Beranda Drives All-New Mazda3 2019, Lincah, Cepat dengan Soul Jinba Ittai yang Kuat

All-New Mazda3 2019, Lincah, Cepat dengan Soul Jinba Ittai yang Kuat

JAKARTA, 15 Juli 2019 – All-New Mazda3 telah hadir di Indonesia. Inilah salah satu mobil baru yang ditunggu-tunggu oleh konsumen di Indonesia karena pada saat masih berwujud mobil konsep Mazda Kai, kendaraan ini dinyatakan sebagai mobil masa depannya pabrikan Mazda.

Yup, sejak kehadirannya menggantikan posisi 323/Familia/Protégé, Mazda3 alias Mazda Axela telah diposisikan sebagai salah satu model utama dari seluruh line-up Mazda. Sewaktu dilahirkan,  Mazda3 telah menjadi benchmark desain maupun teknologi untuk setiap produk Mazda lainnya. Ia menunjukkan kelasnya sebagai pelopor desain dan teknologi yang tidak hanya untuk produk-produk Mazda sendiri, melainkan juga untuk para rival di kelasnya.

Kenapa Mazda3 generasi keempat ini menjadi bagian dari pelopor desain dan teknologi bagi produk Mazda di kemudian hari? Karena Ia merupakan bagian dari teknologi 7G Concept atau Generasi Ke-7, yakni sebuah konsep pengembangan teknologi masa depan yang dikembangkan oleh pabrikan Mazda Motor Corporation yang memokuskan pada sektor keindahan desain, teknologi dan sisi kemewahan paripurna sebuah mobil. Nah, untuk bagian ini saya akan mengupas tuntas apa itu 7G dalam sebuah tulisan terpisah.

Saya pribadi menganggap Mazda3 adalah model Mazda dengan proporsi terbaik pada saat memakai jubah desain KODO – Soul of Motion baik dari sisi sisi desain, dimensi, kelengkapan fitur dan teknologi, serta driving experience-nya.

Sekarang Mazda3 terbaru alias All-New Mazda3 sudah ada di depan saya.  Kami dari Carvaganza mendapatkan kesempatan untuk mencobanya saat media test drive selama dua hari pada  8–9 Juli yang diadakan oleh Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai APM Mazda di Indonesia. Dan test drive ini diselenggarakan beberapa hari sebelum GIIAS 2019.

Hmmm, All-New Mazda3 ini bakal menjadi salah satu bintang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Pasalnya, penampilannya sudah ditunggu-tunggu publik.

Rute yang disiapkan cukup menarik, khususnya untuk membuktikan kebolehan All-New Mazda3 dari balik kemudi. Dari Jakarta menuju kawasan Gunung Geulis, Bogor, All-New Mazda3 dijajal dengan menu lengkap melintasi jalan dalam kota, jalan tol, tanjakan dan turunan berkelok ke daerah pegunungan.

Ketika melihat langsung sosoknya, saya dihinggapi rasa excitement luar biasa. Inilah mobil baru Mazda yang mengusung teknologi 7G atau Generasi Ke-7. Desainnya bisa dibilang 80 persen mirip dengan versi konsep Kai. Tampang ‘kalem tapi mengancam’ pada eksteriornya seolah memprovokasi untuk memacunya secepat mungkin.

Oh iya, EMI mendatangkan All-New Mazda3 dalam dua versi yaitu hatchback dan sedan untuk test drive ini. Saya kebagian All-New Mazda3 Hatchback.

TEST DRIVE

Begitu masuk ke dalam kabin dan duduk di jok pengemudi, terasa homey, joknya sangat presisi memeluk tubuh dari belakang. Mazda merancang joknya untuk mendukung postur duduk ideal yang nyaman, dengan kalkulasi pada posisi tulang belakang, rusuk dan panggul. Dengan begitu, kita tidak akan cepat kelelahan, tetap merasa nyaman dan bisa membaca pergerakan kendaraan secara akurat selama perjalanan.

Aura yang berbeda pun dimunculkan oleh kabin. Lewat balutan bahan kulit berwarna merah pada dashboard dan jok, nuansanya terasa sporty sehingga adrenalin terasa dipacu untuk menikmati kesenangan di dalam perjalanan.

Ditambah dengan desain setir yang menurut saya terkesan dinamis dengan palang ramping. Kabin All-New Mazda3 semakin terasa kualitasnya.

Ketika saya menyalakan mesin  Skyactiv-G empat silinder segaris 2.0 liter dan mengajaknya membelah traffic Jakarta, kabinnya terasa senyap. Kekedapan kabin mampu mencegah masuknya suara bising dari luar. Peningkatan kualitas NVH (Noise, Vibration, Harshness) pada All-New Mazda3 membuat perjalanan bertambah menyenangkan.

Bukan hanya kekedapan, guncangan ke dalam kabin pada saat mobil melewati jalanan bergelombang  dapat diminimalisir berkat penyempurnaan pada chassis dan suspensi.

Usai melahap rute dalam kota, rombongan beralih ke jalan tol untuk menuju Bogor. Dalam kondisi yang cukup lengang, saya mencoba meningkatkan kecepatan di ruas Tol Jagorawi. Dengan tenaga 153 hp dan torsi 200 Nm, saya tak butuh lama untuk bisa mencapai kecepatan 150 km/jam. All-New Mazda3 melaju dengan percaya diri, tak butuh effort besar untuk mengajaknya melaju cepat.

