All New Honda Step WGN Semakin Stylish dan Canggih, Tapi ke Mana Pintu Bagasi Uniknya?

  • Honda Step WGN 2022
  • Honda Step WGN 2022
  • Honda Step WGN
  • Honda Step WGN 2022
  • Honda Step WGN
  • Honda Step WGN 2022
  • Honda Step WGN

TOCHIGI, Carvaganza – Setelah diawali oleh teaser yang resmi disebar jelang pergantian tahun ke 2022, Honda akhirnya resmi memperkenalkan generasi baru dari Step WGN. Debut generasi baru ini berlangsung di negara asal Honda Step WGN, yaitu Jepang, sebelum kemudian beredar ke negara lain. Honda menyajikan MPV ini dengan desain, teknologi dan fitur canggih yang semakin kekinian.

Sebagai model yang laris di kampung halamannya, tidak heran rasanya kalau Honda memilih untuk meluncurkan Step WGN terlebih dahulu di Jepang, hari ini (7/1/2022). Di kelasnya, Step WGN menjadi pesaing bagi Toyota Voxy dan Nissan Serena. Beberapa negara tetangga seperti Thailand bahkan memasarkan model ini sejak generasi pendahulu, dan belum pernah mampir ke pasar Indonesia.

Step WGN generasi baru ini hadir dalam dua pilihan varian jika mengacu pada website resmi Honda, yaitu Air dan Spada. Bicara soal desain, tentunya terjadi perubahan yang menyeluruh dari MPV pintu geser ini. Siluet desainnya semakin mengotak jika dilihat dari samping, memberikan kesan seperti kei car yang dibengkakkan dimensinya.

Honda Step WGN 2022

Fascia depan Step WGN berubah menjadi lebih boxy, diikuti oleh permainan garis desain grille dan lampunya. Step WGN Spada tampil dengan gaya yang lebih mencolok, lewat aksen chrome yang lebih dominan pada grille. Dimensi grille lebih lebar daripada garis lampu utama, yang dihiasi oleh LED DRL berbentuk L khas Honda. Namun pada Step WGN Air, gayanya lebih minimalis di mana dimensi grille tidak melebihi lampu depan, tapi tetap dihiasi oleh chrome.

Baca Juga: Honda Cina Bangun Pabrik Produksi Khusus Kendaraan Listrik

Potongan kaca pada pilar A dan pintu depan tampak mengecil dibandingkan generasi sebelumnya. tapi dimensi kaca sampingnya tetap besar untuk menciptakan kesan lega dari bagian interiornya. Lalu masih dari sisi samping, desain velgnya tampak semakin modern dan tertutup palangnya, dengan intensi menghasilkan hambatan udara lebih minim.

Tapi yang menarik adalah saat melihat bagian buritannya. Perubahan desain ditunjukkan oleh lampu tinggi di setiap sisi, sepintas mirip dengan lampu Hyundai Staria. Perbedaan besarnya adalah terlihat Honda meninggalkan konsep Waku Waku Gate untuk generasi kelima ini. Padahal itu adalah fitur yang membuat Step WGN unik dibandingkan para rivalnya. Pintu bagasi bisa dibuka bukan hanya ke atas, tapi juga bisa dibuka sebagian ke samping yang lebih praktis. Setidaknya itu yang terlihat dari foto karena tidak ada garis potongan bukaan pintu dan Honda tidak cantumkan informasinya.

Honda Step WGN 2022

Melihat bagian kabin, Step WGN tidak berubah drastis dari sebelumnya, terutama dari desain dashboard. Desain dan layoutnya masih mirip, dengan layar infotainment 11,4 inci yang kini floating dan lebih besar. Sisi pengemudi juga lebih praktis, tidak lagi mengusung desain panel instrumen bertingkat. Selain layar 15 inci yang menempel di plafon baris tengah, sistem infotainment turut terhubung dengan Honda Connect dan Honda Sensing.

Untuk baris keduanya masih mempertahankan konfigurasi captain seat, yang memberikan nuansa lega dan eksklusif. Selain dibalut material kulit, captain seat sekarang juga dilengkapi penopang kaki agar penumpang bisa lebih rileks dimanjakan selama perjalanan.

Tapi sayangnya, di antara seluruh perubahan dan pembaruan tadi, Honda tidak cantumkan informasi terkait powertrain. Memang pada teaser disebutkan bahwa teknologi e: HEV akan hadir di Step WGN terbaru, tapi belum diketahui pasti detailnya seperti apa. Untuk mesin konvensionalnya masih mengandalkan varian empat silinder 1.500cc turbo seperti di model lain. Tapi untuk outputnya, mungkin Honda akan merilis informasi susulan.

Honda Step WGN 2022

Tidak luput dari pengembangan adalah rangkaian fitur keselamatan canggih yang dibungkus dalam Honda Sensing. Dari luar sudah terlihat kalau spion kiri terpasang kamera untuk Lane Watch. Lalu untuk fitur lainnya tersedia Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Auto High-Beam.

Untuk harga saat ini belum dirilis oleh Honda, mungkin baru akan tersedia antara satu atau dua bulan ke depan. Tapi menariknya, ada tanda-tanda kalau Honda akan untuk pertama kalinya memasarkan Step WGN di Indonesia. Jika benar, maka siap-siap saja tahun ini Step WGN meluncur di Indonesia.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Mau Beli Toyota Corolla Cross Bulan Ini? Ketahui Dulu Perbedaan Versi Bensin dan Hybridnya

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Honda Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya