengan peserta lain. Di Pra-Qualifyng, Ramstig sempat berada di P2 disalip Jaka Siswoyo. Namun di QTT Race, dia berhasil menempati pole dengan torehan tercepat 2 menit 04,144 detik. Ia berada di depan Sim Racer senior lainnya seperti Jaka Siswoyo, Arwin Taruna dan Fadhli Rachmat yang notabene rekan satu tim di Vorteks.

Balapan in merupakan hasil kolaborasi PT Honda Prospect Motor (HPM) dengan HM Engineering. Palagan sengaja diadakan guna memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk merasakan suasana balap. Sesuai tujuan di atas, tema yang diusung “Race for Everyone”. Terdapat enam seri ditarungkan. Pertama mengambil tempat di Sirkuit Suzuka, Jepang yang telah berlangsung pekan kemarin (11/0). Kemudian di Sepang (Malaysia), Silverstone (Inggris), Interlagos (Brazil), Zandvoort (Belanda) dan Estoril (Portugal).

“Honda itu ikut ajang balap itu sudah lama. DNA Honda yang cukup kental itu balap. Kita lihat di global maupun nasional, kami ikut di banyak ajang balap. Sekarang kita ingin orang yang bukan hanya pembalap, tapi bisa merasakan keseruan balap bersama Honda,” jelas Adhi Parama Sugarda, Communication Strategy Manager PT Honda Prospect Motor (HPM), pekan lalu.

Ratusan Peserta

Tercapat lebih dari 230 pendaftar, yang kemudian disaring menjadi 60 orang. Terbagi lagi menjadi 30 untuk kelas profesional dan 30 kelas amatiri. Capain itu melebihi target yang sebelumnya dicanangkan, sekitar 100 orang. Registrasi sendiri telah dilakukan sejak 15 Juni hingga 7 Juli. Tidak ada batasan usia maupun dari kalangan manapun. Adapun teknisnya, mereka diseleksi dengan mencari waktu putaran terbaik, menggunakan simulator Rfactor2. Masing-masing boleh mengikuti sebanyak dua kali.

Usia termuda 10 tahun. Sementara dari kalangan profesional terlihat pembalap kejurnas Honda Jazz Speed Challenge (HJSC) Andika Rama Maulana dan Fitra Eri, serta dari gokart, Daffa Ardiansa. Termasuk pembalap simulator Jaka Siswoyo, Arwin Taruna dan Attaya Kenzie. Selama enam seri, mereka harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya untuk menjadi juara.

Peraturan

Aturan berlaku sama dengan balapan di sirkuit. Ada penalti poin bagi pengemudi yang melakukan pelanggaran. Sementara unit yang dipakai sama semua atau one make race. Civic Type R sengaja dipilih karena cocok dengan kondisi. Selain itu, pabrikan ingin mengetahui respon masyarakat terlebih dahulu. Tak menutup kemungkinan mobil lain nanti dipakai, seperti Brio atau Jazz.

Hadiahnya cukup besar. Dengan bermodal membalap di rumah, event berskala nasional ini menyiapkan Rp 65 juta untuk 10 orang pemenang. Detailnya pada kelas profesional, juara pertama meraih Rp 20 juta, diikuti kedua sebesar Rp 10 juta, ketiga Rp 8 juta, keempat Rp 6,5 juta dan lima Rp 5,5 juta. Sedangkan amatir, podium satu Rp 5 juta, kedua Rp 4,5 juta, ketiga Rp 3 juta, keempat Rp 2 juta dan kelima Rp 1 juta.

MUHAMMAD HAFID | RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Pemilik Jeep Wrangler Yang Nyangkut Di Bibir Jurang Buka Suara

CALIFORNIA, carvaganza.com – Masih ingat kan empat hari lalu Carvaganza menurunkan tulisan soal Jeep Wrangler nyangkut di bibir jurang di trek motor trail? Kejadiannya...

CSR Mitsubishi, Buka Perpustakaan dan Balai Pertemuan di Ternate

Ternate, Carvaganza - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengadakan seremoni pembukaan perpustakaan dan balai pertemuan anak di Ternate, Maluku Utara. Bermitra dengan lembaga swadaya masyarakat...

Ini Dia Tampilan Generasi Baru Isuzu mu-X 2021

TOKYO, Carvaganza.com - Isuzu mu-X direncanakan beregenerasi tahun depan. Model terbarunya diduga tengah digarap pabrikan. Nah, gambar paten membongkar visual tubuh secara utuh. Diunggah...

Penuhi Kebutuhan Masa Pandemi, Isuzu mu-X Jadi Ambulans

JAKARTA, Carvaganza -- Belum pulihnya kondisi ekonomi akibat pandemi Covid-19 membuat daya beli masyarakat turun. Astra Isuzu membuat startegi dengan menyasar segmen-segmen pelanggan yang...

Mercy Sprinter Disulap Jadi ‘Tank Baja’ Super Aman dan Super Mewah

NEW YORK, carvaganza.com -  Orang-orang super kaya biasanya membutuhkan perlindungan yang maksimal. Pasalnya, mereka hidup dengan ragam kepentingan yang bisa mengancam keamanan dan keselamatan...