FITUR

Karakter arsitektur Skyactiv-Vehicle memberikan paduan kesenyapan yang nyaman, dengan kestabilan luar biasa di kecepatan tinggi. Tidak ada gejala limbung sama sekali, apalagi saat manuver berpindah lajur dalam kecepatan tinggi.

Pada saat melaju di tol, saya mencoba fitur terbaru All-New Mazda3, yaitu Mazda Radar Cruise Control (MRCC). Selain menjaga kecepatan konstan, MRCC juga bisa menjaga jarak dengan mobil di depan kita dengan jarak yang bisa kita tentukan, serta menyesuaikan kecepatannya secara otomatis.

Selain itu, saya juga sesekali sengaja melepas setir dalam kondisi cruising speed, untuk mencoba Lane Departure Warning System (LDWS) dan Lane Keeping Assist. Saat mobil bergerak keluar lajur tanpa input setir atau pakai sein, akan muncul peringatan yang disusul koreksi setir untuk kembali ke dalam lajur. Nice!

Saat digeber, saya merasa mesin masih punya tenaga dan torsi yang cukup padat setelah melewati 3.000 rpm, yang membuat perpindahan ke setiap gigi secara manual dari transmisi Skyactiv-Drive 6-speed selalu nikmat.

Pengendalian mantap dari karakter Skyactiv-Vehicle paling terasa dari setir, yang terasa padat di setiap input sekecil apapun. Setirnya terasa sangat presisi dan komunikatif menerjemahkan setiap input, meningkatkan kepercayaan diri dari balik kemudi.

Semakin mengasyikkan lagi ketika mengajak All-New Mazda3 memasuki kawasan Ciawi menuju Gunung Geulis, dengan jalan berkelok dan menanjak. Handling terasa akurat dan mobil terasa stabil ketika melahap setiap tikungan lambat dan medium.

Walaupun kontur jalan terbilang bumpy saat menanjak dan menikung beruntun, pengendaliannya tetap tenang dan meyakinkan untuk diajak lebih kencang. Demi torsi maksimal, saya mengaktifkan Sport mode sekaligus manual shifting pada transmisi untuk mendapatkan esensi performa mesin pada saat melahap tanjakan.

Setiap tikungan terasa nikmat dilalui oleh All-New Mazda3. Saking nikmatnya sampai saya teringat dengan performa MX-5 yang memiliki karakter handling khas dengan soul Jinba Ittai. All-New Mazda3 terasa kalem dan lincah seperti Cheetah ketika mengintip mangsa dan mengejarnya.

Kualitas pengendalian yang diberikan seakan membawa All-New Mazda3 ‘lepas’ dari para rival sekelasnya, naik ke level yang lebih tinggi. Tidak hanya pada pengendalian, melainkan juga pada kualitas refinement desain dan kualitas material yang membuatnya semakin mewah dan premium.

All-New Mazda3 menawarkan sensasi mengemudi yang menyenangkan dan pengalaman premium dalam paket yang kompak.  Kendaraan ini telah menetapkan standar baru untuk dikejar para rivalnya. #ImaginationDriveUS

ALL-NEW MAZDA3 2019

Layout kendaraan: Sedan & hatchback, mesin depan, 4 pintu, 5 penumpang, FWD
Mesin: SkyActiv-G I-4 DOHC 16 katup 2.0L/153 hp @6000 rpm/200 Nm @ 4000 rpm.
Transmisi: A/T 6-kecepatan
PxLxT: Sedan: 4660 x 1795 x 1440 mm | Hatchback: 4460 x 1795 x 1435 mm
Wheelbase: 2752 mm
Suspensi depan: MacPherson strut
Suspensi belakang: Torsion beam
Tipe kemudi: Rack and pinion
Rem depan: Vented disc
Rem belakang: Solid disc
Ukuran ban: 215/45R18
Rekomendasi BBM: Ron 92

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

Potensi Masalah Side Foot Step, Mitsubishi Perbaiki 1.747 Triton di Indonesia

JAKARTA, 18 Oktober 2019 -- PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan program Field Fix Campaign (Kampanye Perbaikan)...

Fitur Parfum SUV Peugeot Tegaskan Karakter Personal Pemiliknya

JAKARTA, 18 Oktober 2019 – Peugeot punya cara unik memanjakan penggunanya. Pabrikan mobil asal Prancis itu melengkapi kendaraan terbarunya dengan...

Toyota Tampilkan Versi Produksi BEV di Tokyo Motor Show 2019

TOKYO, 18 Oktober 2019 – Toyota akan tampil dengan teknologi terbarunya di ajang 46th Tokyo Motor Show 2019. Pabrikan raksasa...

GALERI FOTO: Mahindra Scorpio Pikup, Mobil 4×4 Termurah

BOGOR, 17 Oktober 2019 - Menyusul Tata Motors, Mahindra kini resmi hadir di Indonesia sebagai pabrikan asal India untuk meramaikan segmen pasar kendaraan niaga....

10 Program Unggulan Siap Ramaikan IIMS Surabaya 2019

SURABAYA, 17 Oktober 2019 – Pameran otomotif di penghujung tahun akan digelar yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya 2019 pada...